Resep Nasi Goreng Ayam Spesial Praktis, Cuma 20 Menit

0
3207
resep nasi goreng ayam
Sumber: unsplash.com

Siapa yang suka banget makan nasi goreng? Menu masakan  satu ini memang seringkali menjadi pilihan saat sedang sibuk dan bingung memilih makanan. Nah, agar rasanya lebih lezat, kamu bisa coba membuat resep nasi goreng ayam spesial satu ini. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng ayam spesial ini pun tidak banyak. Kamu juga bisa membuatnya hanya dalam waktu 20 menit. 

Ruparupa Banner

Tenang, rasanya akan seperti masakan di restoran, asalkan kamu mengikuti resepnya dengan benar. Simak, yuk.

Bahan-bahan

  • 2 porsi nasi
  • 2 butir telur
  • 4 butir bakso ikan
  • 50 gram daging ayam
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 batang daun bawang
  • 1 buah cabai merah keriting
  • ½ sdm kecap asin
  • 2 sdm kecap ikan
  • 1 sdm kecap manis
  • ½ sdm gula pasir
  • 1 sdm saus tiram
  • ½ sdt merica
  • Secukupnya kaldu bubuk
  • ½ sdm margarin
resep nasi goreng
Sumber: unsplash.com

Cara Membuat Nasi Goreng Ayam

Setelah semua bahan sudah kamu siapkan, selanjutnya kamu cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat nasi goreng ayam yang lezat. Yuk, mari kita mulai.

1. Potong-potong bakso ikan, daging ayam, dan daun bawang dengan ukuran sesuai selera. Kamu bisa mengirisnya tipis agar isian nasi goreng terlihat lebih banyak. 

2. Selain itu, iris tipis bawang merah dan bawang putih, serta cabai.

Baca Juga:   10 Ide Menu Makanan Manis untuk Buka Puasa

3. Lalu, panaskan minyak di dalam wok atau wajan dengan menggunakan api besar. Setelah panas, tumis ayam hingga warnanya menjadi putih, lalu masukkan bakso ikan. Aduk sebentar dan sisihkan ke dalam wadah terpisah. 

4. Pada wajan yang sama, masukkan sedikit minyak dan orak-arik telur sampai mengering dan minyak berbuih. Tambahkan irisan bawang, lalu tumis sampai tercium harum. 

5. Tambahkan kecap ikan, tumisan bakso dan daging ayam yang telah ditumis tadi. Masukkan juga irisan cabai dan daun bawang (sisakan sedikit). Aduk sampai tercampur rata. 

6. Setelah rata, kamu dapat memasukkan nasi, kecap asin, kecap manis, saus tiram, gula, merica, serta kaldu bubuk. Lalu, aduk sampai semua bumbu tercampu rata. 

7. Tambahkan sisa daun bawang dan margarin ke nasi goreng. Aduk sebentar, lalu matikan kompor. 

8. Angkat dan nasi goreng siap dihidangkan di atas piring.

Mudah sekali, bukan, Ruppers? Resep nasi goreng ayam spesial ini juga bisa jadi menu sahur dan buka puasa saat bulan ramadan nanti, lho.

Kreasi Nasi Goreng

Nasi goreng adalah salah satu menu makanan yang cukup fleksibel sehingga kamu dapat menambahkan topping apa saja yang ke dalamnya. Kamu bisa menambahkan telur dadar atau mata sapi, sosis, udang, daging sapi, dan lain-lain. 

Baca Juga:   Resep Soto Ayam Bening, Gurih dan Nikmat

Bahkan, di Jepang ada nasi goreng yang terkenal, yaitu omelette fried rice. Nasi goreng ini berbalut omelet atau telur dadar ini disajikan dengan siraman saus tomat. 

Di Thailand, nasi goreng nanas cukup terkenal. Kamu juga dapat membuat yang serupa dengan menambahkan potongan nanas pada nasi goreng untuk memberikan rasa asam manis yang lezat. 

Jadi, jangan ragu untuk berkreasi dengan masakan kamu ya, Ruppers! Siapa tahu masakan kamu akan menjadi menu favorit banyak orang.

Tentunya, untuk membuat hidangan yang lezat, kamu memerlukan peralatan masak dan perlengkapan dapur berkualitas, seperti wajan dan spatula berikut ini. 

 

Tramontina 30 Cm Wajan Dengan Tutup Kaca
Tramontina 30 Cm Wajan beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Joseph-joseph Elevate Spatula Slotted Nilon
Joseph-joseph Elevate Spatula beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

 

Kamu juga akan membutuhkan talenan dan pisau yang tajam, seperti yang berikut ini untuk menyiapkan bahan-bahan masakan. 

Krischef Set 2 Pcs Talenan Bambu
Krischef Set 2 Pcs Talenan Bambu beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Krischef Set 7 Pcs Pisau Dapur - Hitam
Krischef Set 7 Pcs Pisau Dapur beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Nah, kamu dapat menemukan semua peralatan dapur tersebut hanya di Ruparupa.com, lho.

Situs belanja online ini juga menjual berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain. 

Dengan berbelanja melalui Ruparupa, kamu juga bisa mendapatkan berbagai promo menarik sehingga belanja jadi lebih hemat. Tunggu apa lagi? Belanja sekarang, yuk!