4 Hobi Asyik dan Positif Untuk Kesehatan Mental

0
662
hobi membuat kue
hobi membuat kue

Say Good Bye sama kebosanan selama di rumah aja. Karena ternyata banyak waktu yang ada, bisa menjadi peluang bagus untuk membangun atau menemukan kembali berbagai jenis hobi baru loh!

Memiliki kegiatan yang Ruppers sukai, akan memberi kegembiraan dan memperkaya hidup. Selain itu, hobi juga sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan saat mengisi waktu luang. Seperti yang berikut ini adalah beberapa hobi yang menjadi hits sejak masa pandemi.

Jenis Hobi yang Asyik Dicoba

Dengan begitu banyak waktu di tangan kita mengapa tidak beralih ke hobi baru, yang dapat membantu kesejahteraan, dan mengurangi rasa stres hingga kecemasan.

Yoga Baik Untuk Kesehatan dan Memperbaiki Postur Tubuh

Apakah kamu orang yang kurang suka olahraga? jika tidak cobalah untuk memulai hal baru untuk melakukan hal yang positif, salah satunya dengan olahraga ringan seperti yoga.

Untuk dapat melakukan aktivitas ini tidak perlu ke gym, cukup melakukannya sendiri dari rumah dengan melihat berbagai video, atau mengikuti kelas online.

Dilansir dari healthline.com aktivitas Yoga juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh seperti,

1. Efektif untuk menghilangkan stress dan meningkatkan relaksasi. Pasalnya jenis olahraga ini dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol.

2. Meredakan kecemasan diri, dan dianjurkan setidaknya mengikutinya dua kali seminggu.

3. Mampu mengurangi peradangan yang merupakan respons kekebalan normal, namun dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit pro-inflamasi, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker

4. Mampu meredakan sakit pinggang, leher yang tegang, hingga bagian pundak.

Untuk melakukan aktivitas ini gunakan alat olahraga yang tepat, seperti matras, blok yoga, Bola Fitness Massage.

Buku Menjadi Inspirasi dan Hiburan Dalam Waktu yang Sama

Gemar Membaca buku
Source: Pixabay

Sebuah buku dengan konten bagus, akan memberi hiburan berjam-jam. Selain itu dapat membuka wawasan tentang dunia sekitar, cara ini sangat positif untuk mengisi waktu luang.

Di samping memberikan hiburan, pengetahuan dan pencerahan dalam waktu yang bersamaan. Mencoba untuk mendalami hobi membaca sangat baik untuk mereka yang memiliki kepribadian introvert yang gemar memiliki me time.

Tidak perlu banyak effort untuk melakukan hobi jenis ini, karena Ruppers bisa memulai dengan buku yang disukai, baik itu melakuakan download online maupun meminjamnya dari perpusatakaan setempat. Namun yang perlu diingat juga membaca dalam waktu yang lama dapat melelahkan, sehingga pilih tempat duduk yang dapat menyangga leher, serta pencahayaan yang nyaman di mata.

Bermain game hobi yang menyenangkan dan merangsang aktivitas

 hobi bermain game
Source: Pixabay

Banyak orang beranggapan bermain game menjadi salah satu aktivitas yang negative.Tidak memberikan dampak yang baik, membuang-buang waktu, atau hobi yang hanya disukai anak-anak.

Namun tidak sepenuhnya benar, karena ternyata banyak manfaat positif yang bisa didapatkan. Dari sebuah laman nerdynaut menyebutkan jika, bermain game tidak hanya menjadi hobi yang menyenangkan, tetapi juga sangat menyehatkan. Berikut adalah alasannya

1. Merangsang kreativitas penting tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa. Pasalnya banyak kehidupan sehari-hari dan pekerjaan aktual kita hampir seluruhnya bergantung pada kreativitas bukan? Wah, mungkin kamu terkejut saat membacanya, akan tetapi cara ini merupakan untuk meningkatkan kreativitas dan menjadi aspek kunci mencegah kecenderungan kejahatan di masa depan pada individu tertentu.

2. Salah satu masalah utama yang dihadapi generasi muda saat ini adalah kurangnya fokus dan rentang perhatian yang semakin pendek. Namun dengan punya hobi seperti ini, akan membantu untuk menghilangkan stres serta membuat otak perlu bekerja untuk memecahkan teka-teki yang diberikan. Bahkan satu jam bermain game dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk memiliki fokus yang lebih baik.

Tapi pastikan ya, untuk didukung dengan menggunakan perabotan yang tepat agar mata, dan bagian punggung tidak mengalami sakit.

Memasak Lebih Dari Sekedar Hobi

Hobi Memasak
Source: Pixabay

Mengolah makanan di dapur memiliki makna lebih dari itu. Faktanya, memanggang telah diketahui memiliki nilai terapeutik yang membantu meredakan depresi dan kecemasan. Lebih dari itu aktivitas ini menjadi hobi baru untuk menghasilkan uang.

Berikut adalah manfaat memiliki hobi memasak

1. Merupakan bagian dari meditatasi yang menenangkan, dan sederhana. Dimana proses menimbang mentega dan gula, mengocok telur, mengocok dan melipat menciptakan ruang di pikiran, dan memudahkan proses berpikir.

2. Rasa tepung, suara blender, dan tentu saja bau hasil akhir hidangan produk memberikan pengalaman yang merangsang indra penciuman, yang pada akhirnya meningkatkan endorfin atau rasa nyaman pada otak.

3. Bagian dari kreativitas, bagaimana tidak psikolog telah menemukan hubungan yang kuat antara ekspresi kreatif dan kenyamanan secara keseluruhan. Jadi cobalah untuk bereksperimen dengan resep berbagai resep.

Mengapa Memiliki Hobi Itu Penting?

Source: Pixabay

Alasan utama mengapa memiliki hobi sangat baik karena , dapat memberikan kegembiraan dan memperkaya hidup. Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan hobi tersebut adalah mencoba sesuatu yang baru.

Perlu dimengerti, kalau di sekitar kita terdapat berbagai aktivitas yang beragam dan dapat dijelajahi. Tidak perlu sama, karena setiap orang memiliki minat dan hobi kita berbeda-beda.

Tetapi begitu kita bisa menemukan hobi yang seirama dan tepat maka aktivititas ini menjadi candu. Menjadi bagian dari hidup dan memikat dengan cara yang sangat pribadi.

Ada banyak alasan mengapa kita semua harus memiliki setidaknya satu hobi, tetapi inilah keuntungan utamanya:

1. Membuat kamu lebih menarik. Orang yang memiliki hobi memiliki cmemiliki enderung pengalaman dan cerita yang dapat dibagikan kepada orang lain. Tak hanya itu, mereka juga memiliki pengetahuan khusus yang dapat mereka share kembali kepada mereka ayng memiliki topik yang sama.

2.Membantu menghilangkan stres, karena dengan melakukan sesuatu yang di sukai secara tidak langsung menjadi cara untuk mengalihkan pikiran. Hindari hobi yang berkaitan dengan pekerjaan untuk meminimalisir diri dari rasa stress.

3. Hobi mengajarkan untuk lebih sabar dalam segala hal. Bingung ya apa hubungannya? Oke, segala sesuatu yang baru menuntut pembelajaran lebih, dalam hal inilah kamu dituntut untuk menjadi lebih baik secara kepribadian.

4. Memiliki hobi dapat membantu kehidupan sosial dan menciptakan ikatan dengan orang lain. Pasalnya hobi adalah aktivitas yang bisa dilakukan bersama orang lain. Bahkan mendekatkan diri dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama.

5. Meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri,ini sangat mudah dimengerti jika Anda benar-benar menyelami apa yang disukai. Untuk kebanyakan orang ini dapat menjadi achievement dan membangun kepercayaan diri.

Nah, setelah mengetahui manfaat hobby dan jenis-jenisnya, semoga dapat membantu Ruppers menggali kemampuan diri dan pastinya menemukan kebahagiaan kalian sendiri ya!

Oh ya, kunjungi Ruparupa untuk mendapatkan semua keperluan di atas. Kami merupakan one stop solution untuk siapa saja, dan merupakan official online store dari ACE dan Informa. Belanja makin mudah darimana saja bersama Ruparupa.