5 Tips Menata Ruang Bermain Anak yang Nyaman di Rumah Mungil

0
342
tips menata ruang bermain anak untuk rumah kecil

Menata ruang bermain anak yang nyaman memang membutuhkan kreativitas, terutama jika tinggal di rumah mungil. Tenang saja, menciptakan tempat bermain tidak melulu harus di dalam ruangan khusus.

Kita juga bisa mendekorasi ruang bermain anak di sudut ruangan. Tidak perlu khawatir, area ini juga dapat dibuat rapi agar rumah tidak berantakan akibat mainan yang berserakkan. 

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Menata Ruang Bermain Anak?

Nah, kami punya beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat ruang bermain si kecil di dalam rumah mungil, seperti berikut ini. 

1. Manfaatkan Bagian Sudut Ruangan 

Apakah ada sudut ruangan yang tidak terpakai? Jika iya, kamu bisa mengubah area ini sebagai tempat bermain si kecil. Cukup tambahkan beberapa perabot yang aman buat si kecil, seperti tenda bermain anak, rak buku, meja dan kursi belajar, dan sebagainya.

Baca Juga:   Sudahkah Kecerdasan Majemuk Si Kecil Terlatih Maksimal?

Agar terlihat lebih menarik dan menyenangkan, kamu bisa menempelkan stiker atau wallpaper dinding dengan motif lucu, serta menambahkan karpet warna-warni, seperti inspirasi berikut ini.

cara menata ruang bermain anak
Gunakan karpet anak dengan motif yang lucu dan warna cerah.

Cek di sini

2. Maksimalkan Ruangan Vertikal 

Rumah mungil identik dengan bentuk ruangan vertikal karena lebih hemat tempat. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan ruangan ini sebagai area bermain anak.

Gunakan rak dinding untuk meletakkan berbagai mainan anak di dalam kotak penyimpanan yang lucu. Lalu, tambahkan papan tulis anak yang mudah dihapus, seperti inspirasi berikut.

area bermain anak
Pilih rak buku dengan aksen warna terang dan tambahkan kotak penyimpanan yang lucu.

3. Gunakan Furniture Minimalis 

Tambahkan meja dan kursi anak minimalis dengan warna-warna cerah. Kamu bisa menyediakan beberapa kursi anak supaya bisa menemani si kecil bermain.

Selain itu, pilih meja belajar yang berbentuk papan tulis dan mudah dibersihkan supaya si kecil bisa leluasa untuk mencoret-coretnya.

menata ruang bermain anak minimalis
Yaris Papan Tulis Anak – Biru-kuning

Cek di sini

4. Tambahkan Pencahayaan

Bila ruang bermain tidak memiliki jendela, kita menambahkan pencahayaan dengan meletakkan lampu meja. Dengan begitu, si kecil lebih nyaman bermain dan tidak merusak penglihatannya di usia dini. 

Baca Juga:   Ini Cara Membersihkan Slow Cooker Agar Tahan Lama

5. Gabungkan Elemen Edukasi dan Bermain

Biasanya, orang tua memisahkan area bermain dengan ruang belajar si kecil agar mereka lebih fokus. Namun, menggabungkan kedua ruangan ini justru dapat melatih rasa tanggung jawab si kecil.

Selain hemat tempat, kita juga bisa memakai perabot multifungsi. Misalnya, meja belajar yang juga dapat digunakan sebagai alas bermain, seperti permainan menyusun balok, lilin plastisin, dan masih banyak lagi. 

ruang bermain anak
Gunakan meja belajar yang cukup besar supaya si kecil lebih leluasa menggunakannya.

Nah, itu dia beberapa tips jitu menata ruang bermain anak agar terlihat nyaman dan menyenangkan. 

Temukan berbagai permainan anak terlengkap hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Situs belanja online ruparupa.com menjual berbagai perlengkapan mainan anak dan dekorasi minimalis berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti, Toys Kindgom, ACE, Informa, dan masih banyak lagi.