6 Cara Ampuh Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil

0
1128
https://unsplash.com/photos/WIlBF2mABYM

Berkendaraan dengan mobil bisa memengaruhi kebersihannya. Nah, salah satu komponen yang paling rawan kotor adalah kaca mobil. Apalagi, ketika terjadi perubahan cuaca yang cukup ekstrim.

Seperti tiba-tiba hujan, lalu panas terik. Kondisi ini bisa membuat mobil jadi lebih lembap, terutama bila tidak sempat dibersihkan sebelum mengering. Bila dibiarkan terus menerus, lambat laun bisa menimbulkan jamur pada kaca mobil.

Ruparupa Banner
Sumber: flickr.com

Cara Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil

Selain mengganggu penampilan mobil, kondisi ini juga dapat mengganggu visibilitas dan kenyamanan saat berkendara.

Lantas, bagaimana cara mengatasi jamur pada kaca mobil? Kamu bisa mengikuti enam cara ampuh menghilangkan jamur pada kaca mobil berikut ini.

1. Gunakan pembersih khusus kaca mobil

Bila ingin membersihkan mobil sendiri di rumah, kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk mengatasi jamur yang sudah membandel pada kaca.

Namun, saat membersihkannya, kamu harus memperhatikan beberapa komponen alat yang digunakan. Hindari memakai alat pembersih mobil yang terlalu keras karena bisa menggores kaca.

Periksa juga bilah karet pada wiper. Jika sudah tidak mampu membersihkan dengan sempurna, maka kamu perlu menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga:   6 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi, Mudah dan Efektif

Nah, kamu bisa menggunakan kain lap mikrofiber atau kanebo yang memiliki permukaan halus, seperti rekomendasi kami berikut ini.

 

Kain lap mikrofiber dengan permukaan halus dan daya serap air yang tinggi. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

ACE Kanebo dengan tekstur lembut sehingga tidak akan menggores permukaan mobil. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

2. Air soda 

Percaya atau tidak, minuman bersoda bisa bekerja menghilangkan kerak jamur membandel pada mobil. Cara ini ternyata telah digunakan sejak lama pada beberapa kalangan karena dianggap lebih mudah dan hemat.

Tenang saja, teknik ini tidak berpotensi merusak lapisan kaca. Kamu cukup bersihkan basahi kain dengan minuman bersoda dan usap perlahan pada bagian yang berjamur. Voila! Setelah dibilas, kaca pun kembali bersih bersinar.

3. Pasta gigi

Selain air soda, kamu juga bisa memanfaatkan pasta gigi, loh. Pasalnya, pasta gigi memiliki kandungan pemutih hidrogen peroksida yang efektif membunuh jamur membandel.

Caranya, cukup oleskan pasta gigi pada bagian berjamur. Tunggu selama 2-3 menit, setelah itu bersihkan dengan kain basah.

4. Alkohol

Tidak hanya untuk membersihkan luka, tetapi alkohol juga baik dan aman untuk membersihkan jamur di kaca mobil.

Teknik membersihkannya juga sama dengan menggunakan pasta gigi. Namun, pastikan kamu tidak menggosok permukaan kaca secara kasar untuk menghindari munculnya bercak goresan.

5. Pemutih pakaian

Kandungan kimia pada pemutih pakaian juga bisa membantu menghilangkan noda jamur pada kaca mobil.

Baca Juga:   Ketahui 11 Jenis dan Fungsi Panci serta Wajan Ini!

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menuangkan pemutih pakaian pada kain bersih. Kemudian, gosokkan pada area kaca mobil yang terkena jamur secara perlahan.

6. Cuka apel

Tentunya, kamu sudah tidak asing lagi dengan bumbu dapur yang satu ini. Ya, cuka apel juga efektif untuk membersihkan jamur membandel.

Namun, pastikan untuk menutup permukaan kaca dengan koran atau penutup khusus untuk meminimalisir pertumbuhan jamur baru.

Sebagai langkah pencegahan, kamu bisa mengolesi kaca mobil dengan rain clear, seperti rekomendasi kami di bawah ini.

Langkah ini akan membantu menjaga kebersihan kaca mobil disaat hujan melanda. Namun, pastikan untuk melakukan pelapisan ulang secara rutin agar hasilnya tetap maksimal, ya.

Rain clear cairan pelindung kaca mobil saat berkendara di musim hujan. Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Stoner pembersih kaca mobil tanpa bekas goresan. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Nah, itu dia enam cara mudah yang bisa kamu coba untuk menghilangkan jamur membandel pada kaca mobil.

Kamu bisa menemukan aneka perlengkapan aksesoris mobil terlengkap hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menjual aneka kebutuhan rumah tangga dan furnitur berkualitas dari Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Selamat membersihkan mobil dari jamur membandel.