Ini Dia 12 Bahan Membuat Yu Sheng Beserta Doanya

0
5055
bahan membuat yu sheng

Yu Sheng adalah makanan tradisional yang biasa dibuat pada tahun baru imlek di Tiongkok. Makanan ini terdiri dari beragam bahan-bahan yang dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan saus plum.

Selain dianggap sebagai simbol keberuntungan, hidangan ini juga dipercaya dapat kebahagiaan untuk tahun baru mendatang. Tidak heran bila Yu Seng menjadi salah satu tradisi imlek

Ruparupa Banner

Apalagi, ketika membuat Yu Sheng, biasanya akan ada doa-doa yang perlu kita sebutkan. Doa-doa tersebut memiliki istilah “Lo Hei“, yang merupakan ungkapan dalam bahasa Cina. Arti dari ungkapan ini adalah “membuat keberuntungan”. 

Biasanya, keluarga atau kerabat akan berkumpul di meja makan dan bersama-sama mengaduk hingga mengangkat Yu Sheng setinggi mungkin.

Semakin tinggi mengangkatnya, maka dipercaya keinginan bisa tercapai dan  banyak keberuntungan yang akan menghampiri.

Apa Saja Bahan Membuat Yu Sheng?

yu sheng

 

1. Ikan Mentah 

Bahan pertama yang wajib ada dalam Yu Sheng adalah ikan mentah. Biasanya, orang akan menggunakan ikan salmon yang sudah dibersihkan dengan baik. Dalam Yu Sheng, ikan salmon melambangkan berkah dan kelimpahan. 

Saat meletakkan ikan ke atas piring Yu Sheng, kamu harus menyebutkan doa berupa “年年有餘” (nián nián yǒu yú) yang berarti setiap tahun selalu bertambah. 

2. Wortel

Kita juga perlu menambahkan wortel ke dalam hidangan Yu Sheng. Wortel harus diiris tipis terlebih dahulu sebelum disajikan bersama dengan bahan lainnya.

Nah, wortel melambangkan harapan dan tujuan akan tercapai. Kamu bisa memasukkan wortel sambil membacakan doa, yaitu “鸿运当头” (hóng yùn dāng tóu) yang artinya semoga keberuntungan datang menghampiri kita semua. 

3. Lobak Hijau

Yu Sheng juga dibuat menggunakan lobak hijau. Bahan satu ini juga perlu kamu iris tipis, lalu menyajikannya bersama Yu Sheng.

Lobak hijau melambangkan berkah dan jalan karir yang lancar, lho. Nah, saat mencampurnya dengan bahan lain, kamu bisa menyampaikan doa.

Baca Juga:   7 Kue Khas Imlek yang Lezat dan Bermakna

Doa yang bisa kamu ucapkan untuk mengiringi lobak hijau adalah “青春常驻” (qīng chūn cháng zhù), artinya semoga semakin awet muda. 

4. Lobak Putih

Selain lobak hijau, lobak putih juga menjadi salah satu bahan wajib dalam Yu Sheng, lho. Lobak putih melambangkan perjalanan yang lancar dan sukses sepanjang tahun. Masukkan lobak putih yang sudah kamu iris tipis ke hidangan, ya. 

Tidak lupa juga untuk menyebutkan doanya, ya. Doa yang harus kamu ucapkan saat memasukkan lobak putih ke Yu Sheng adalah “风生水起” (fēng shēng shuǐ qǐ). Artinya semoga kesuksesan mengaum seperti angin dan ombak. 

5. Jeruk Nipis

Air perasan jeruk nipis juga perlu ditambahkan ke dalam hidangan Yu Sheng. Nah, sembari menambahkannya, kita perlu mengucapkan doa berupa “大吉大利” (dà jí dà lì) yang artinya adalah semoga selalu beruntung dan banyak profit. 

6. Bubuk Paprika Merah

Bahan selanjutnya pada Yu Sheng adalah bubuk paprika merah. Nah, bahan satu ini melambangkan rasa cinta dan kebahagiaan, lho.

Saat menambahkannya, pastikan kamu menyebutkan doa, yaitu “招财进宝” (zhāo cái jìn bǎo). Arti dari doa tersebut adalah semoga kemakmuran menghampiri dan harta berlimpah.

7. Bumbu 5 Spices Powder

Mungkin masih banyak orang yang cukup asing mendengar nama bumbu satu ini. Dinamakan 5 spices powder karena bumbu ini terbuat dari campuran lima rempah, yaitu merica SzeChuan, cengkeh, adas, kayu manis, hingga kembang lawang. 

Kamu bisa menambahkan bumbu ini sebagai penyedap rasa pada Yu Sheng sekaligus menjadi lambang dari kesehatan, serta umur panjang.

Saat menambahkannya, kamu bisa mengucapkan doa, yaitu “五福臨門” (wǔ fú lín mén). Artinya adalah semoga semua keberuntungan menghampiri kamu dan keluarga. 

8. Biji Wijen

Biji wijen melambangkan kekayaan dan kesuksesan. Kamu bisa menaburkannya ke atas hidangan Yu Sheng sambil membacakan doa berupa “大小平安” (dà xiǎo píng ān). Arti dari doa ini adalah semoga kedamaian dan keamanan selalu menyertai keluarga kamu.

Baca Juga:   Resep Ayam Sambal Bawang Gurih dan Bikin Ketagihan

9. Kacang Tanah

Kamu juga bisa menaburkan kacang tanah ke atas Yu Sheng, lho. Bahan ini melambangkan emas dan perak.

Saat menaburkannya, kita bisa membacakan doa, yaitu “金玉滿堂” (jīn yù mǎn táng). Arti dari doa tersebut adalah semoga rumah kamu dipenuhi dengan kekayaan dan harta.

10. Keripik

Masih berkaitan dengan emas, kamu bisa menambahkan keripik atau pangsit goreng yang melambangkan batangan emas.

Pastikan juga untuk menyampaikan doa saat menambahkan keripik, yaitu “黄金满地” (huáng jīn mǎn de), artinya adalah semoga kekayaan dan kemakmuran berada selalu di sekitar kita semua.

11. Minyak Wijen

Bahan yang tidak boleh terlewatkan dari membuat hidangan ini adalah minyak wijen. Saat menuangkannya, bacakan doa  “财源广进” (cái yuán guǎng jìn). Arti dari doa ini adalah semoga kekayaan terus mengalir dari berbagai sumber. 

12. Saus Plum

Tambahkan juga saus plum sebagai sentuhan akhir sembari menyampaikan doa berupa “甜甜蜜蜜” (tián tián mì mì) yang berarti semoga hidup menjadi manis seperti madu.  

Nah, itulah beberapa bahan membuat Yu Sheng yang wajib kamu tambahkan, beserta doanya untuk tahun baru imlek.

Sudah siap untuk membuatnya dan merayakan imlek bersama kerabat terdekat?

Untuk membuat hidangan ini, kamu juga memerlukan peralatan dapur berkualitas, mulai dari talenan, pisau, serta piring saji yang cantik.

Berikut peralatan makan yang bisa kamu gunakan untuk menyajikan hidangan lezat khas hari Imlek  yang bisa kamu beli di ruparupa.

Di situs belanja online ini, kamu juga bisa membeli perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Krisbow, Pendopo, hingga Ataru.

Cooking Color 39x29 Cm Set 2 Pcs Woldy Talenan Bambu & Nampan
Cooking Color 39×29 Cm Set 2 Pcs Woldy Talenan Bambu & Nampan

Beli di sini

Cooking Color Set 6 Pcs Virtus Pisau Dapur
Cooking Color Set 6 Pcs Virtus Pisau Dapur

Beli di sini

Appetite 34 Cm Eden Piring Saji Oval
Appetite 34 Cm Eden Piring Saji Oval

Beli di sini

Pendopo 32 Cm Piring Saji Shell Craft Sun Flower - Gold
Pendopo 32 Cm Piring Saji Shell Sun Flower

Beli di sini