5 Tips Mudah Merawat Pisau Dapur di Rumah Agar Tetap Tajam

0
14066
merawat pisau dapur

Pisau merupakan alat dapur yang sering digunakan untuk memotong bahan makanan. Jenis pisau cukup beragam, mulai dari pisau untuk memotong daging, pisau sayur, hingga pisau khusus untuk mengupas buah.

Dengan pisau yang tepat, proses memotong bahan makanan pun akan jadi lebih mudah. Oleh sebab itu, kita harus memilih pisau dapur yang berkualitas dan merawatnya dengan benar.  Bila tidak, pisau mudah tumpul dan berkarat.

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Merawat Pisau Dapur?

Agar pisau tetap tajam dalam waktu lama, simak cara merawatnya berikut ini.

1. Bersihkan Pisau dengan Tepat

Setelah selesai menggunakan pisau, cuci dan bersihkan setiap sisi pisau dengan sabun pencuci piring. Kemudian, lap pisau sampai kering sempurna. Hindari penggunaan dishwasher agar pisau tidak cepat rusak.

Jika ada kerak yang menempel pada pisau dapur, gosok dengan minyak sayur. Sedangkan untuk menghilangkan bau amis pada pisau, kamu bisa mengoleskannya dengan pasta gigi.

Baca Juga:   Ketahui Apa Itu Chopper dan Bedanya dengan Blender

Lain halnya bila ada getah sayuran yang menempel, kamu dapat mengoleskan minyak goreng pada pisau dan diamkan selama beberapa saat agar minyak meresap pada getah. Setelah itu, cuci dan bilas pisau dengan sabun.

2. Simpan Pisau di Tempat yang Kering

Setelah mencuci pisau, simpanlah kembali pisau di tempat kering dan bebas lembab untuk mencegahnya berkarat.

Namun, hindari mencampurkan pisau dengan alat masak lain agar tidak cepat rusak. Sebaiknya, sediakan tempat penyimpanan pisau sesuai dengan jenis dan kegunaannya, seperti berikut ini.

tempat pisau dapur
Gunakan tempat penyimpanan khusus pisau untuk menjaga kualitasnya.

3. Gunakan Pisau sesuai Fungsi

Bila kamu menggunakan pisau untuk memotong semua jenis makanan, hentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, pisau memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, pisau daging memiliki tingkat ketajaman yang cukup tinggi karena menyesuaikan dengan jenis bahan yang dipotong.

Kalau kamu menggunakan pisau buah untuk memotong daging, hal ini tentu dapat merusak pisau dan memungkinkan terjadinya kontaminasi silang.

4. Asah secara Rutin   

Untuk menjaga ketajamannya, kamu harus mengasah pisau secara rutin. Semakin sering digunakan, maka pisau harus semakin sering diasah.

Baca Juga:   7 Tips Memilih Kompor Gas Yang Tepat Buat Dapur Kamu

Misalnya, pisau daging perlu diasah lebih sering daripada pisau untuk memotong sayur dan buah. Sebaiknya, gunakan pengasah pisau khusus untuk menjaga tekstur mata pisau.

5. Gunakan Talenan saat Memotong Bahan Makanan

Selain mengasahnya secara rutin, kamu juga harus menggunakan talenan saat memotong untuk menjaga ketajaman pisau.

Ada beberapa jenis talenan yang bisa kamu pilih, seperti talenan plastik, bambu, dan kayu. Selain kurang higienis, memotong makanan langsung di atas meja granit dan marmer hanya akan merusak sisi pisau.

talenan pisau dapur
Gunakan talenan saat memotong bahan makanan untuk menjaga kualitas pisau.

Sekarang kamu sudah tahu cara merawat pisau dapur dengan benar. Jadi, pastikan memilih pisau dapur yang tajam dan berkualitas.

Tenang, kami punya beberapa rekomendasi pisau dapur dari ruparupa.com, seperti berikut ini.

pisau dapur scanpan
Scanpan Spectrum Pisau Serbaguna – Hitam

Beli di sini

pisau dapur santoku
Scanpan 18 Cm Classic Pisau Santoku

Beli di sini

pisau dapur 5 pcs
Scanpan Set 6 Pcs Classic Pisau Dengan Magnet

Beli di sini

pisau dapur 6 pcs
Scanpan Set 6 Pcs Classic Pisau

Beli di sini

miliki beragam pisau dapur berkualitas
KLIK DI SINI

Selain perlengkapan dapur, situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai peralatan dan perabot rumah tangga terlengkap dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, dari Informa, ACE, Selma, Krisbow, Toys Kingdom, dan masih banyak lagi.