8 Olahraga Kardio Terbaik yang Bisa Dilakukan Di Rumah

0
679
olahraga kardio
sumber: unsplash.com

Salah satu latihan yang mampu meningkatkan detak jantung adalah olahraga kardio. Selain itu, olahraga ini mampu membuat sistem pernafasan bekerja dengan lebih keras,  membuat pembuluh darah melebar, serta membuat oksigen masuk lebih banyak ke dalam otot.

Promo 12 12 Ruparupa

Manfaat lain dari olahraga kardio, antara lain bisa melepaskan endorfin, mengatur berat badan, meminimalisir resiko penyakit jantung, meningkatkan suasana hati, dan juga dapat memperpanjang umur.

8 Olahraga Kardio Mudah di Rumah

Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk olahraga kardio. Anda tetap bisa melakukannya di rumah, walaupun tidak memiliki banyak ruang dan peralatan olahraga. Tanpa berlama-lama lagi, yuk, simak berbagai olahraga kardio mudah yang bisa Anda coba di rumah. 

 

1. Olahraga Kardio dengan Burpees

olahraga kardio
sumber: hotbodzone

Olahraga satu ini cukup mudah dilakukan. Caranya, tekuk tangan Anda secara horizontal dan ratakan pada area tengah dada. Lalu, lakukan lompatan ke depan dengan kedua kaki secara bersamaan. Anda dapat membakar lebih dari 100 kalori dengan melakukan gerakan ini selama 10 menit. Lakukan secara perlahan agar meminimalisir resiko cedera.

2. Jumping Jacks Membakar Kalori

olahraga kardio
sumber: unsplash.com

Sama seperti burpees, melakukan jumping jacks selama 10 menit juga dapat membakar lebih dari 100 kalori. Cobalah kombinasikan gerakan jumping jacks dengan gerakan lainnya agar olahraga menjadi semakin menyenangkan. Gerakan melompat dan membuka kedua kaki secara bersamaan, kemudian menutupnya kembali ini bisa membuat Anda  mendapatkan tubuh sehat dengan mudah. 

3.  Jump Rope Selama 20 Menit

skipping
sumber: unsplash.com

Lompat tali atau skipping bisa menjadi salah satu ide olahraga kardio yang cukup mudah dilakukan di rumah. Selain menyenangkan, latihan ini juga bisa membuat tubuh lebih tinggi, lho. Lakukan lompat tali selama 20 menit di rumah untuk membakar 220 kalori. Nah, biar lebih semangat dan jadi menyenangkan,  Anda bisa melakukannya sambil mendengarkan lagu.

Champs Tali Skipping Digital
Champs Tali Skipping Digital – Dilengkapi dengan fitur pengukur waktu, jumlah lompatan, dan kardio, mampu mempermudah Anda mengukur olahraga yang dilakukan. Jadikan olahraga di rumah lebih menyenangkan dengan alat skipping ini.

4. Squat Jump Sebanyak 3-4 Setolahraga kardio

sumber: unsplash.com

Cara melakukan olahraga ini cukup mudah. Pertama, Anda perlu jongkok seperti gerakan squat, lalu melompatlah tinggi.  Pastikan lebar kaki sesuai dengan lebar bahu dan lakukan gerakan in secara perlahan agar tidak cedera. Selain bisa mengencangkan otot pinggul dan kaki, gerakan ini juga baik untuk meningkatkan detak jantung. 

5. Kickboxing yang Menantang

kickboxing
sumber: unsplash.com

Olahraga ini merupakan perpaduan dari karate dan tinju. Anda bisa melakukannya di rumah karena tidak membutuhkan tempat yang luas. Selain itu, Anda juga bisa melakukan gerakan ini dengan peralatan seadanya, seperti sarung tangan dan karung tinju. Lakukan gerakan seperti meninju dan menendang pada karung selama 10 menit untuk membakar 100 kalori dalam tubuh.  Anda juga bisa melampiaskan stres dengan gerakan seperti ini, lho. 

sarung tangan olahraga
Evolve Sarung Tangan Olahraga Tritone Ukuran L – bisa Anda gunakan ketika melakukan olahraga yang mengangkat beban berat.

Beli Di Sini

6. Dancing yang Menyenangkan

olahraga kardio
sumber: unsplash.com

Berolahraga sambil memutar musik merupakan hal yang paling menyenangkan. Anda bisa mencoba gerakan senam atau zumba dengan pilihan lagu yang Anda suka agar tubuh mengeluarkan keringat. Tidak hanya itu, olahraga kardio ini juga bisa membantu Anda membangun dan mengencangkan otot, serta menurunkan berat badan. Tertarik mencobanya?

Wellness_At_Home_640x320

7. Jogging in Place

olahraga kardio
sumber: unsplash.com

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, banyak dari kita  yang sulit untuk melakukan berbagai aktivitas di luar rumah, termasuk berolahraga. Tenang, Anda bisa tetap melakukan olahraga kardio di rumah secara maksimal, salah satunya dengan melakukan lari di tempat. Cobalah untuk mengkombinasikannya dengan gerakan lain agar tidak bosan. Selain bisa membakar lemak, jogging di tempat juga bermanfaat untuk menguatkan otot dan meninggikan tubuh. 

treadmill
Kinetic Treadmill Motorized 12p – pantau denyut nadi, waktu, kecepatan, jarak, dan kalori dengan lebih mudah saat berolahraga di rumah.

8. Running The Stairs

running the stairs
sumber: unsplash.com

Buat Anda yang memiliki rumah dua lantai, Anda bisa memanfaatkan tangga di rumah untuk olahraga kardio. Anda bisa mencoba berlari pada anak tangga dengan menaiki dan menuruninya. Lakukan pada  salah satu tanjakan dengan gerakan menaiki dan menuruninya secara bergantian. Namun, sebelum melakukannya, pastikan Anda telah mengikat tali sepatu dengan baik untuk meminimalisir resiko cedera. 

Ayo lengkapi berbagai kebutuhan olahraga di rumah hanya di Ruparupa. Tidak hanya alat olahraga, kami juga menyediakan berbagai produk dari kategori lainnya, seperti peralatan kantor, perlengkapan rumah tangga, serta Anda bisa memenuhi berbagai kebutuhan  bertanam dan keperluan untuk hewan peliharaan di Ruparupa. Dapatkan juga berbagai promo menarik yang telah menunggu khusus untuk Anda. Selamat belanja!