Obat Pembasmi Kutu Anjing Paling Ampuh

0
291

Kutu pada anjing harus segera diatasi. Selain berdampak buruk pada kesehatan anjing, hama kecil ini juga dapat membahayakan sang pemilik. Pasalnya, kutu anjing merupakan salah satu hewan penghisap darah yang dapat dengan cepat berkembang biak dan menulari sekitarnya. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih obat pembasmi kutu anjing berkualitas bagus agar masalah ini cepat teratasi.

Promo 12 12 Ruparupa

Sebelum memutuskan untuk membeli obat pembasmi kutu, alangkah baiknya bila Anda memahami gejala, penyebab, dan dampak dari kutu pada anjing terlebih dahulu. Simak informasi lengkap di bawah ini.

Gejala Kutu pada Anjing

Gejala umum saat terinfeksi gigitan kutu pada anjing adalah munculnya rasa gatal dan benjolan-benjolan merah berukuran kecil. Biasanya, benjolan ini akan membentuk lingkaran merah yang mengelilingi pusat gigitan.

Selain itu, gigitan kutu akan muncul secara berkelompok dengan membentuk garis lurus sebanyak tiga atau empat benjolan. Area yang paling disukai oleh kutu anjing adalah bagian ekor dan kaki. Namun, tidak menutup kemungkinan benjolan muncul di area ketiak, pinggang, dan lipatan siku.

Rasa gatal yang kian parah  akan berpotensi menyebabkan rasa sakit dan infeksi. Bila anjing Anda  menggaruk terus menerus, maka akan mengganggu kenyamanannya,  mulai dari bekas lecet hingga kesulitan bernapas.

Maka dari itu, sebaiknya Anda selalu memperhatikan perilakunya dan melakukan pemeriksaan fisik secara berkala agar bisa melihat perubahan kondisi kulit anjing kesayangan Anda. Jika terdapat titik kecil yang bergerak mengitari tubuh anjing, bisa jadi ini indikasi adanya kutu anjing. Lakukan pencegahan sejak dini demi keamanan dan kesehatan anjing Anda.

Dampak Kutu pada Anjing

Jangan pernah mengabaikan kondisi kutu pada anjing, terutama bila Anda memiliki jenis anjing ras berbulu tebal dan panjang. Kutu anjing yang menghuni di permukaan kulit dapat menimbulkan berbagai ganggu kesehatan, seperti bulu rontok dan dermatitis kulit.

Hal ini dikarenakan kutu anjing hidup dari darah yang ia hisap. Tentu saja kondisi ini akan membuat anjing merasa tidak nyaman dan bisa meningkatkan resiko anemia (kekurangan darah). Dalam kasus paling parah, kondisi ini bisa menyebabkan kematian.

Baca Juga:   Ini Cara Menikmati Teh Ala Bangsawan

Cara Mencegah Kutu Anjing

Lantas, bagaimana upaya pencegahan yang dapat dilakukan? Simak cara yang tepat untuk mencegah hadirnya kutu anjing pada peliharaan kesayangan Anda berikut ini.

1. Rutin memandikan anjing

Cara pertama ini dinilai cukup efektif untuk mencegah hadirnya kutu anjing. Jika Anda menemukan adanya serangga kecil yang merayap pada tubuh anjing saat memandikannya, segera bersihkan sebelum kutu berkembang biak. Pastikan Anda mengambil kutu dengan menggunakan alat pencabut kutu atau sisir pembersih kutu. Setelah kutu terangkat, segera bersihkan area kulit dengan sampo pembersih kutu dan gunakan antiseptik bila menemukan  luka pada tubuh anjing.

Jangan lupa untuk segera mencuci tangan dengan sabun antiseptik untuk mencegah penularan kutu. Sedangkan, kutu yang telah diambil diletakkan ke dalam plastik kedap udara dan dibuang sejauh mungkin dari area rumah.

2. Bersihkan area tidur dan bermain

Selain menjaga kebersihan anjing, Anda juga perlu memastikan kebersihan area lingkungan bermain dan tempat istirahat anjing. Apalagi, bila Anda sering membebaskan anjing untuk bermain di  luar ruangan. Pastikan ia selalu dalam kondisi bersih sebelum menyentuh lokasi dalam rumah.

Kutu anjing juga menyukai area yang lembap karena lokasi tersebut memudahkan kutu untuk berkembang biak lebih cepat. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya Anda meletakkan lokasi tempat istirahat dan bermain pada area yang segar.

3. Pilih tempat grooming profesional

Kutu memiliki kelebihan mudah berpindah tempat dari anjing ke lingkungan sekitarnya. Meskipun Anda merasa bahwa anjing peliharaan Anda telah ditangani oleh pihak profesional, tetapi tidak menjamin  bahwa kandang dan alat perawatan terhindar dari kutu anjing.

Pastikan Anda berhati-hati dalam menentukan tempat grooming.  Untuk mencegah penularan, alangkah baiknya tetap menggunakan kandang pribadi dan membersihkan peliharaan setiap dari area luar rumah.

Viaggio Kandang Anjing Portable Ukuran M yang sangat nyaman dan aman untuk digunakan saat berada di luar rumah. Dapatkan segera hanya di Ruparupa.com

Obat Pembasmi Kutu Anjing

Membersihkan kutu tidak semudah hanya menggunakan satu produk. Namun, membutuhkan tahapan pembersihan dan pemilihan obat sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan peliharaan Anda. Penasaran bukan? Yuk, mari simak artikel di bawah ini.

Baca Juga:   Cara Menyimpan Tabung Oksigen yang Aman di Rumah

1. Obat spray pembersih kutu

Dapatkan obat kutu semprot Trick or Treat hanya di Ruparupa.com

Obat kutu spray merupakan produk yang banyak beredar di pasaran. Salah satu rekomendasi yang dapat Anda coba adalah produk terbaru dari Trick or Treat. Obat kutu ini memiliki formulasi bahan natural yang aman dan efektif menghilangkan kutu dari bulu dan kulit anjing. Selain itu, obat kutu Trick or Treat juga aman untuk digunakan pada semua jenis anjing tanpa menyebab efek samping maupun merusak bulu dan kulit anjing kesayangan Anda.

2. Obat pembersih kutu serbaguna

Lindungi hewan peliharaan Anda dari serangan kutu membandel. Produk ini dapat Anda gunakan dengan aman pada furnitur, tempat tidur, karpet, lantai, dan tirai baik di dalam maupun di luar ruangan. Dapatkan cairan antikutu berkualitas hanya di Ruparupa.com

Obat pembersih kutu persembahan dari Pet Kingdom ini menggunakan formulasi eugenol dari tanaman cengkeh yang sudah terbukti ampuh membunuh telur kutu, larva kutu, hingga kutu raksasa. Selain itu, obat kutu ini juga diperkaya dengan kandungan lisozim yang secara khusus memiliki efek antibakteri, antivirus, dan antiinflamasi.

Hal penting yang perlu Anda ketahui adalah , kutu  dapat menyebar pada area lingkungan sekitar yang dilewati anjing. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan obat ini sebagai langkah preventif pada tempat tidur, furnitur, karpet, tirai, di dalam maupun luar ruangan. Tak perlu khawatir, semprotan ini telah dirancang khusus dengan bahan yang aman digunakan di sekitar keluarga dan peliharaan Anda.

***

Selain pengobatan tersebut, Anda juga bisa melakukan pencegahan agar kutu tidak hinggap dan menggigit kulit anjing peliharaan Anda. Produk andalan dari Frontline Flea & Tick bisa jadi pilihan Anda karena efektif membantu menangkal kutu, terutama ketika anjing sedang bermain di luar ruangan. 

Dapatkan obat penangkal kutu terbaik hanya di Ruparupa.com

Cara pemakaiannya juga cukup mudah, yaitu Anda cukup menyemprotkan cairan ini pada seluruh permukaan kulit setiap kali selesai memandikannya. Pastikan untuk selalu menggunakan produk perawatan terbaik untuk hewan kesayangan Anda. Jangan sampai ia kesakitan hanya karena hama vampir kecil tersebut.

Anda dapat menemukan rekomendasi produk di atas melalui situs belanja online Ruparupa.com. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan kebutuhan rumah tangga lain, seperti furnitur hingga perabotan dapur hanya di Ruparupa.com. Segera dapatkan berbagai  penawaran terbatas sekarang juga!