Resep Nasi Goreng Telur Spesial Ala Restoran Bintang Lima Anti Ribet

0
8712
resep nasi goreng telur
Sumber: unsplash.com

Tidak dapat dipungkiri, kalau nasi goreng memang merupakan makanan favorit banyak orang. Apalagi, nasi goreng telur dan ayam yang biasanya dijual oleh pedagang kaki lima, punya rasa nikmat yang bikin nagih. 

Nasi goreng sering dikira sebagai makanan tradisional. Padahal, faktanya nasi goreng dulu dibuat pertama kali oleh orang Tionghoa. Kemudian, diperkenalkan kepada orang-orang Indonesia pada abad ke-10.

Ruparupa Banner

Nasi goreng adalah olahan nasi sisa yang dicampurkan dengan telur dan bumbu dapur lainnya untuk menjadi santapan sederhana rumahan.

Namun, orang Indonesia membuat berbagai kreasinya agar nasi goreng menjadi lebih nikmat. Beberapa kreasi yang dibuat orang Indonesia adalah nasi goreng Jawa, nasi goreng kecombrang, hingga nasi goreng kampung.

Bahkan, di restoran pun, nasi goreng sering menjadi pilihan favorit, khususnya saat bingung memilih menu makanan. 

Untuk membuat nasi goreng ala restoran pun ternyata tidak sulit, lho. Kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15-20 menit untuk memasaknya.

Nah, bila kamu ingin membuat nasi goreng spesial, cukup tambahkan telur dan sayuran di dalamnya. Daripada semakin lapar, langsung saja simak resep nasi goreng telur spesial berikut ini.

Bahan

  • 300 gram nasi 
  • 2 buah sosis
  • ½ buah wortel, potong dadu
  • 3 batang buncis
  • 2 butir telur
  • 2 buah cabai rawit merah (boleh lebih)
  • 4 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 2 sdm kecap asin 
  • 1 sdt gula pasir
  • Secukupnya mentega, garam, merica
Baca Juga:   5 Resep Membuat Jus Tomat Sehat dengan Slow Juicer
nasi goreng telur
Sumber: unsplash.com

Cara Membuat Nasi Goreng Telur

1. Sebelum mulai memasak, pastikan kamu sudah menyiapkan nasi ya, Ruppers. Selanjutnya, iris tipis sosis dan potong wortel, serta buncis membentuk dadu. Sisihkan ke dalam wadah.

2. Panaskan wajan dengan api sedang dan masukkan bawang putih, bawang merah, serta cabai. Tumis sampai berwarna kecokelatn dan tercium harum. 

3. Masukkan 2 butir telur ke dalam wajan, orak arik hingga matang. Tambahkan sosis, buncis, dan wortel yang sudah disiapkan. Tumis kembali hingga sayuran matang dan sosis mulai kecoklatan. 

4. Setelah sudah matang, masukkan nasi dingin, garam, gula, merica, saus tiram, kecap manis, serta kecap asin. Aduk semua bahan sampai merata. Lalu, koreksi rasanya ya, Ruppers!

5. Jika nasi sudah berwarna coklat merata, matikan kompor dan sajikan di atas piring. 

Gimana, Ruppers? Jadi, langsung coba buat sekarang, yuk! Menu ini bisa menjadi makanan darurat saat kamu bingung ingin makan apa

Tips Memasak Nasi Goreng

Hal pertama yang harus kamu pastikan saat memasak nasi goreng adalah usahakan untuk tidak menggunakan nasi panas, apalagi yang terlalu lembut. Hal itu akan membuat tekstur nasi terlalu lembek dan lengket. 

Baca Juga:   Resep Daging Panggang Praktis, Lezat dan Empuk

Kamu bisa memasak nasi di pagi hari. Lalu, diamkan di suhu ruangan 2-3 jam agar rasanya lebih lezat.

Selain itu, kamu bisa membuat nasi goreng dengan berbagai topping favorit, lho. Tidak hanya telur, kamu bisa menambahkan potongan daging ayam fillet, daging sapi, hingga seafood.

Kamu pun bisa membuat nasi goreng kambing, yang rasanya juga tidak kalah nikmat. Tentunya, kamu bisa lebih berkreasi untuk membuat nasi goreng favorit kamu. 

Agar rasa nasi goreng lebih lezat, pastikan kamu memakai alat dapur yang terbaik, seperti yang berikut ini.

Cooking Color 39x30 Cm Woody Talenan Bambu
Cooking Color 39×30 Cm Woody Talenan.

Beli di sini

Cooking Color Set 5 Pcs Pisau Dapur
Cooking Color Set 5 Pcs Pisau Dapur.

Beli di sini

Nah, kamu juga akan membutuhkan wajan dan spatula yang kokoh agar mudah saat mengaduk semua bahan nasi goreng, seperti berikut ini.

Selma 32 Cm Wajan Penggorengan
Selma 32 Cm Wajan Penggorengan

Beli di sini

Cooking Color Wesley Spatula Turner
Cooking Color Wesley Spatula Turner

Beli di sini

Tenang saja, Ruppers! Kamu dapat menemukan semua peralatan masak dan perlengkapan dapur dengan kualitas terbaik hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menjual perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain. 

Kamu juga bisa membaca resep masakan lainnya di sini. Yuk, bikin masakan lezat di rumah.