Libur telah tiba, satu momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh anak-anak yang sudah bersekolah. Momen ketika mereka bisa bebas bermain setelah melewati kegiatan belajar. Di tengah era digital seperti sekarang ini, gadget layaknya peralatan yang tidak boleh lepas dari genggaman anak. Kita bisa lihat banyak anak di sekolah yang sudah dibekali gadget oleh orang tuanya. Rata-rata mereka menggunakan gadget untuk bermain games. Oleh karena itu, momen liburan ini bisa dimanfaatkan untuk melepaskan ketergantungan anak akan gadget dan lebih memanfaatkan mainan outdoor.

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan oleh anak selama liburan tanpa harus melibatkan gadget, misalnya bermain di luar rumah. Tidak harus pergi ke tempat wisata, Anda bisa memanfaatkan halaman depan atau belakang rumah, taman komplek atau area sekitar rumah. Sebagai sarana bermain, Anda cukup menyediakan mainan anak luar ruangan untuk diletakkan di halaman atau pekarangan rumah. Anak-anak butuh tetap aktif yang melibatkan fisik mereka untuk membantu perkembangan fisik dan motoriknya oleh karena itu mereka perlu dibiarkan bermain di luar daripada hanya terus bermain di dalam rumah. Tidak perlu takut panas matahari dan kotor karena anak bisa belajar banyak dari pengalaman mereka bermain di luar.

Sebagai orang tua, Anda bisa terlibat langsung dengan bermain bersama anak di luar. Menyediakan mainan anak luar ruangan akan mempermudah Anda dalam mengajak si anak untuk berani bermain di luar. Saat ini banyak sekali jenis mainan luar ruangan atau mainan outdoor yang Anda bisa berikan untuk anak Anda. Supaya lebih bermanfaat ada baiknya mainan outdoor yang Anda berikan juga bisa berfungsi sebagai mainan anak edukatif. Jika Anda masih bingung aktivitas apa yang bisa Anda lakukan bersama anak Anda, berikut beberapa kegiatan dan mainan yang bisa jadi pilihan:

1. Berkemah

Kegiatan ini bisa Anda lakukan di halaman atau pekarangan rumah Anda tanpa harus pergi ke perkemahan. Bermain di alam terbuka seperti ini sangat baik untuk anak-anak karena akan mengedukasi mereka untuk lebih mengenal alam dan juga mengajarkan bagaimana bertahan di alam terbuka. Berkemah di halaman rumah tentunya lebih praktis, Anda hanya perlu menyiapkan tenda maka kegiatan berkemah sudah bisa dilakukan. Tambahkan api unggun supaya menjadi lebih menarik dan terasa seperti sedang berkemah di alam terbuka. Persiapkan juga beberapa games menarik untuk mengisi kegiatan berkemah.

A photo posted by Ruparupa (@ruparupacom) on

2. Mini playground

Mainan yang cukup digemari anak-anak adalah perosotan dan ayunan. Mungkin anak-anak jaman sekarang lebih sering bermain perosotan di playground yang ada di mal padahal dahulu perosotan dan ayunan ini adalah mainan anak luar ruangan yang biasa ada di taman di dalam perumahan. Ini bisa menjadi ide yang menarik untuk membuat mini playground di halaman rumah dimana anak bisa belajar untuk tidak takut jatuh di tanah, tidak takut kotor, dan bisa bermain sambil menikmati udara segar.

3. Berenang

Siapa bilang berenang hanya bisa dilakukan di kolam renang? Anda bisa membuat mini swimming pool di halaman rumah Anda. Ada berbagai jenis kolam renang anak yang dijual dengan berbagai ukuran, Anda hanya perlu mengisinya dengan air dan anak-anak Anda sudah bisa bermain air di luar rumah. Supaya lebih menarik sediakan juga pistol air untuk Anda bermain bersama anak Anda.

4. Skuter

Mainan outdoor yang satu ini sangat bagus untuk perkembangan anak. Anak bisa belajar melatih keseimbangan dan juga keterampilan mengemudikan skuter. Mainan ini bisa digunakan di jalan yang ada di depan rumah Anda.

Setelah Anda tahu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di luar ruang, selanjutnya adalah menyiapkan peralatannya. Temukan berbagai pilihan mainan anak yang menarik untuk di luar ruangan dan ajak putra-putri Anda untuk bermain di luar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here