Pentingnya Ciptakan Budaya Membaca Sejak Kecil

0
693
Pentingnya Budaya Membaca

Seperti yang kita ketahui, membaca memiliki banyak manfaat salah satunya untuk mendapatkan informasi secara tertulis. Namun sayangnya saat ini minat dan budaya membaca masyarakat di Indonesia cenderung sangat sedikit, terutama untuk anak-anak. Hal ini dikarenakan banyaknya aktifitas lain yang dapat dilakukan oleh anak-anak yang lebih ‘menyenangkan’ dan bersifat menghibur seperti tayangan televisi, video games, dan lainnya.

Apa manfaat membaca bagi anak?

pentingnya tanamkan minat membaca pada anak1. Melatih konsentrasi

Membaca membutuhkan konsentrasi dan perhatian yang cukup lama. Suasana ini ‘memaksa’ anak untuk tetap berada pada situasi tenang untuk dapat memahami dan menerima informasi. Dengan mengajak si Kecil membaca sejak dini, maka kemampuan konsentrasi anak juga akan terlatih melalui cerita yang dibacakan.

2. Mengembangkan imajinasi dan kreatifitas  anak

Dengan membaca, anak akan terlatih untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya. Semakin variatif informasi yang diterima, maka rasa ingin tahunya akan semakin tinggi, dan memberikan kesempatan untuk berinovasi dan mempelajari berbagai hal baru.

3. Membangun konsep dan membuat analisa

Membaca adalah salah satu cara untuk mendapatkan informasi secara tertulis. Membaca juga memberikan kesempatan untuk memadukan ide, membuat analisa dan menyusun konsep berdasarkan pengetahuan yang dimiliki.

Mengapa membangun minat dan budaya membaca harus dimulai sejak kecil?

pentingnya tanamkan minat membaca pada anakMembaca merupakan ilmu dasar yang diajarkan untuk memulai proses belajar mengajar. Tinggi rendahnya minat baca sedikit banyak berpengaruh pada kualitas wawasan dan pengetahuan setiap individu. Budaya membaca tidak bisa serta merta bisa dilakukan oleh semua orang, namun harus dibiasakan dan dipupuk sejak kecil, dan dimulai dari lingkungan keluarga.

Jika sejak kecil terbiasa memiliki waktu untuk membaca, si Kecil akan menjadikan membaca adalah sebuah kebutuhan. Selain itu, orang tua yang gemar membaca akan memberikan kebiasaan yang sama kepada anak. Jangan lupa untuk tetap mendampingi si kecil saat membaca, dan pastikan buku yang dibaca adalah buku yang tepat dan sesuai dengan usianya.

Pendidikan dasar yang diterima anak adalah dari lingkungan keluarga, sudah menjadi tanggung jawab orang tua untuk merangsang minat baca kepada anak-anaknya sedini mungkin. Karena membaca membutuhkan konsentrasi tinggi, maka dibutuhkan suasana dan ruangan yang mendukung. Misalnya penerangan yang cukup, ruangan yang rapi dan tidak bising, hingga kursi yang nyaman. Untuk itu akan sangat baik jika Anda membuat sebuah perpustakaan kecil di rumah, agar si Kecil merasa nyaman dan tertarik untuk membaca.

Yuk buat perpustakaan di rumah dengan ragam koleksi produk berkualitas dari Ruparupa.com!