Promo Hunaian Cantik penuh Gaya

Bagi sebagian orang, kegiatan berpuasa mungkin cukup menantang. Pasalnya kamu harus menahan lapar dan haus selama waktu yang cukup lama.

Nah, untuk kamu yang sudah berhasil menjalani puasa hari ini, selamat! Inilah saatnya untuk memanjakan perut dengan kombinasi menu buka puasa favorit!

Buat yang masih bingung hari ini kira-kira mau buka puasa pakai apa, jangan khawatir! Di sini, kamu dapat menemukan beberapa ide hidangan berbuka yang nikmat! Yuk, simak 10 rekomendasi menu buka puasa berikut ini!

Jangan lewatkan moment sepecial tanpa kehadiran dari produk ini

1. Ikan Bakar dan Es Kelapa Muda buat yang Ingin Makan Seafood

Pecinta seafood? Wah, kayaknya buka puasa hari ini pakai ikan bakar pasti mantap, ya! Namun, sayangnya ada di antara kamu yang suka dengan seafood tetapi takut dengan reaksi alergi yang biasa muncul setelah memakakannya.

Jika iya ada baiknya kamu perlu meminum air kelapa, nih. Karena menurut health.detik.com, ternyata air kelapa memiliki kandungan detoksifikasi dan kalium yang cukup tinggi, lho. Kalium inilah yang bisa mengurangi reaksi alergi. Untuk itu, seafood dan es kelapa muda adalah perpaduan paling serasi, deh!

2. Menu Buka Puasa Sederhana: Soto dan Teh Manis

Ingin berbuka dengan menu buka puasa sederhana dan praktis? Soto dan teh manis bisa kamu jadikan pilihan. Makanan yang satu ini memang dapat dengan mudah ditemukan. Baik soto ayam, soto daging, maupun jenis soto lainnya.

Nah, segelas teh manis hangat paling pas untuk menemani semangkok soto hangat. Karena selain mudah pembuatannya, rasa manis dari teh sangat cocok berpadu dengan rasa soto yang agak asam dan gurih ini.

3. Sate Kambing dan Jeruk Hangat, Kombinasi Menu bagi yang Takut Kolesterol

Sate kambing memang nikmat. Tapi pasti agak takut kolesterol naik kan kalau makan daging yang satu ini? Tenang, kamu tinggal memadukannya dengan segelas jeruk hangat.

Buah jeruk sangat baik menurunkan kolesterol, lho. Bahkan menurut lifestyle.kompas.com, jeruk kaya akan serat larut air dan mengandung senyawa d-limonene sehingga dapat mengikat dan melarutkan kolesterol. Wah, ide kombinasi paling sedap nih buat buka puasa nanti!

4. Nasi Goreng dan Es Cincau, Salah Satu Kombinasi Menu Buka Puasa Irit

Mencari makan ketika menjelang berbuka puasa bisa jadi sangat banyak pilihannya. Nah, makanan yang satu ini banyak mulai dijual ketika matahari hampir terbenam. Yup, nasi goreng!

Membuatnya sangat mudah dan harganya pun relatif lebih murah, cocok untuk Ruppers yang ingin berhemat. Sambil makan, segelas es cincau yang menyegarkan pas banget untuk menemani tekstur nasi goreng yang cenderung kering.

5. Opor dan Segelas Wedang Jahe

Buka puasa dengan minuman hangat? Ide bagus! Segelas wedang jahe bisa menjadi pilihan tepat. Tinggal mencari lauk yang pas, nih. Menu buka puasa berkuah akan sangat cocok! Misalnya seperti opor ayam yang kaya rasa. Tekstur opor yang kental akan sangat tepat bertemu dengan minuman wedang jahe yang menghangatkan dan melegakan tenggorokan.

6. Sambal Goreng dan Es Cendol: Kombinasi Menu Buka Puasa Anti Kepedesan

Bingung mencari lauk untuk buka puasa? Yuk, coba bikin menu yang cukup mudah dibuat di dapur rumah seperti sambal goreng. Lauknya pun dapat disesuaikan dengan keinginan loh! Seperti kentang, terong, hati, maupun krecek.

Tapi, hindari lau yang terlalu pedas, ya. Karena mengonsumsinya saat perut dalam keadaan kosong dapat berakibat buruk. Namun, kalau hanya mau menetralisir rasa agak pedasnya sambal goreng di mulut, kamu mungkin bisa meminum segelas es cendol, nih. Salah satu pilihan minuman buka puasa yang manis nan menyegarkan!

7. Jus Lemon untuk Melengkapi Kentalnya Santan Kari Ayam

Kari ayam terkenal dengan rasanya yang kuat dan tekstur santannya yang kental. Tak heran, makanan bersantan seperti ini sering kali dianggap sebagai salah satu makanan penyebab kolesterol.

Namun sebenanrya ini tidak sepenuhnya benar karena bergantung dengan jumlah yang kamu konsumsi. Bahkan untuk mengakalinya kamu bisa meminum jus lemon sebagai ‘pembersih alami’ kolesterol karena asam sitratnya yang tinggi, lho.

8. Bakso dan Es Campur, Kombinasi Menu Buka Puasa Paling Menyegarkan

Setelah menahan lapar selama beberapa jam, menu buka puasa yang segar adalah solusi yang tepat untuk memanjakan lidah. Bakso merupakan salah satu makanan berkuah yang segar. Bagi yang sudah berencana makan bakso untuk buka puasa kali ini, kamu dapat mempertimbangkan es campur sebagai kombinasinya. Mantap banget nih!

9. Perut Kenyang dengan Rawon dan Jus Alpukat

Ingin menyantap kombinasi makanan yang mengenyangkan ketika berbuka? Kamu dapat menyantap rawon dan jus alpukat, nih. Jus buah yang kental ini cocok menjadi pelengkap untuk semangkok rawon yang nikmat.

Selain enak, kamu dapat sekaligus mendapatkan berbagai nutrisi dari buah yang satu ini. Mulai dari vitamin C, vitamin K, lemak bermanfaat, dan masih banyak lagi.

10. Perpaduan Kolak Pisang dan Sayur Asem

Berbukalah dengan yang manis. Itulah anggapan yang melekat pada banyak orang. Tidak mengehrankan ya kalau salah satu menu yang paling sering menjadi pilihan adalah kolak.

Makanan penutup ini paling paling populer terutama saat buka puasa. Untuk melengkapinya, kamu bisa memilih makanan berbuka yang lebih ringan mengingat tekstur kolak sendiri sudah bersantan seperti sayur asam.

Pas banget kan setelah menyantap lauk yang asam, ditutup dengan dessert yang manis dan gurih. Baru dibayangkan saja rasanya sudah nikmat sekali, ya!

Itu dia beberapa rekomendasi ide kombinasi menu buka puasa untuk kamu. Jangan lupa, agar kualitas makanan dan minuman tetap terjaga, milikilah peralatan makan dan peralatan minum yang tepat. Semuanya bisa Anda dapatkan di Ruparupa.com, lho.

Nah, mau buka pakai apa hari ini?

Editor: Cindy Halida Tanuwidjaja