7 Barang Wajib Bawa Ketika Traveling Bersama Balita

1
33167
Traveling Dengan Balita

Memasuki musim liburan, tentunya kamu sudah mulai mempersiapkan liburan bersama keluarga. Bagi beberapa orangtua, mungkin ini adalah saat pertama kamu untuk melakukan perjalanan jauh bersama si kecil.

Memang, melakukan traveling dengan bayi tentunya selalu memberikan tantangan tersendiri bagi para orangtua.

Ruparupa Banner

Kamutidak pernah tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan, maka lakukan persiapan dengan baik, agar traveling bersama si Kecil jadi menyenangkan.


Berdasarkan pengalaman, beberapa orang mengatakan bepergian saat bayi di bawah usia 6 bulan lebih mudah dibandingkan usia lainnya. Mengapa?

Karena pada usia tersebut, si kecil hanya meminum ASI dan masih menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur, sehingga barang bawaan lebih sedikit dan lebih praktis.

Soalany, barang bawaan akan semakin meningkat saat si kecil memasuki masa MPASI. Selain pakaian dan keperluan lainnya, kita juga harus mempersiapkan peralatan untuk membuat MPASI, terlebih jika tidak menerapkan sistem Baby-Led Weaning (BLW).

Sebenarnya, barang-barang yang harus dipersiapkan ketika akan melakukan traveling dengan balita hampir sama seperti yang sering kita bawa. Namun, ada beberapa barang yang harus ditambahkan baik jenis maupun jumlahnya.

Apa Saja Barang-barang yang Harus Dipersiapkan Saat Traveling dengan Balita?

1. Pakaian dan Kaos kaki

rompi pelampung anak
Bawa baju renang dan peralatannya

Selayaknya orang dewasa, pakaian si Kecil harus disesuaikan dengan lokasi tujuan yang akan dikunjungi, apakah memiliki iklim dingin atau panas.

Bawa pakaian secukupnya, dan pilih pakaian yang dapat di mix and match, serta  pakaian yang nyaman dan menyerap keringat.

Kamu harus memperhitungkan dengan cermat berapa banyak pakaian yang dibutuhkan. Memang balita membutuhkan pakaian lebih banyak karena bisa saja tanpa sengaja menumpahkan makanan, minuman atau lainnya, tapi jangan sampai berlebihan juga ya.

Selipkan juga beberapa celana panjang dan kaos kaki meski tujuan wisata kamu adalah pantai atau lokasi dengan cuaca panas. Kedua barang tersebut akan dibutuhkan saat udara berangin atau saat bepergian di malam hari.

Atau jika si Kecil termasuk anak yang aktif, kamu dapat mengenakan celana panjang yang sedikit tebal seperti jeans, agar sekaligus dapat melindungi dari risiko cidera dan luka saat terjatuh.

Kamu juga perlu membawa pakaian renang serta perlengkapannya, terutama jika berencana memasukkan acara berenang dalam agenda.

Baca Juga:   Ini 8 Penyakit Saat Lebaran yang Sering Muncul

erlebih, jika hotel tempat kamu menginap menyediakan fasilitas kolam renang anak, si Kecil tentunya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk bermain air bukan?

2. Jaket, Topi, dan Alas Kaki

Ke mana pun tujuan kamu, jaket dan topi merupakan hal wajib yang harus diawa saat traveling bersama si Kecil. Pilih jaket yang tidak terlalu tebal jika tujuan liburan bukanlah daerah dingin.

Kamu dapat mengenakan jaket pada si kecil saat di pesawat maupun di kereta misalnya, agar terhindar dari angin yang cukup kencang dan pendingin udara yang terlalu dingin. Jangan lupa untuk membawa 2 buah alas kaki, sepatu dan sandal.

Pilih yang nyaman dan jangan lupa untuk melibatkan si Kecil untuk memilih jaket, topi dan sepatunya, hal ini dapat meminimalisir kemungkinan ‘drama’ yang akan terjadi saat anak harus mengenakan barang-barang tersebut.

3. Perlengkapan Anak

Perlengkapan anak ini terdiri dari peralatan mandi, popok sekali pakai, tisu basah dan kering, sunblock, gunting kuku, sisir, cotton buds, gendongan, stroller – jika perlu, selimut, dan perlengkapan lain yang dirasa perlu.

Kamu tidak perlu membawa peralatan mandi komplit, cukup sabun, shampoo, minyak telon, krem bayi, sikat gigi serta pasta gigi.

Bahkan, saat ini tersedia sabun 2 in 1, yang dapat dipakai untuk mandi dan keramas. Bawa peralatan mandi ukuran kecil, dan tempatkan pada satu kantong anti air terpisah atau dapat disatukan dengan peralatan mandi kamu.

Pemilihan stroller dan gendongan bayi sepenuhnya menjadi pilihan kamu sebagai orangtua. Cari tahu kondisi jalanan pada lokasi tujuan, apakah memungkinkan untuk membawa stroller?

Karena pada beberapa tempat mungkin akan menjadi menyulitkan jika kamu membawa stroller. Jika kamu memutuskan membawa stroller, pilih stroller berukuran kecil dan ramping, ya.

gendongan bayi
Pilih gendongan bayi yang nyaman buat si kecil

Beli di sini

perlengkapan travelling dengan balita
Little Giggles Stroller Octo – Beige

Beli di sini

4. Obat-obatan

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan, sakit atau cidera bisa datang kapan saja. Untuk itu, persiapkan obat-obatan yang biasa diberikan untuk si Kecil, misalnya obat turun panas, diare, antimemar, pembalut berperekat, serta cairan antiseptik.

Atau jika si Kecil memiliki penyakit khusus, seperti asma atau alergi, jangan lupa obat-obatan yang mungkin dibutuhkan.

5. Botol Minum dan Alat Makan

Membawa botol minum akan membantu kamu mengontrol seberapa banyak air putih yang masuk ke tubuh anak setiap harinya.

Baca Juga:   7 Inspirasi Mainan untuk Bantu Pertumbuhan Bayi

Tentu ini dapat menghemat pengeluaran, terutama bila memakai air kemasan atau botol minum berukuran besar, yang harganya relatif lebih murah.

Selain itu, ada baiknya jika mempersiapkan alat makan bayi. Tidak perlu peralatan makan lengkap, cukup sendok dan tempat makan bertutup agar lebih praktis.

Nah, berikut ini rekomendasi botol minum dan alat makan bayi yang bisa kamu gunakan buat si kecil.

botol minum anak
Botol minum dengan sedotan sangat pas dibawa bepergian.

Beli di sini

 

perjalanan dengan bayi
Edison Mama Homemade Cooking Set 6 Pcs

Beli di sini

 

6. Makanan dan Minuman

Bawa beberapa camilan favorit si Kecil untuk menemaninya selama perjalanan dan disela kunjungan ke tempat wisata. Tempatkan pada kotak makan berukuran kecil yang bertutup rapat.

Makanan ini akan menjadi sedikit beragam jika si Kecil memasuki usia MPASI. Jika selama ini kamu ‘bermusuhan/ dengan bubur instan dan puree kemasan, ada baiknya jika kamu sedikit melonggarkan aturan saat traveling.

Namun, pastika kamu membiarkan si kecil menyicip bubur kemasan tersebut sebelum perjalanan. Lalu, pilih rasa yang memang disukai, sehingga kamu tidak kerepotan saat si kecil harus menyantap makanan tersebut.

7. Mainan

Hal terakhir yang jangan sampai terlupakan adalah mainan. Si Kecil akan cepat merasa bosan, untuk itu jangan lupa membawa beberapa mainan favoritnya.

Pilih yang berukuran kecil sehingga dapat disimpan dalam tas kecil ke mana pun kamu pergi.

Kamu juga dapat membawakan mainan yang sesuai dengan aktifitas saat traveling dengan balita.

Misalnya, jika akan berenang, bawa ban renang dan bola tiup. Atau jika akan berkunjung ke pantai, bawa serta juga set peralatan bermain pasir.

mainan bayi
Pastikan kamu membawa mainan kegemaran si kecil.

Beli di sini

 

traveling dengan balita
Pilih mainan yang mudah untuk disimpan di dalam tas dan dibawa ke mana-mana.

Beli di sini

Bagaimana persiapan traveling dengan si Kecil kali ini? Selain ketujuh poin di atas, hal terpenting yang perlu dipersiapkan adalah mental anak dan orangtua.

Persiapkan mental kamu dan si Kecil sejak awal, libatkan anak dalam berbagai persiapan, ceritakan tujuan traveling dengan balita, dan buat si kecil merasa nyaman selama traveling. Jika mood si kecil bagus, tentunya saat perjalanan kamu akan menyenangkan.

Jadi, sudah siapkah barang-barang yang dibutuhkan selama traveling? Kamu bisa menemukannya hanya di Ruparupa.com, lho.

 

1 KOMENTAR