7 Jenis Buah Terbaik untuk Diet dan Efektif Turunkan Berat Badan

0
577
buah untuk diet
Sumber: unsplash.com

Saat sedang dalam proses penurunan berat badan, kita tidak dapat terlepaskan dengan konsumsi buah. Apalagi, buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Selain itu, buah juga bisa membuat kita lebih kenyang, lho.

Namun, kita perlu memilih buah dengan nutrisi terbaik. Beberapa buah yang harus kamu hindari saat diet, seperti durian, mangga, dan leci. 

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Saja Buah yang Baik Untuk Diet?

Berikut ini beberapa buah untuk diet yang bisa kamu konsumsi saat dalam proses penurunan berat badan. 

1. Apel

buah untuk diet apel
Sumber: unsplash.com

Jika berbicara tentang buah favorit, pasti kebanyakan orang akan menjawab apel. Rasanya yang manis dan menyegarkan bisa menjadi camilan tepat bagi pencinta buah.  

Apel memiliki kandungan serat yang tinggi sekaligus rendah kalori. Namun, pastikan memakan buah apel secara utuh, bukan diolah menjadi jus. Soalnya, buah apel bisa membuat kita cepat kenyang dan mengendalikan nafsu makan. 

2. Buah Beri

buah untuk diet beri
Sumber: unsplash.com

Tahukah kamu kalau ternyata buah beri bisa menjadi buah untuk diet sekaligus pembangkit energi tubuh, lho. Bahkan, buah beri juga dapat menjadi makanan penurun kolesterol tinggi, menurunkan tekanan darah, dan meringankan peradangan. 

Agar lebih lezat, kamu juga bisa mencampurkan buah beri dengan sereal, yogurt, smoothies, dan salad.

3. Kiwi

buah untuk diet kiwi
Sumber: unsplash.com

Kiwi adalah buah dengan banyak vitamin, seperti vitamin C, vitamin E, dan serat yang baik bagi tubuh.  Dengan mengonsumsi buah kiwi, kamu bisa melengkapi kebutuhan vitamin C dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi lingkar pinggang hingga 3 cm.

Baca Juga:   Urban Farming, Menguntungkan bagi Kita dan Bumi

Tidak hanya itu, buah kiwi juga bisa membantu mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol tinggi, dan membantu proses penurunan berat badan. 

4. Melon

buah untuk diet melon
Sumber: unsplash.com

Melon adalah buah untuk diet dengan kandungan air tinggi dan rendah kalori sehingga cocok untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan.

Buah satu ini juga mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh, mulai dari vitamin C, potasium, antioksidan, hingga serat.  Namun, pastikan mengonsumsinya secara utuh. Kamu bisa mencampurkannya dengan yogurt dan salad buah.

5. Jeruk

buah untuk diet jeruk
Sumber: unsplash.com

Buah yang kaya dengan vitamin C dan serat ini ternyata juga rendah kalori, lho. Dilansir dari fitandwell.com, jeruk bisa lebih mengenyangkan karena mengandung serat yang tinggi. 

Bahkan, jeruk dinilai empat kali lebih mengenyangkan daripada croissant, tapi tetap rendah kalori dan banyak vitamin. Namun, lebih baik mengonsumsinya secara utuh.  

6. Pisang

buah untuk diet pisang
Sumber: unsplash.com

Banyak orang yang mencoba menghindari pisang saat sedang diet karena dinilai mengandung gula dan kalori tinggi. Padahal, pisang mengandung banyak nutrisi, seperti serat, potasium, antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6. 

Pisang juga dapat membantu mengontrol kadar insulin dalam tubuh dan mengatur berat badan, terutama bagi para penderita diabetes. Buah untuk diet ini bisa kamu nikmati sebagai camilan, tapi pastikan untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak, ya. 

Baca Juga:   5 Cara Mencuci Buah yang Benar agar Tahan Lama

7. Alpukat

buah untuk diet alpukat
Sumber: unsplash.com

Siapa nih yang suka minum jus alpukat? Tidak dapat dipungkiri kalau jus alpukat memiliki rasa yang lezat. Namun, akan lebih baik jika kamu mengonsumsi alpukat secara utuh agar bisa menjadi buah untuk diet. 

Alpukat memang mengandung lemak dan kalori tinggi, tapi buah ini efektif untuk membantu proses penurunan berat badan. Dengan mengonsumsinya, kamu bisa merasa kenyang lebih lama, mengurangi nafsu makan, dan menurunkan kolesterol tinggi. 

Kamu bisa memakannya secara langsung atau mencampurnya ke makanan lain, seperti sandwich, sushi, dan salad. 

Itulah beberapa buah untuk diet yang bisa kamu konsumsi saat sedang menurunkan berat badan  

Kamu bisa membeli beberapa peralatan dapur ini untuk membantu mengolah atau mengonsumsi buah-buahan, seperti berikut ini. 

Proclean Sikat & Alat Serut Buah - Cokelat
Proclean Sikat & Alat Serut Buah – Cokelat

Beli di sini

Cooking Color Giori Alat Peras Buah
Cooking Color Giori Alat Peras Buah

Beli di sini

Krischef Wadah Cuci Buah 24 Cm
Krischef Wadah Cuci Buah 24 Cm

Beli di sini

 

Selain makan buah, kamu juga perlu mengimbangi diet dengan berolahraga. Kamu bisa berolahraga sendiri di rumah dengan memakai peralatan olahraga praktis, seperti berikut ini.

Kinetic Treadmill Motorized 0.8hp
Kinetic Treadmill Motorized 0.8hp

Beli di sini

Berwyn Sepeda Statis Ns-654
Berwyn Sepeda Statis Ns-654

Beli di sini

Berwyn Neoprene Kettlebell 10 Kg
Berwyn Neoprene Kettlebell 10 Kg

Beli di sini

 

Semua rekomendasi produk di atas bisa kamu beli hanya melalui ruparupa.com.

miliki alat kesehatan terbaik
hemat hingga 50% klik di sini

Situs belanja online ini juga menyediakan perlengkapan rumah tangga terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, dari ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.