Jenis talang air – Benda yang satu ini menjadi benda yang paling penting dalam membangun rumah atau hunian. Yaps, talang air. Tanpa kehadiran benda yang satu ini, air hujan yang jatuh tidak bisa mengalir ke tempat pembuangan air sehingga menyebabkan banjir atau bisa saja menyebabkan kebocoran pada atap Anda.

Sama hal nya dengan atap rumah, benda yang satu ini atau talang air ini memiliki beragam jenis loh. Apa saja yah? Simak yuk, jenis talang air.

Promo hari ini

Talang air pvc

id.pinterest.com/pin/429249408222242515

Talang air pvc menjadi jenis talang air yang cukup populer di Indonesia. Harganya pun tak kalah murah dengan harga talang air jenis lainnya. Pemasangan talang air pvc ini cukup mudah karena bobotnya yang tidak terlalu berat alias ringan. 

Talang air pvc ini tidak akan berkarat dan tidak berisik karena terbuat dari material plastik. Namun karena materialnya plastik, talang air ini cukup rentan terhadap perubahan cuaca sehinga talang air lebih cepat retak atau patah. Maka dari itu, Anda harus menggantinya setiap 2-3 tahun sekali atau disaat talang air sudah mulai rusak.

Talang air logam

wallpaperflare.com

Talang air logam terdiri dari beberapa material seperti seng, aluminium, dan galvalum. Bahan seng yang fleksibel berguna untuk membentuk atap sehingga dapat mengalirkan air hujan dengan efektif. Harga talang air logam ini juga relatif lebih murah dari pada talang air dengan material lainnya.

Materialnya yang terbuat dari seng membuat talang air ini mudah berkarat. Namun dengan adanya material galvalum yang memiliki lapisan anti karat sehingga lebih tahan lama dari seng. Proses pemasangan talang air logam ini sangat mudah, tetapi ketika hujan akan menghasilkan suara yang berisik.

Talang air beton

Shutterstock.com

Jenis talang air terakhir ini merupakan talang air pertama sebelum adanya talang air pvc dan logam. Daya tahan talang air yang satu ini tentu tidak diragukan lagi. Talang air beton jauh lebih awet dan tahan lama. Perawatannya yang mudah,kapasitas tampungan air yang besar, dan suaranya yang tidak berisik menjadi keunggulan material ini. 

Namun, talang air jenis ini memerlukan perencanaan pemasangan yang sangat lama. Desainnya harus dibuat sesuai dengan bentuk atap hunian Anda serta memiliki bobot yang sangat berat sehingga proses pengerjaannya lama dan biaya pemasangannya juga tentu lebih mahal di bandingkan talang air pvc dan talang air beton.

Selain mengenal jenis talang air, tentu Ruppers harus mengetahui nih tips dalam memasang talang air berikut ini.

Ukuran yang tepat

Ukuran menjadi hal penting dalam menerapkan talang air pada hunian Anda. Jika ukuran talang air terlalu kecil, saluran air akan mengalami kelebihan beban dan menyebabkan kerusakan pada struktur hunian Anda. Untuk mendapatkan ukuran yang akurat, Anda perlu mempertimbangkan ukuran atap dan curah hujan di area tempat tinggal Anda.

Gantungan talang air yang berdekatan

Gantungan talang air harus ditempatkan berdekatan dan tentunya dipasang secara benar. Jika Anda memberikan terlalu banyak ruang atau jarak di antara talang air dan gantungan, talang air akan mudah melorot dan menyebabkan air menggenang. Hal ini akan mengakibatkan air tidak mengalir dengan baik.

Hindari rusak saat pemasangan

Dalam proses pemasangan harus dilakukan secara benar. Jika Anda memasang talang air logam, usahakan agar tidak ada talang air yang jatuh secara tidak sengaja. Jika talang air jatuh saat pemasangan dan ada bagian talang air yang rusak walaupun sedikit, Anda perlu mengganti seluruh bagian untuk menghindari kerusakan lebih banyak dikemudian hari.

Tentukan titik

Tentukan titik awal atau titik tertinggi pada jalur pemasangan. Lalu tentukan titik akhir lokasi pipa tegak yang memungkinkan satu pipa tegak dialiri dua talang berbeda. Jangan lupa tentukan titik akhir pemasangan talang air dengan kemiringan 0,5 inci. Setelah menentukan titik, tariklah garis tertinggi ke garis terendah.

Cek

Tips yang terakhir tentunya adalah melakukan pengecekkan. Cek apakah air akan mengalir dengan lancar atau tidak. Anda dapat mengeceknya dengan cara selang yang di alirkan pada talang air. Jika air tidak lancar, maka ada kesalahan pada proses pemasangan talang air.

Dalam mengenal jenis dan tips memasang talang air, tentu harus didukung dengan perawatan yang benar juga yah Ruppers. Pilih lah jenis talang air yang tepat untuk kebutuhan hunian Anda.

Promo sepeda