7 Minuman Hangat yang Cocok Buat Musim Hujan

0
1497
minuman hangat
Sumber: unsplash.com

Memasuki musim hujan tentunya suhu udara jadi lebih dingin. Tidak heran jika musim hujan sering kali menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit, seperti demam, flu, pilek, batuk, dan sebagainya.

Hal ini tidak lain karena sistem metabolisme tubuh yang belum siap menghadapi perubahan cuaca saat musim hujan. Untuk mengatasi perubahan suhu dingin saat hujan, kita perlu menjaga tubuh tetap hangat. 

Ruparupa Banner

Nah, salah satu cara yang bisa kita lakukan, yaitu dengan mengonsumsi minuman hangat.

Lantas, Apa Saja Jenis Minuman Hangat yang Cocok untuk Cuaca Hujan?

Selain dapat menghangatkan tubuh, minuman hangat juga dapat menambah energi untuk beraktivitas, lho. Nah, berikut jenis minuman hangat yang bisa jadi pilihan buat kamu.

1. Wedang Jahe

minuman hangat wedang jahe
Sumber: freepik.com

Bagi pencinta minuman tradisional, tentunya tidak akan melewatkan minuman satu ini saat musim hujan. Wedang jahe adalah minuman yang terbuat dari jahe dan gula merah yang diseduh dengan air panas. Minuman ini bisa menenangkan batuk dan pilek .

Cara membuatnya pun cukup mudah. Cukup siapkan 1 ruas jahe yang sudah digeprek, lalu panggang hingga kecoklatan. Kemudian, seduh dengan gula merah dan air panas secukupnya. Wedang jahe siap untuk kamu minum untuk menghangatkan tubuh.

Selin membuatnya langsung, kamu juga bisa menggunakan minuman jahe siap saji, seperti berikut ini.

2. Wedang Uwuh

minuman hangat wedang uwuh
Sumber: freepik.com

Dalam bahasa jawa, wedang berarti “minuman” dan uwuh adalah “sampah”. Arti sampah sendiri sebenarnya menggambarkan bentuk rempah-rempah yang tampak berantakan ketika kamu seduh.  

Beberapa jenis rempah yang digunakan dalam minuman ini, seperti jahe, kapulaga, cengkeh, kayu manis, serai, gula batu, dan masih banyak lagi.

3. Minuman Hangat Bandrek

bandrek
Sumber: Pexels.com

Bandrek merupakan minuman hangat yang berasal dari daerah Sunda. Walaupun awalnya bandrek hanya memerlukan jahe dan gula merah, tetapi banyak daerah yang meningkatkan efek hangat pada minuman tersebut dengan tambahan bahan lainnya.

Beberapa bahan yang ditambahkan ke bandrek adalah merica, pandang, serai ,serta telur ayam kampung. Bahkan, di beberapa daerah, ada yang menambahkan susu untuk menciptakan rasa manis dan gurih.

4. Liang Teh

liang teh
Sumber: freepik.com

Minuman hangat yang cocok untuk cuaca hujan kali ini berasal dari negeri China, yaitu liang teh atau liongcha. Walaupun dari namanya mengandung unsur teh, tetapi minuman hangat ini tidak menggunakan daun teh. 

Liang teh  adalah minuman untuk menghangatkan tubuh yang memakai bahan kayu manis cina, alang-alang, serta bunga krisantemum. Banyak yang percaya bahwa minuman ini dapat mengatasi panas dalam penyebab sakit tenggorokan.

5. Minuman Hangat Bajigur

bajigur
Sumber: unsplash.com

Beralih ke Jawa Barat, kali ini ada minuman tradisional yang terkenal karena bisa menghangatkan tubuh di kala cuaca hujan, yaitu bajigur. Minuman ini identik dengan perpaduan hangat dari jahe, gula merah, dan santan gurih. 

Perpaduan yang menggiurkan, bukan? Agar lebih nikmat, kamu bisa menyantap minuman ini dengan tambahan camilan, seperti jagung rebus, singkong, kacang, dan sebagainya.

Baca Juga:   Serius Hadapi Musim Hujan

6. Kopi Jahe

kopi jahe
Sumber: unsplash.com

Mayoritas masyarakat Indonesia tidak bisa melepaskan kebiasaan minum kopi sebelum beraktivitas. Sayangnya, kopi biasa tidaklah cukup untuk menghangatkan tubuh di kala musim hujan yang dingin. 

Untuk itu, kamu bisa mencoba untuk mencampurkan kopi dengan potongan jahe geprek panggang sebagai minuman penghangat tubuh sebelum memulai aktivitas.  Kopi jahe juga bisa menjaga kesehatan usus dan meredakan nyeri pada otot.

7. Cokelat Hangat

Jika rekomendasi di atas lebih cocok untuk orang dewasa, kali ini kita akan membahas minuman hangat favorit segala usia saat cuaca sedang hujan, yaitu cokelat hangat. 

Walaupun begitu, hindari untuk minum cokelat hangat setiap harinya. Selain itu, pastikan takaran cokelat hangat tersebut tidak melebihi jumlah kalori harian. 

coklat hangat
Sumber: unsplash.com

Nah, itulah beberapa rekomendasi minuman hangat yang cocok kamu minum saat cuaca hujan agar tubuh tidak kedinginan. 

Membuat minuman hangat tentu saja tidak bisa menggunakan gelas plastik biasa. Untuk itu, kamu perlu menggunakan gelas kaca tebal yang tidak akan membuat tangan kamu kepanasan, seperti rekomendasi berikut ini.

 

minuman hangat Appetite Set 6 Pcs Hayley Teko & Cangkir Teh
Appetite Set 6 Pcs Hayley Teko & Cangkir Teh

Beli di sini

minuman hangat Appetite 250 Ml Set 2 Pcs Nexa Gelas Double Wall
Appetite 250 Ml Set 2 Pcs Nexa Gelas Double Wall

Beli di sini

minuman hangat Selma 380 Ml Mug Camerin
Selma 380 Ml Mug Camerin

Beli di sini

minuman hangat Appetite 360 Ml Sieben Set 2 Pcs Mug Dengan Sendok Marble
Appetite 360 Ml Sieben Set 2 Pcs Mug Dengan Sendok

Beli di sini

Miliki gelas kekinian
hemat hingga 50% klik di sini

Seluruh produk gelas di atas bisa kamu beli hanya di ruparupa.com. Di situs ini, kamu juga bisa membeli perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Ataru, dan lain-lain.