Musik diketahui dapat melatih keseimbangan otak kiri dan otak kanan. Selain itu, musik dapat mempengaruhi perkembangan aspek kognitif pada anak. Maka tak jarang para orang tua mulai memperdengarkan musik sejak anak masih di dalam kandungan. Jenis musik yang diperdengarkan adalah musik klasik, yang dipercaya mampu merangsang kecerdasan anak.

Musik melatih keseimbangan otak kiri dan kanan

Setelah lahir, bayi pun terus distimulasi dengan musik. Mulai dari musik saat tidur, hingga mainan yang berbunyi saat bayi memasuki usia 3 bulan keatas. Musik dan lagu memang memiliki banyak manfaat bagi perkembangan otak.

Apa saja manfaat musik bagi bayi?

manfaat mainan musik pada bayi1. Merangsang Indra Pendengaran

Musik dinikmati oleh manusia melalui indra pendengaran, secara otomatis musik dapat merangsang indra pendengaran. Bayi akan mencari asal suara, mengarahkan kepala dan pandangannya ke arah datangnya suara. Musik juga mampu memberitahukan kondisi pendengaran bayi. Sehingga kemungkinan gangguan pendengaran dapat dideteksi sejak awal oleh orangtua.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Musik dan nada terbukti lebih mudah diserap oleh otak dibandingkan peristiwa ataupun suara lain. Bukan hanya membangkitkan memori di masa lalu, namun juga pengalaman subjektif atau perasaan saat mendengarkan musik tersebut di masa lalu. Dengan demikian musik dapat bermanfaat untuk menstimulasi ingatan, bahkan mengembalikan memori dan perasaan yang dialami di masa lalu.

3. Memberikan Rasa Nyaman

Musik dapat memberikan rasa nyaman jika berada pada tempo yang tepat. Anda bisa memberikan rasa nyaman pada anak dengan mendengarkan musik saat menjelang tidur atau saat anak mengalami tantrum. Pilih musik dengan ritme yang sama dengan detak jantung seperti tempo moderato, andante, atau adagio. Musik dengan tempo seirama dengan jantung dapat membantu Anda mengontrol emosi.

manfaat mainan musik pada bayi4. Efek Hipnotik

Siapa yang tidak terbuai oleh musik? Seperti layaknya orang dewasa, musik dapat memberikan efek hipnotis yang positif. Sehingga anak yang mendengarkan musik sejak dini mampu mengikuti irama nada dan terbuai dalam alunan nada sehingga kembali memberikan rasa nyaman dan kontrol emosi.

5. Menghibur

Selain fungsi diatas, musik juga bermanfaat untuk menghibur anak. Dengan mendengarkan musik yang disukai, si Kecil akan terhibur, nyaman dan menenangkan. Dengan situasi yang nyaman dan tenang, tentunya akan lebih mudah bagi si Kecil untuk menerima, mengolah dan menyimpan informasi.

Selain melalui musik, Anda juga bisa memberikan mainan yang berbunyi kepada si Kecil. Mainan ini akan mengeluarkan nada jika dimainkan dengan berbagai cara, sesuai dengan fungsinya. Mainan musik ini selain memberikan 5 manfaat di atas, juga tentunya memberikan hiburan dan aktifitas bagi si Kecil.

Apakah koleksi mainan musik si Kecil sudah lengkap? Yuk lengkapi koleksi mainan si Kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here