Mau Liburan Lebih Murah? Lakukan 8 Cara Ini!

0
513
Sumber: Freepik

Setelah pembatasan wilayah mulai dilonggarkan, banyak orang melakukan perencanaan dan persiapan liburan luar kota dan luar negeri.

Tentu, persiapan liburan tersebut harus tetap direncanakan secara matang. Tidak hanya menyiapkan berbagai kebutuhan pribadi, menentukan bujet liburan juga menjadi hal yang penting.

Ruparupa Banner

Tenang, liburan tidak melulu harus mengeluarkan biaya yang besar. Kita pun bisa pergi liburan dengan bujet terbatas.

Lalu, bagaimana cara bisa liburan lebih murah?

Menjawab pertanyaan tersebut,  kami punya tips liburan murah yang bisa kamu lakukan seperti berikut ini.

1. Tentukan destinasi wisata

Hal pertama untuk membuat liburan lebih murah adalah menentukan destinasi wisata dari jauh hari. Jadinya, kamu bisa mulai menghitung biaya liburan tersebut.

Hal ini akan memudahkan kamu untuk membuat perincian anggaran liburan. Misalnya, kamu ingin pergi ke Singapura, kamu membuat perincian bujet, mulai dari harga tiket pesawat, hotel, serta tempat yang ingin kamu kunjungi.

liburan lebih murah
Sumber: Freepik

2. Menghitung total pengeluaran

Setelah mengetahui berbagai keperluan, nominal makanan harian, akomodasi, hingga harga tiket, maka hal selanjutnya adalah melakukan penghitungan biaya total.

Baca Juga:   Berkendara Aman Bersama si Kecil

Jika ternyata total biaya lebih dari perkiraan atau dana yang kita miliki, maka bisa kamu lakukan pengurangan pengeluaran dengan membuat skala prioritas.

3. Beli tiket jauh-jauh hari

Tips liburan murah berikutnya adalah beli tiket dari jauh-jauh hari, baik tiket pesawat, kereta, ataupun kapal.

Pembelian di saat low season tentu akan lebih murah. Selain itu, harga tiket jauh lebih lebih murah ketika kamu membelinya dari jauh hari.

Jadi, cek kalender libur dan pastikan tidak ada urusan yang mendesak  sebelum membeli tiket.

liburan lebih murah
Sumber: Freepik

4. Cari promo tiket di bazaar wisata

Cara lain untuk mendapatkan harga tiket terjangkau untuk liburan lebih murah adalah dengan mengikuti bazaar atau pameran wisata. Biasanya, acara ini kerap diadakan di pertengahan dan akhir tahun.

5. Pilih tanggal liburan di low season

Agar liburan jadi lebih murah, pilih tanggal keberangkatan saat low season. Biasanya, low season di Indonesia ditetapkan pada bulan September hingga awal Desember.

Selain harga tiket lebih murah, liburan di saat low season juga lebih menyenangkan. Soalnya, destinasi wisata yang akan kita kunjungi bisa lebih sepi daripada waktu liburan.

6. Buat daftar tempat tujuan

Tips berikutnya adalah membuat daftar tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. Bila kamu liburan ke luar negeri, kamu bisa membeli tiket wisata sebelum berangkat. Sebaiknya, pilih tempat wisata yang gratis ketimbang yang berbayar.

Baca Juga:   5 Tips Tetap Sehat Selama Lebaran

Jadinya, kamu bisa mengalokasikan bujet untuk keperluan makan dan belanja selama liburan.

7. Pergi bersama teman

Bila kita pergi bersama teman dan keluarga, tentu akan jauh lebih murah ketimbang pergi sendirian. Soalnya, kita bisa membagi rata untuk biaya makan dan akomodasi selama berada di tempat liburan tersebut.

8. Gunakan rekening terpisah

Agar tabungan liburan kamu tidak terusik, ada baiknya kamu menggunakan rekening tabungan yang terpisah. Hal ini untuk menghindari penggunaan tabungan liburan untuk keperluan lain.

liburan lebih murah
Sumber: Pixabay

Nah, itu tadi beberapa cara membuat liburan lebih murah. Bagi kamu yang sedang melakukan perencanaan liburan, lengkapi dulu perjalanan liburan kamu dengan  rekomendasi produk buat vacation di bawah ini.

koper
Supercase 24 Inci Koper Cotton Candy – Biru

Beli di sini

masker
S Sip Set 5 Pcs Masker Anti Virus Kn95 – Hitam

Beli di sini

hand sanitizer
Pureco 60 Ml 70% Alkohol Hand & Surface Sanitizer

Beli di sini

tas travel
Reisenthel Ukuran L Tas Travel All Rounder Mt7033

Beli di sini

dapatkan produk perjalanan, mulai dari koper, tas, alat kesehatan, dan lainnya hanya ada di ruparupa.com.

Situs belanja online ini menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dan keluarga terlengkap dan terjamin kualitasnya dari brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Infoma, Selma, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan penawaran khusus dengan potongan harga menarik dan tentunya ada kemudahan pembayaran dengan metode cicilan bebas bunga, loh. Yuk, buruan belanja.