10 Kombinasi Menu Buka Puasa yang Mantap Abis

0
17543
kombinasi menu buka puasa
Sumber: unsplash.com

Bagi sebagian orang, kegiatan berpuasa mungkin cukup menantang. Pasalnya, kamu harus menahan lapar dan haus selama waktu yang cukup lama.

Nah, buat kamu yang sudah berhasil menjalani puasa hari ini, selamat! Inilah saatnya untuk memanjakan perut dengan kombinasi menu buka puasa favorit!

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Saja Kombinasi Buka Puasa yang Lezat?

Bila kamu masih bingung mau buka puasa pakai apa, jangan khawatir! Yuk, simak rekomendasi menu buka puasa berikut ini!

1. Ikan Bakar dan Es Kelapa Muda buat yang Ingin Makan Seafood

kombinasi menu buka puasa ikan bakar
Sumber: unsplash.com

Kamu pecinta seafood? Buka puasa dengan ikan bakar tentu akan sangat pas nih! Sebagai pelengkap, kamu bisa meminum air kelapa. Menurut health.detik.com, ternyata air kelapa memiliki kandungan detoksifikasi dan kalium yang cukup tinggi, lho!

Kalium ini yang mengurangi reaksi alergi. Tidak heran, seafood dan es kelapa muda menjadi perpaduan paling serasi.

2. Menu Buka Puasa Sederhana, Soto dan Teh Manis

menu buka puasa soto
Sumber: unsplash.com

Ingin berbuka dengan menu buka puasa sederhana dan praktis? Soto dan teh manis bisa jadi pilihan. Makanan satu ini dapat dengan mudah ditemukan, baik itu soto ayam, soto daging, maupun jenis soto lainnya.

Nah, segelas teh manis paling pas untuk menemani soto hangat. Selain mudah dibuat, rasa manis dari teh cocok dipadukan dengan rasa soto yang agak asam dan gurih.

3. Sate Kambing dan Jeruk Hangat, Kombinasi Menu bagi yang Takut Kolesterol

menu buka puasa sate kambing
Sumber: unsplash.com

Sate kambing memang nikmat. Namun, banyak orang takut kolesterol naik kalau makan daging yang satu ini. Tenang, kamu tinggal memadukannya dengan segelas jeruk hangat.

Buah jeruk sangat baik menurunkan kolesterol, lho! Jeruk kaya akan serat larut air dan mengandung senyawa d-limonene sehingga dapat mengikat dan melarutkan kolesterol. Wah, ide kombinasi paling sedap nih buat buka puasa nanti!

Baca Juga:   Ini Dia Jadwal Sidang Isbat, Puasa, dan Lebaran 2023

4. Nasi Goreng dan Es Cincau, Salah Satu Kombinasi Menu Buka Puasa Irit

nasi goreng telur
Sumber: unsplash.com

Tentu ada banyak pilihan makanan menjelang buka. Nah, makanan yang satu ini banyak dijual ketika matahari hampir terbenam. Yup, nasi goreng!

Harga nasi goreng relatif terjangkau, sehingga cocok buat kamu yang ingin berhemat. Sambil makan, segelas es cincau yang menyegarkan pas banget untuk menemani tekstur nasi goreng yang cenderung kering.

5. Opor dan Segelas Wedang Jahe

menu buka puasa opor

Buka puasa dengan minuman hangat? Ide bagus! Kamu bisa minum segelas wedang jahe dengan opor ayam sebagai pilihan lauknya.

Minuman wedang jahe yang hangat dapat melegakan tenggorokan karena tekstur opor yang kental.

6. Sambal Goreng dan Es Cendol, Kombinasi Menu Buka Puasa Anti Kepedesan

sambal goreng
Sumber: unsplash.com

Kamu bisa bikin sambal goreng praktis di dapur rumah. Lauknya pun dapat disesuaikan dengan keinginan, seperti kentang, terong, hati, dan krecek.

Namun, hindari makan sambal yang terlalu pedas, ya! Soalnya bisa berakibat buruk ketika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Untuk menetralisir rasa pedas, kamu bisa meminum segelas es cendol yang manis dan menyegarkan.

7. Jus Lemon untuk Melengkapi Kentalnya Santan Kari Ayam

menu buka puasa ayam kari
Sumber: unsplash.com

Kari ayam terkenal dengan rasanya yang kuat dan tekstur santannya yang kental. Tak heran, makanan bersantan ini sering kali dianggap sebagai salah satu makanan penyebab kolesterol.

Untuk mengakalinya kamu bisa minum jus lemon sebagai ‘pembersih alami’ kolesterol karena asam sitratnya yang tinggi, lho!

8. Bakso dan Sop Buah, Kombinasi Menu Buka Puasa Paling Menyegarkan

kombinasi menu buka puasa sop buah

Setelah menahan lapar selama beberapa jam, menu buka puasa berkuah seperti bakso bisa jadi solusi untuk memanjakan lidah.

Baca Juga:   Ini Cara Praktis Membuat Ketupat Lebaran yang Empuk

Bila kamu sudah berencana makan bakso untuk buka puasa kali ini, kamu dapat mempertimbangkan sop buah sebagai kombinasinya. Mantap banget, nih!

9. Perut Kenyang dengan Rawon dan Jus Alpukat

rawon
Sumber: unsplash.com

Kamu juga dapat menyantap rawon dan jus alpukat, nih! Jus buah yang kental cocok menjadi pelengkap buat semangkuk rawon nikmat.

Selain enak, kamu bisa mendapatkan berbagai nutrisi dari jus buah, yaitu vitamin C, vitamin K, lemak bermanfaat, dan masih banyak lagi.

10. Perpaduan Kolak Pisang dan Sayur Asam

kombinasi menu buka puasa kolak pisang

Berbukalah dengan yang manis-manis. Itulah anggapan yang melekat pada banyak orang. Tidak heran, kolak pisang menjadi salah satu pilihan menu buka puasa yang sering diburu.

Mengingat kolak sudah bersantan, kamu bisa pilih makanan buka puasa yang lebih ringan seperti sayur asam. Kombinasi yang pas, bukan?

Itu dia beberapa rekomendasi ide kombinasi menu buka puasa untuk kamu.

Agar kualitas makanan dan minuman tetap terjaga, gunakanlah peralatan makan dan peralatan minum food grade, seperti rekomendasi di bawah ini.

 

piring saji
Selma 25 Cm Piring Makan Juliette Opal – Putih

Beli di sini

set teko dan gelas
Libbey Set 5 Pcs Sereno Teko Minum Dan Gelas

Beli di sini

sendok makan
Appetite Set 12 Pcs Prom Alat Makan

Beli di sini

Appetite Set 6 Pcs Norito Wadah Saji Dengan Nampan
Appetite Set 6 Pcs Norito Wadah Saji

Beli di sini

lengkapi SAJIAN HARI RAYA hemat hingga 50% hanya di sini

Situs belanja ruparupa juga menjual berbagai perlengkapan home living dan gaya hidup dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu INFORMA, ACE, SELMA, ATARU, Krisbow, Pendopo, dan masih banyak lagi.

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.