4 Cara Mencuci Alat Peras Buah Agar Bebas Dari Kotoran dan Bakteri

0
1687

Jeruk termasuk salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Tidak heran bila buah warna kuning satu ini menjadi favorit banyak orang. Selain dapat dikonsumsi langsung, kita juga bisa mengambil sari buah jeruk memakai alat peras buah.

Alat pemeras buah satu ini termasuk perlengkapan dapur serbaguna yang bisa jadi andalan. Soalnya, bisa memudahkan kita dalam mengambil sari dari jeruk. Jadi, kita bisa minum secangkir es jeruk segar dengan lebih nikmat.

Ruparupa Banner

Umumnya, model alat pemeras buah ada dua macam, yaitu elektrik dan manual.

Untuk model alat pemeras buah elektrik, biasanya lebih praktis karena kita hanya perlu meletakkan buah di atas pemeras. Sedangkan untuk alat peras buah manual, kita perlu memerasnya sendiri.

Apa pun model alat  peras buah yang kita pilih, kebersihan setelah digunakan menjadi hal yang penting. Soalnya, alat dapur yang tidak dicuci dengan benar bisa menjadi sarang bakteri.

Lantas, Bagaimana Cara Mencuci Alat Pemeras Buah?

Untuk menjawab kebingungan kamu tesebut, berikut langkah mencuci alat pemeras buah dengan mudah yang bisa kamu ikuti.

1. Lepaskan Seluruh Bagian Alat Pemeras Buah

Pertama-tama, kita perlu melepas seluruh bagian alat pemeras buah, dari wadah hingga pemerasnya. Jadinya, kita bisa membersihkan seluruh bagian dengan lebih optimal.

2. Bersihkan Sisa Buah di Air Mengalir

Jika sudah dilepas, kamu bisa membersihkan sisa-sisa buah yang masih menempel di sudut wadah dan pemeras. Agar maksimal, kamu bisa mencucinya tepat di bawah air mengalir.

3. Sikat Bagian Pemeras

Meskipun sudah dicuci di bawah air mengalir, bukan berarti alat pemeras sudah bersih sepenuhnya. Kita perlu menyikat bagian pemerasnya dengat spons lembut atau sikat gigi supaya bisa menjangkau sudut yang sulit.

Baca Juga:   4 Fungsi Table Runner dan Tips Memilihnya untuk di Rumah

Selain bagian luar, bagian dalam pemerasnya juga perlu kamu bersihkan. Dengan begitu, alat pemeras buah bisa benar-benar bebas dari sisa kotoran.

4. Gunakan Air Sabun pada Wadahnya

Rasanya kurang lengkap jika kita tidak mencucinya dengan sabun. Apalagi, wadah alat ini menjadi bagian penting untuk menampung hasil perasan buah. Oleh sebab itu, kamu bisa memakai sabun pencuci piring yang lembut untuk menggosok bagian wadahnya.

Jika bagian pemeras dan wadahnya sudah dibersihkan, kamu bisa langsung membasuhnya lagi dengan air bersih. Setelah itu, keringkan alat pemeras buah dengan cara meletakannya di rak piring. Kalau sudah kering, kamu bisa memakai alatnya kembali.

cara mencuci alat pemeras buah
Alat pemeras buah yang bersih bisa kamu gunakan untuk menghasilkan sari buah yang sehat

Itu dia keempat cara mencuci alat pemeras buah yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Rekomendasi Alat Peras Buah Terbaik

Sekarang, kamu sudah mengetahui cara mencuci alat pemeras buah dengan baik. Nah, kami punya rekomendasi beberapa alat peras buah terbaik yang bisa didapatkan dari situs ruparupa.com.

1. Alat Pemeras Buah Appetite

Appetite menghadirkan alat pemeras buah yang bahannya terbuat dari plastik ABS atau plastik dengan daya tahan tinggi. Kamu bisa menggunakan alat ini untuk mendapatkan sari dari buah jeruk atau lemon.

Berikut ini rekomendasi alat pemeras buah dari Appetite seharga Rp20 ribuan yang bisa kamu dapatkan.

 

alat peras jeruk
Appetite Lotty Pemeras Buah – Hijau

Beli di sini

cara mencuci alat pemeras buah
Appetite Lotty Pemeras Buah – Oranye

Beli di sini

2. Prun Pemeras Buah Mini

Alat pemeras buah ini juga memiliki gelas penampungan yang cukup tinggi dengan bahan plastik. Tak perlu khawatir, plastiknya sudah memiliki label bebas BPA atau bebas dari zat kimia sehingga aman untuk digunakan sehari-hari.

Baca Juga:   Urban Farming, Menguntungkan bagi Kita dan Bumi

 

alat peras jeruk
Appetite Prun Pemeras Buah Mini

Beli di sini

3. Pemeras Buah dengan Stoples

Kilner merupakan merek asal Inggris yang menawarkan berbagai perlengkapan dapur, termasuk alat pemeras buah. Uniknya, alat ini memiliki wadah yang menyerupai stoples berbahan kaca sehingga jadi multifungsi.

Tutupnya pun kedap udara sehingga aman jika kamu ingin meletakkan berbagai makanan atau minuman di bagian wadahnya.

 

cara mencuci alat pemeras buah
Kilner Set 500 Ml Stoples Dengan Pemeras Buah

Beli di sini

4. Alat Pemeras Jeruk Elektrik Bear

Kalau tidak ingin repot, kamu bisa memilih alat peras yang jenisnya elektrik. Ada 5 tingkat kecepatan putaran yang bisa kamu pilih dan sesuaikan. Meskipun tidak memeras dengan kekuatan sendiri, sari buah yang dihasilkan juga tetap banyak dan maksimal.

alat peras buah
Bear 400 Ml Pemeras Jeruk Elektrik 30 watt

Beli di sini

5. Kris Pemeras Jeruk Elektrik

Alat peras buah merek Kris memiliki kapasitas yang beragam, seperti 500 ml hingga 800 ml. Kamu hanya memerlukan daya listrik sebesar 30 watt untuk mengaktifkannya. Tenang saja, alat peras dari Kris tahan lama untuk digunakan karena terbuat dari plastik dan tidak mudah pecah.

alat peras buah
Kris Pemeras Jeruk Elektrik

Beli di sini

alat peras buah
Kris Pemeras Jeruk Elektrik 800 Ml

Beli di sini

Miliki perlengkapan dapur terbaik
hemat Hingga 50% klik di sini

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya, mulai dari perabot kamar tidur, alat kebersihan, hingga alat perkakas dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, Krisbow, dan masih banyak lagi.