8 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

0
1080
manfaat alpukat untuk ibu hamil
sumber: unsplash.com

Masa tumbuh kembang janin menjadi hal yang sangat penting saat kehamilan. Inilah yang membuat asupan ibu hamil akan sangat berpengaruh pada sang janin. Salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah avokad atau alpukat. Ingin tahu alasannya?Yuk, simak manfaat alpukat untuk ibu hamil berikut ini.

Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

Berikut berbagai manfaat alpukat untuk ibu hamil.

manfaat alpukat untuk ibu hamil

sumber: unsplash.com

1. Kaya Akan Lemak Sehat

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal sehingga dapat membantu Anda meningkatkan asupan lemak, tanpa adanya dampak negatif pada tubuh.

Selain itu, alpukat juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, yang sangat bermanfaat untuk janin dalam kandungan ibu hamil. Berbagai nutrisi di dalam alpukat ini juga bisa mencegah cacat lahir pada bayi .

2. Baik untuk Pencernaan

Mengalami sakit perut dan sembelit adalah hal yang sangat wajar dalam masa kehamilan. Untuk mengatasinya, ibu hamil bisa mengonsumsi buah berwarna hijau satu ini.

Alpukat yang kaya akan serat dan magnesium, dapat membantu pencernaan menjadi lebih baik. Jadinya, buang air besar pun bisa lebih lancar.

Baca Juga:   6 Tips Membuat Anak Menyukai Makanan Sehat

3. Membantu Mengatasi Mual Pada Pagi Hari

Morning sickness memang kerap membuat ibu hamil merasa sangat lelah sepanjang trimester pertama. Nah, kandungan vitamin C dan B6 pada alpukat bisa bermanfaat untuk menurunkan gejala mual pada pagi hari.

Anda bisa mengonsumsinya dengan roti dan menjadikannya jus alpukat agar terasa lebih nikmat.

4. Dapat Meredakan Kram Pada Kaki

Ternyata, buah ini mengandung lebih banyak kalsium bila dibandingkan dengan pisang, lho. Kalium dan kalsium dalam alpukat sangat bermanfaat untuk membantu meringankan kram.

Terlebih, kram kaki memang sering muncul dalam masa kehamilan. Tentu, rasa sakitnya ini kerap mengganggu aktivitas. Nah, Anda bisa meredakannya dengan mengonsumsi buah alpukat.

5. Bagus Dikonsumsi Penderita Anemia

Mudah merasa lelah, pusing, dan detak jantung tidak teratur merupakan beberapa ciri-ciri dari anemia. Kondisi ini juga sering terjadi pada ibu hamil. Hali tersebut terjadi karena ibu hamil lebih mudah mengalami kekurangan zat besi.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengonsumsi buah alpukat, yang kaya akan kandungan zat besi sehingga bisa memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh.

6. Kaya Akan Antioksidan

Tubuh kita memerlukan antioksidan untuk melindungi sel-sel dari kerusakan. Nah, satu buah alpukat ternyata kaya akan kandungan antioksidan karotenoid lutein. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk perkembangan mata dan fungsi otak janin.

Baca Juga:   10+ Menu Makanan Sehat Bergizi

7. Meningkatkan Perkembangan Otak Janin

Dalam masa pertumbuhan janin, mereka membutuhkan lemak untuk mengembangkan otaknya. Dalam satu cangkir alpukat ternyata mengandung 22 mg kolin dan zat besi, yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan berbagai saraf bayi. Tidak hanya itu, kandungan zat besi dalam buah ini juga baik untuk sel darah merah.

8. Menurunkan Risiko Kenaikan Berat Badan Berlebih 

Banyak orang yang kerap melakukan diet yang juga ramah untuk bayi. Dengan alpukat, Anda tidak perlu repot mencari cara diet yang aman untuk bayi. Apalagi, Anda bisa menyantap buah ini dengan berbagai cara, baik dibuat jus ataupun sebagai pelengkap roti tawar.

Yuk, buat berbagai kreasi dari buah alpukat dan berikan asupan terbaik untuk si jabang bayi.

Anda juga bisa mengelola buah tersebut menjadi kreasi makanan yang lezat dengan menggunakan peralatan masak terbaik. Tenang, Anda bisa menemukan produk rumah tangga berkualitas hanya di Ruparupa, lho.

Kami juga memiliki beberapa rekomendasi peralatan rumah tangga yang bisa Anda dapatkan hanya di Ruparupa.com. Simak, yuk.

ear Sport Blender & Tumbler 400 Ml + 350 Ml 150 W
ear Sport Blender & Tumbler 400 Ml + 350 Ml 150 W – Ukurannya kecil membuat penggunaan dan penyimpanannya menjadi jauh lebih mudah.

Beli di sini

Apramo Seat Belt Pelindung Ibu Hamil Cuddle Bumper
Apramo Seat Belt Pelindung Ibu Hamil Cuddle Bumper – Kurangi risiko cedera pada ibu hamil dan janin saat terjadi kecelakaan.
manfaat alpukat untuk ibu hamil
Kris Sterilizer Botol Susu 600w – Menjelang kelahiran anak tersayang, jangan lupa siapkan berbagai peralatan tambahan untuk keperluannya. Gunakan sterilizer botol susu ini, agar botol lebih aman digunakan oleh anak Anda nantinya.

Beli di sini

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, belanja sekarang dan jangan lewatkan berbagai promo menariknya.