Penganan Meriah Saat Lebaran

0
17271
jual berbagai pilihan toples

Setelah satu bulan berpuasa selama Ramadan, umat Muslim merayakan kemenangannya dengan menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan meriah. Rumah dibersihkan dan dekorasi ditambahkan sebagai persiapan menyambut tamu maupun sanak saudara. Selain silaturahmi, salah satu yang dinanti adalah sajian khas Lebaran. Sambil berkumpul bersama keluarga dan sahabat, hidangan-hidangan khas Lebaran tentunya jadi teman setia.

Tiap daerah di Indonesia memiliki sajian yang berbeda, ada Ayam Gapape di Makassar, Bebek Gulai Kurma di Aceh, Gulai Nangka di Medan, Rendang di Sumatera Barat, Semur khas Betawi di Jakarta, Lodeh Terong di Pekalongan serta masih banyak lagi. Seluruh anggota keluarga ikut terlibat dalam proses persiapan jelang perayaan hari kemenangan. Ibu-ibu dan anak perempuan biasanya sibuk mempersiapkan hidangan, sementara bapak-bapak dan anak laki-laki membersihkan dan mendekorasi rumah agar tampil lebih cantik.

Ruparupa Banner

Kue-kue kering khas Lebaran pun tak ketinggalan menghiasi meja-meja ruang tamu. Penganan tradisional hingga modern, menjadi bagian dari perayaan ini. Kue-kue seperti kue bawang, semprit, lidah kucing, nastar, kaasstengels, sagu keju, paling sering ditemui saat berkunjung ke rumah famili. Ditata dalam tempat penyimpanan makanan yang menarik, kue-kue ini membuat ajang silaturahmi menjadi makin seru dan berkesan.

Baca Juga:   Serba-serbi Tas Sepeda

Kotak penyimpanan makanan berupa toples yang digunakan pun beragam jenisnya, model, material serta ukurannya. Pilihan toples yang sesuai dengan isinya tak hanya sedap dipandang mata, tapi juga membuat kue-kue kering yang disimpan tampak lebih menggiurkan dan bertahan lebih lama.

Berikut beberapa jenis tempat penyimpanan makanan berdasarkan bahan pembuatnya yang bisa Anda manfaatkan di hari Lebaran nanti:

Toples plastik

Toples ini biasanya tersedia dalam aneka warna dan ukuran dilengkapi dengan tutup yang rapat untuk mencegah kue-kue kering mudah melempem. Harganya pun relatif terjangkau.

Toples kaca

Toples transparan dan tebal ini biasanya hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari segi enam, kotak, hingga bulat. Jenis toples ini biasanya memuat lebih sedikit kue kering dibandingkan dengan kotak penyimpanan makanan dari plastik, tapi tampilannya akan membuat meja tamu Anda terlihat lebih cantik.

Baca Juga:   Clean & Care: Cara Membersihkan Sofa

Toples mika

Jenis ini biasanya bentuknya hanya bulat atau persegi dalam ukuran tidak terlalu besar. Bahannya tipis dan tidak akan bertahan lama karena mudah pecah ketika jatuh. Toples ini biasanya hanya digunakan untuk jenis-jenis kue kering yang dijual pada toko-toko roti untuk alasan efisiensi.

Toples kristal

Bentuknya tidak jauh berbeda dengan toples dari kaca, tapi tampilannya jauh lebih mewah dan elegan. Aksen emas kerap ditambahkan untuk memantapkan keeksklusifan kotak penyimpanan makanan jenis ini. Biasa dijual per paket, harga toples kristal relatif lebih mahal dibandingkan jenis toples yang lain.

Kue kering dalam pilihan toples yang cantik dapat memeriahkan suasana kekeluargaan yang ada.

Apapun pilihan toples dan sajian Anda, semoga tidak mengurangi makna hari raya yang sesungguhnya yaitu kembali mempererat tali silaturahmi.

Jangan lupa untuk melihat beberapa ide kotak penyimpanan makanan yang menarik dan berbagai jenis stoples dengan desain unik. Selamat mengisi toples Anda dan jangan lupa untuk berbagi.