6 Cara Ampuh Membersihkan Panci Gosong

0
5525
Sumber: Unsplash.com

Panci adalah salah satu peralatan dapur yang sering digunakan untuk memasak. Tidak heran kalau ada bekas gosong di bagian bawahnya. Tenang, panci yang gosong bisa dibersihkan, kok.

Promo Furnifest

Bahkan, tenyata kita bisa membersihkan panci gosong dengan bahan dapur yang biasa digunakan di rumah.

Bagaimana Cara Ampuh Membersihkan Panci Gosong?

Nah, agar tidak bingung lagi, kali ini, kami punya beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan panci gosong, seperti berikut ini.

1. Bersihkan Panci Gosong Dengan Cuka dan Baking Soda

Cuka dan baking soda memang terkenal sebagai pembersih serbaguna. Salah satunya adalah bisa untuk membersihkan panci gosong.

Caranya pun cukup mudah. Pertama-tama,  campurkan air dan cuka putih dengan perbandingan yang sama. Lalu, tuang ke dalam panci dan panaskan cuka encernya di atas kompor dan biarkan mendidih selama 1 menit.

Setelah itu, angkat panci dari kompor dan buang cuka ke wastafel. Kemudian, tambahkan satu sendok makan soda kue atau baking soda ke panci yang sudah kosong.

Soda kue yang bersifat abarsi akan membantu mengangkat bekas gosong dari panci. Kamu bisa menggunakan sabut gosok untuk menggosok panci sampai bersih. Terakhir, kamu hanya perlu bilas dengan air mengalir.

Baca Juga:   10 Alat Kebersihan Wajib Ada di Rumah Baru
cara membersihkan panci gosong
Sumber: Unsplash.com

2. Gunakan Garam

Cara selanjutnya adalah menggunakan bumbu dapur, yaitu garam Kosher kasar. Jenis garam Kosher terbukti sangat efektif untuk mengurangi bekas gosong dari panci dan noda yang berminyak.

Kamu bisa campurkan juga dengan sabun cuci piring dan air panas. Cara lainnya adalah dengan menggosokkan campuran garam dengan potongan lemon yang berair ke bagian panci yang gosong.

panci gosong
Sumber: Unsplash.com

3. Krim Tartar Sebagai Pengganti Baking Soda

Kalau tidak punya baking soda, kamu bisa menggunakan krim tartar sebagai penggantinya. Kedua bahan ini sama-sama bersifat abrasi.

Campurkan satu sendok makan krim tartar dalam secangkir air, lalu didihkan dalam panci yang gosong. Diamkan campuran tersebut sampai dingin, kemudian gosok panci perlahan. Dijamin panci akan mengkilap seperti baru.

 4. Pakai Minuman Bersoda

Kamu juga bisa membersihkan bekas gosong panci dengan cepat menggunakan minuman bersoda. Setelah selesai memasak dan panci dalam keadaan panas, tuangkan soda sampai menutupi bagian bawah panci.

Lalu, diamkan sebentar. Biarkan soda berkarbonasi untuk melepaskan bekas gosong di panci. Setelah itu, cuci panci sampai bersih.

5. Air Mendidih Bisa Membersihkan Panci Gosong

Cara satu ini cocok digunakan pada panci anti lengket. Pasalnya, kamu tidak perlu menyikat panci dengan sabut besi karena bisa menggores dan merusak lapisan anti lengket panci.

Baca Juga:   3 Bahaya Lapisan Rice Cooker yang Mengelupas

Setelah selesai menggunakan panci, kamu hanya perlu menuangkan air panas dan sabun cuci piring ke dalamnya. Tunggu sampai dingin, lalu mulai bersihkan panci di air mengalir.

Sabun cuci piring ditambah air panas bisa membantu melepaskan bekas gosong di dasar panci.

cara membersihkan panci gosong
Sumber: Unsplash.com

6. Cairan Pembersih Panci

Cara membersihkan pancing gosong yang terakhir adalah menggunakan cairan pembersih khusus alat masak. Biasanya, cairan pembersih ini memang sudah dirancang untuk mengangkat kotoran membandel pada alat masak yang kita gunakan.

Berikut ini rekomendasi cairan pembersih panci yang bisa kamu gunakan.

Astonish 750 Ml Cairan Pembersih Dapur

Beli di sini

cara membersihkan panci gosong
Simple Green 700 Ml Pembersih Multifungsi

Beli di sini 

Itu dia cara jitu untuk membersihkan panci gosong. Jadi, kamu tidak perlu lagi buru-buru mengganti panci lama dengan yang baru.

Nah, kalau kamu sedang mencari panci baru untuk memasak, kamu bisa menemukannya hanya di Ruparupa.

Selain panci, kamu juga bisa mendapatkan beragam peralatan masak terlengkap seperti wajan, spatula, kompor, dan masih banyak lagi.

Situs belanja online ini menyediakan berbagai kebutuhan dan perabot rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Berikut rekomendasi panci terbaik khusus buat kamu.

Krischef 14 Cm Panci Casserole

Beli di sini

 

Krischef 20 Cm Panci Casserole – Hijau Muda

Beli di sini

Fissler 24 Cm Paris Panci Casserole

Beli di sini