10 Menu Makanan Takjil yang Lezat dan Tanpa Minyak

0
1412
menu maakanan tanpa minyak
Sumber: Pexels.com

Ketika mendengar menu takjil, seringkali kita mengaitkannya dengan gorengan. Memang, gorengan selalu menjadi camilan orang Indonesia yang dapat disantap kapan pun. Selain praktis, gorengan juga memiliki rasa gurih dan renyah.

Sayangnya, terlalu banyak makan gorengan dapat menimbulkan banyak risiko penyakit, seperti kolesterol tinggi, diabetes, serta berisiko terkena penyakit jantung.

Ruparupa Banner

Apalagi, harga minyak yang mahal, mengharuskan kita untuk mencoba metode masak tanpa minyak. Walaupun enak, sebaiknya kita mengurangi konsumsi gorengan dan mencoba menu takjil untuk buka puasa, yang tidak memiliki kandungan minyak.

Daftar Menu Takjil Tanpa Minyak

Apakah ada menu takjil tanpa minyak? Jawabanya, tentu ada. Pastinya, rasa takjil ini tetap lezat dan mengenyangkan. Bahkan, ada beberapa menu takjil tanpa minyak yang sehat, lho. 

Lalu, menu takjil apa saja yang bisa menjadi pengganti gorengan? Nah, ini dia beberapa rekomendasinya.

1. Puding

Puding bisa menjadi menu takjil andalan yang sehat tanpa minyak, lho. Selain itu, puding juga memiliki banyak pilihan rasa sehingga kamu tidak akan bosan saat memakannya. 

Kalau kamu suka, kamu bisa mencoba kreasi puding yang dicampurkan dengan es krim dan buah-buahan untuk menambah cita rasa.

menu makanan tanpa minyak puding
Sumber: Unsplash.com

2. Kue Cokelat Cornflakes

Menu makanan tanpa minyak berikutnya adalah kue cokelat cornflakesKue ini menjadi menu takjil yang praktis dan mudah dibuat karena hanya membutuhkan 3 bahan utama, yaitu cornflakes, margarin, dan dark chocolate.

Kamu juga bisa berkreasi dengan menggunakan sereal yang selain cornflakes sesuai selera, lho.

kue-cokelat-cornflakes
Sumber: schokohimmel.com

3. Martabak Mini

Menu martabak memang jadi favorit banyak orang sebagai camilan di malam hari. Nah, buat kamu para pecinta martabak, tidak perlu menunggu adanya penjual untuk menyantap martabak yang kamu suka.

Baca Juga:   6 Pantangan Hari Raya Imlek yang Wajib Dihindari

Kamu bisa membuat martabak mini dengan berbagai topping sesuai selera. Pastikan kamu memiliki peralatan masak lengkap untuk memudahkan kamu membuat martabak, seperti berikut ini.

Krischef Mangkuk Adonan Stainless 24 Cm
Krischef Mangkuk Adonan Stainless 24 Cm
Mangkuk adonan berkualitas food grade dan aman untuk bahan makanan.

Beli di sini

wajan
Krischef 20 Cm Wajan Penggorengan Marbel
Wajan anti lengket yang mampu menyebarkan panas secara merata.

Beli di sini

4. Salad Buah

Makanan yang bergizi sangat dibutuhkan oleh tubuh di bulan puasa. Nah, kamu bisa berbuka dengan menu takjil salad buah. Menu takjil praktis ini kaya akan vitamin, yang bisa membuat tubuh tetap kuat dan semangat saat menjalankan puasa.

Biasanya, salad buah menggunakan buah-buahan, seperti buah naga, jeruk, apel, dan mangga. Kamu pun bisa menyajikan menu takjil ini hanya dalam 15 menitan, lho. 

menu makanan tanpa minyak buah
Sumber: Unsplash.com

5. Kue Lumpur

Eits, tenang, tidak seperti namanya, kue ini memiliki cita rasa dan tampilan yang menggiurkan, lho. Kue lumpur merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari kentang, tepung, santan, dan telur.

Disebut sebagai kue lumpur karena teksturnya yang lembut. Saat kamu menyantapnya, kue ini akan terasa meleleh di dalam mulut. Tertarik mencoba?

Inspirasi_SajianPraktisSahur&Berbuka_Banner_insp_Blog_640X320_wording

6. Chiffon Pandan

Tidak ada yang bisa mengelak dari kelembutan dan harumnya kue chiffon pandan. Menu takjil satu ini sangat nikmat disantap saat hangat dan ditemani dengan teh panas, lho.

Selain sebagai menu takjil, chiffon pandang juga cukup digandrungi sebagai menu sarapan. Nah, agar hasil kue lebih empuk dan lezat, gunakan peralatan memanggang, seperti berikut ini.

Kels Stand Mixer Hayden
Kels Stand Mixer Hayden
Buat adonan kue dan roti lebih mudah dengan mixer yang dilengkapi dua jenis pengaduk ini.

Beli di sini

Kels 35 Ltr Dayton Oven
Kels 35 Ltr Dayton Oven Dengan Rotisserie
Oven ini membuat kegiatan memanggang jadi lebih praktis dan mudah.

Beli di sini

7. Jagung Bakar

Menu tanpa minyak dan praktis dibuat berikutnya adalah jagung bakar. Tidak membutuhkan banyak bahan, kamu hanya perlu mengoleskan bumbu berupa mentega, kecap manis, dan saus ke jagung untuk membuat menu satu ini.

Kemudian, tidak melulu menggunakan arang atau peralatan memanggang lainnya, kamu juga bisa memasak pakai air fryer, seperti berikut ini.

8. Es Pisang Ijo

Pisang memang menjadi primadona di saat bulan puasa. Tidak heran bila banyak menu takjil yang berbahan dasar pisang, seperti es pisang ijo.

Menyantap es pisang ijo yang manis dan segar tentu menjadi kepuasan tersendiri, setelah menahan dahaga saat cuaca panas. Oleh karena itu, pastikan es pisang ijo ini masuk dalam daftar menu takjil kamu, ya.

Gunakan gelas cantik berikut ini agar es pisang ijo kamu tampak semakin nikmat, seperti berikut ini.

gelas
Krischef 312 Ml Set 6 Pcs Tumbler Gelas
Es pisang ijo tampak jauh lebih nikmat dengan gelas kaca berikut ini.

Beli di sini

gelas es pisang ijo
Libbey 355 Ml Set 6 Pcs Inverness Gelas
Segala jenis minuman tampak lebih cantik dengan menggunakan gelas berikut ini.

Beli di sini

9. Siomay Kukus

Selain menu buka puasa manis, kamu bisa menyantap menu dengan bahan dasar daging ayam untuk hidangan takjil, seperti siomay kukus.

Tidak hanya daging ayam, kamu juga boleh menambahkan tahu halus ke dalam adonan. Setelah matang,  sajikan siomay dengan saus atau bumbu kacang agar lebih lezat.

menu makanan tanpa minyak siomay
Sumber: Unsplash.com

10. Lumpia Basah

Kalau kamu suka dengan lumpia goreng, maka kamu perlu mencoba lumpia basah. Bentuknya memang hampir mirip seperti lumpia goreng, tetapi lumpia basah tidak menggunakan minyak sehingga lebih sehat.

Dengan membuat lumpia basah sendiri, kamu jadi lebih bebas untuk berkreasi. Kamu bisa mengganti kulit lumpia dengan rice paper atau membuat isian lumpia dengan bahan-bahan yang kamu punya, seperti telur, bihun, rebung, dan lainnya.

menu makanan tanpa mnyak lumpia
Sumber: Unsplash.com

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi menu makanan tanpa minyak yang dapat kamu jadikan sebagai takjil buka puasa. Agar kegiatan masak kamu jadi lebih mudah di bulan Ramadan, kamu bisa menggunakan peralatan memasak dari ruparupa.com.

Situs belanja satu ini juga menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga dari merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, Krisbow, dan masih banyak lagi.

Yuk, hidup sehat dengan mengurangi konsumsi gorengan!