Sangat penting untuk mengetahui cara mengasah pisau agar pisau tetap tajam sehingga tidak licin ketika memotong makanan. Pisau tumpul berbahaya karena pisau tumpul membutuhkan lebih banyak tenaga untuk melakukan pekerjaannya sehingga memiliki peluang lebih tinggi untuk tergelincir dan meleset dari sasaran. 

Ditambah lagi, makanan yang dipotong dengan buruk tidak akan dimasak dengan benar. Pisau yang tajam akan menghasilkan makanan yang dipotong rata sehingga makanan akan matang dengan kecepatan yang merata.Β 

Pisau yang tajam juga merupakan salah satu cara termudah untuk meningkatkan kualitas makanan secara instan. Oleh karena itu, simak cara mengasah pisau dapur yang benar!

blade paper test
sumber: YouTube

Untuk menentukan apakah pisau perlu diasah, lakukan uji kertas. Pegang selembar koran yang terlipat di salah satu ujungnya. Kalian juga dapat menggunakan satu lembar kertas biasa. Letakkan pisau pada tepi atas secara miring dan potong ke arah luar. Jika pisau gagal mengiris dengan bersih, coba asah dengan baja. Jika masih gagal, maka perlu penajaman.

Mengasah Pisau dengan Baja Pengasah

knife sharpening steel
Cooking Color Set 7 Pcs Lexi Pisau Dapur & Pengasah Pisau

Baja pengasah adalah batang logam yang dijual dengan kebanyakan set pisau. Namun, alat ini tidak benar-benar mengasah pisau, melainkan mengasah tepi pisau yang agak tumpul.

Menyapu bilah di sepanjang baja akan menyetel kembali tepi seperti pada awalnya. Selama mengasah pisau, pastikan untuk mempertahankan sudut 15 derajat antara bilah dan baja.

Penajam Pisau Listrik

mengasah pisau dengan electric knife sharpener
sumber: commons.wikimedia.org

Cara penggunaan mesin ini sangat mudah. Dengan penajam listrik, bahan abrasive berada pada roda bermotor yang berputar melawan bilahnya. Selalu ikuti instruksi dari pabriknya.

Pada umumnya: Nyalakan mesin, pegang pisau kalian dengan aman tetapi tidak perlu menekan dengan keras karena mesinnya yang bekerja untuk kalian. Lalu, tarik pisau melalui slot secara perlahan dan halus. Ubah sisi bergantian untuk mengasah kedua sisi pisau kalian. 

Kelebihan:

  • Mesin memiliki pemandu bermuatan pegas membatasi gerakan pisau sehingga seluruh tepi membuat kontak yang stabil dengan bahan abrasif pada sudut yang tepat.
  • Slot pertama yang agresif dapat dengan cepat memperbaiki kerusakan yang parah dan mempersempit pisau Barat 20 derajat ke tepi 15 derajat yang lebih tajam.
  • Mesin ini memiliki beberapa slot penggilingan, masing-masing dengan kekasaran mata pisau yang berbeda untuk mengontrol jumlah penajaman.

Kekurangan:

  • Tidak dapat digunakan untuk pisau yang menggunakan bantalan penuh, karena seluruh mata pisau tidak dapat dijalankan melalui mesin sehingga membuat pisau berbentuk tidak rata.
  • Harga relatif mahal

Mengasah dengan Penajam Pisau Manual

cara mengasah dengan manual knife sharpener
Krischef Pengasah Pisau Deluxe T1005dc

Dengan penajam manual, abrasive berada pada roda yang tidak bermotor atau bahan abrasif itu sendiri dibuat menjadi ruang berbentuk V di mana pengguna menarik pisau. Secara umum, tarik pisau melalui ruangannya dengan tekanan yang rata. Selalu ikuti instruksi dari pabriknya.

Kelebihan:

  • Dinding yang tinggi dapat menahan pisau dengan mantap sehingga pengguna dapat menarik pisau melalui ruang dengan tekanan yang merata.
  • Bodinya yang ramping memudahkan untuk disimpan di dalam laci, membuatnya lebih nyaman untuk perawatan rutin.
  • Sangat bagus dan cepat dalam mengasah sebagian besar pisau dapur.
  • Mampu mengasah bilah yang memiliki bantalan penuh.
  • Sangat murah

Kekurangan:

  • Mesin penajam manual tidak dapat memperbaiki kerusakan parah pada bilah (seperti menghilangkan takik).

Mengasah Pisau dengan Batu asah

whetstone
Tactix 15 Cm Pengasah Pisau

Cara menggunakan batu asah adalah jauhkan pisau dari kalian dan letakkan ujung gagang di atas batu asah pada sudut mata pisau (biasanya sudut 15 derajat untuk pisau gaya Asia dan sudut 20 derajat untuk pisau gaya Barat).

Letakkan tangan lainnya di tengah sisi datar pisau, jaga agar jari-jari kalian tetap rata dan jauh dari tepi yang tajam. Tarik bilah ke bawah batu dengan membentuk lingkaran yang lebar, pegang bilah pada sudut konstan sampai ujung pisau terlepas dari sisi lainnya. Ulangi beberapa kali, tergantung pada ketumpulan pisau.

Kelebihan

  • Mudah untuk menyesuaikan karena juru masak memegang pisau pada sudut tertentu agar sesuai dengan mata pisau  
  • Batu asah dapat digunakan untuk mengasah pisau apa pun.
  • Bisa mengasah pisau dengan bantalan penuh.
  • Kebanyakan batu memiliki sisi yang kasar dan halus, yang menentukan jumlah penajaman pada setiap lintasan.
  • Relatif tidak mahal

Kekurangan:

  • Butuh latihan untuk menguasai teknik penajaman; perlu memegang pisau pada sudut yang benar untuk memastikan tepi yang tepat.
  • Butuh waktu untuk memulihkan pisau yang sangat tumpul.

Itulah cara mengasah pisau dengan baik dan benar. Kalian bisa membeli pisau yang berkualitas hanya di Ruparupa. Yuk segera belanja dan dapatkan berbagai promo yang menarik!