6 Jenis Alat Pel dan Fungsinya sesuai Kebutuhan

0
4582
jenis alat pel dan fungsinya

Saat ini, jenis alat pel semakin beragam. Inilah yang seringkali membuat kita kebingungan untuk memilih sesuai kebutuhan. Walaupun sama-sama bisa membersihkan lantai, tetapi mode pel punya fungsi khusus berbeda-beda, seperti khusus untuk mengepel lantai keramik dan vinyl.

Sesuaikan Alat Pel dengan Kebutuhan

Jika Anda juga kebingungan dalam memilih alat pel, simak berikut ini untuk mengetahui  jenis-jenis alat pel dan fungsinya.

1. String mop (kain pel)

Proclean Alat Pel Putar 3 In 1 - Orange
Proclean Alat Pel Putar 3 In 1 – Orange beli di Ruparupa.com. String map ini dilengkapi dengan ember pemutar yang dapat membantu Anda memeras pel dengan mudah.

Beli di sini

Pastinya Anda sudah tidak asing dengan jenis pel satu ini, bukan?Jenis pel tradisional ini masih sering digunakan karena memiliki daya gosok dan serap yang baik.

String mop biasanya terdiri dari tali-tali yang cukup panjang untuk menjangkau selah dan sudut di rumah. Namun, biasanya pel ini cukup sulit untuk diperas sampai kering. 

Seiring perkembangan teknologi, maka mulai muncul alat pel yang dapat memudahkan Anda saat membersihkan rumah, seperti alat pel satu ini, yang sudah lengkap dengan ember pemeras otomatis. Jadinya, Anda tidak membutuhkan tenaga ekstra untuk mengeringkan kain pel.  

Pel ini bisa Anda gunakan untuk membersihkan lantai ubin berbahan keramik dan granit di rumah.  

Banner_insp_Time to deep clean house

2. Flat mop (pel datar)

Proclean Alat Pel Twist Flat Mop
Proclean Alat Pel Twist Flat Mop beli di Ruparupa.com.
Alat pel satu ini juga dilengkapi dengan twist yang dapat memudahkan Anda untuk memerasnya sehingga tidak perlu lepas pasang kain berkali-kali.

Beli di sini

Alat pel satu ini memiliki bentuk persegi panjang dengan permukaan yang datar dan halus. 

Biasanya, lapisan permukaan pel menggunakan kain microfiber. Keunggulan dari jenis pel ini adalah Anda bisa mencuci kainnya dan memakainya berulang kali.

Baca Juga:   6 Tips Memilih Hamper Imlek Istimewa

Flat mop juga mudah disimpan dan tahan lama.  Anda pun dapat menggunakannya untuk membersihkan lantai vinyl di rumah. 

Sayangnya, pel ini tidak terlalu ampuh untuk membersihkan noda membandel dan lengket di lantai. Anda harus menekannya lebih kencang agar noda tersebut benar-benar hilang.

3. Dust mop (pel debu)

Proclean Chenille Alat Pel - Biru
Proclean Chenille Alat Pel – Biru beli di Ruparupa.com.
Dilengkapi dengan gagang yang bisa disesuaikan panjangnya dan mudah digenggam. Bentuknya yang cukup panjang membantu anda menggapai area sulit yang ingin dibersihkan, seperti kolong kursi, hingga langit-langit.

Beli di sini

Eits! Jangan mengira alat pel ini adalah flat mop ya, Ruppers! Sekilas keduanya terlihat memang mirip, tapi yang satu ini disebut dust mop

Bentuk pel ini dilengkapi dengan bagian permukaan kain pel yang terdapat tali pendek berumbai. Fungsi dari tali-tali tersebut adalah untuk menyapu debu dan kotoran di lantai. 

Jadi, Anda bisa memakai pel ini tanpa air atau dalam keadaan kering untuk menyapu langit-langit dan dinding yang kotor. 

4. Sponge mop (alat pel spons)

Jml Super Mop Pro Pel Spons - Biru
Jml Super Mop Pro Pel Spons – Biru beli di Ruparupa.com.
Alat pel satu ini memiliki tongkat yang lengkap dengan tuas pemeras sehingga dapat lebih mudah dan tidak memerlukan tenaga ekstra.

Beli di sini

Jenis alat pel satu ini memiliki kain pel dengan bahan busa atau spons. Tidak heran bila sponge mop memiliki daya serap air yang lebih baik daripada pel lainnya.

Sponge mop mampu menyerap air dalam jumlah yang cukup banyak dengan sangat mudah. Nah, untuk memeras air dari spons tersebut, Anda cukup menarik gagang atau tuas pada alat pel. 

Namun, alat pel ini biasanya lebih berat karena mudah menyerap air. Selain itu, Anda akan kesulitan saat menggunakannya untuk mengepel lantai. Biasanya, sponge mop lebih sering digunakan pada lantai kamar mandi. 

5. Strip mop (pel strip)

Krisbow Alat Pel Microfiber Bergagang - Orange
Krisbow Alat Pel Microfiber Bergagang – Orange beli di Ruparupa.com.
Alat pel ini memiliki bahan microfiber dengan daya setap yang tinggi dan anti bakteri.

Beli di sini

Biasanya, strip mop sering disangka sebagai string mop, padahal keduanya memiliki  banyak perbedaan loh, Ruppers.

String mop memiliki bagian kepala dengan kain yang dipotong-potong sehingga menjadi sekumpulan strip. Kain yang ada pada kepala pel, biasanya lebih tipis dan ringan sehingga lebih mudah Anda peras daripada string mop.

Baca Juga:   6 Hal Penting Saat Membeli Kotak Makanan

Kelebihannya, Anda dapat menggunakan mengepel lantai, baik dalam keadaan basah atau kering. Cara membersihkan kain pel ini pun lebih mudah dan cepat kering sehingga dapat meminimalisir timbulnya bau atau kotor. 

6. Steam mop (pel uap)

Ariete Alat Pel Steam 10 In 1
Ariete Alat Pel Steam 10 In 1 beli di Ruparupa.com.
Steam mop satu ini memiliki 10 fungsi dalam 1 alat sehingga dapat memudahkan aktivitas bersih-bersih rumah Anda.

Beli di sini

Jenis alat pel terakhir yang terlihat sangat modern ini adalah steam mop atau pel uap. Sesuai dengan namanya, steam mop adalah alat pel listrik yang lengkap dengan tabung kecil untuk memanaskan air.

Air tersebut kemudian akan diubah menjadi uap dan dikeluarkan melalui bantalan kepala pel. Selain dapat membersihkan lantai, alat pel satu ini juga dapat menjadi disinfektan sehingga rumah lebih bebas dari kuman dan virus. 

Tidak heran jika harga steam mop cenderung lebih mahal dari jenis alat pel lainnya. Namun, Anda tidak akan menyesal mengeluarkan biaya yang lebih untuk membersihkan seluruh lantai rumah dengan mudah.

***

Nah, itu dia 6 jenis alat pel yang wajib Anda ketahui sebelum membelinya. Apakah sudah menemukan yang sesuai kebutuhan Anda?

Yuk, bersihkan rumah secara menyeluruh agar terhindar dari berbagai bakteri dan membuatnya terlihat lebih menyegarkan.

Klik di sini untuk menemukan berbagai alat kebersihan rumah dari Ruparupa.com.

Situs ini juga menjual furnitur dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama, seperti Ace Hardware dan Informa, loh.

Selain itu, Anda juga bisa memperoleh berbagai penawaran menarik, jika berbelanja melalui Ruparupa. Tunggu apa lagi? Belanja sekarang, yuk!