10 Jenis Tanaman Peperomia yang Cantik

0
1558
Sumber : https://16acresgardencenter.com/

Tanaman hias memang tidak pernah ketinggalan, jika berbicara mengenai dekorasi rumah. Saking banyaknya jenis tanaman, kadang membuat kita bingung memilihnya. Tenang, kami punya satu rekomendasi jenis tanaman hias, yaitu peperomia.

Promo Furnifest

Peperomia merupakan jenis tanaman hias yang berasal dari keluarga piperaceae. Habitat asli peperomia berasal dari negara Brazil.

Makanya, tidak mengherankan jika tanaman ini terbiasa hidup di daerah tropis. Tanaman ini memiliki bentuk yang simple dengan warna-warna primer, seperti hijau, kuning, dan merah.

Jenis-Jenis Tanaman Hias Peperomia

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis tanaman peperomia, kami punya beberapa penjelasnnya berikut ini.

1. Peperomia rainbow

Seperti yang terlihat pada tampilan warna daunnya, Anda pasti sudah bisa menebak mengapa jenis tanaman hias satu ini disebut sebagai peperomia rainbow. Ya, daunnya memiliki gradasi warna merah, putih kekuningan, dan hijau.

peperomia rainbow
Sumber : https://www.walmart.com/

2. Golden gate

Tanaman hias yang suka berada di tempat teduh satu ini memiliki daun cantik berwarna hijau zaitun dan pinggiran daun berwarna kuning muda.

Golden gate merupakan jenis tanaman yang cukup lambat pertumbuhannya sehingga sangat cocok sebagai tanaman hias indoor untuk mempercantik rumah.

peperomia golden gate
Sumber : https://www.gardentags.com/

3. Tetraphylla

Peperomia tetraphylla merupakan jenis tanaman hias dengan batang yang merambat daun berukuran kecil. Nah, biasanya, tanaman ini sering menghiasi atap teras rumah sebagai dekorasi.

Selain menambah estetika, jenis tanaman satu ini termasuk mudah dirawat,lho. Apalagi, daunnya memiliki tempat penyimpanan airnya sendiri.

peperomia-tetraphylla
Sumber : https://www.sprinklr.co/

4. Postrata

Tanaman hias yang memiliki julukan the string of turtles ini termasuk tanaman merambat. Uniknya, bentuk daun postrata menyerupai tempurung kura-kura.

Baca Juga:   10 Tanaman Palawija yang Mudah Ditanam di Rumah

Tidak heran bila tanaman yang tumbuh bertingkat ini, sangat cocok menjadi hiasan indoor di rumah minimalis.

Postrata
Sumber : https://plantsmith.net.au/

5. Graveolens

Peperomia graveolens termasuk dalam jenis tanaman hias sukulen atau berukuran kecil. Tanaman ini sangat cocok bagi Anda yang baru mencoba untuk budidaya tanaman hias.

Nah, graveolens cukup mudah untuk dirawat karena tidak membutuhkan banyak sinar matahari. tanaman ini lebih suka dengan iklim lembab pada tanahnya. Anda pun cukup memberikan pupuk dua minggu sekali.

Graveolens
Sumber : https://littleprinceplants.com/

6. Columbiana

Columbiana merupakan jenis peperomia yang memiliki warna yang cukup gelap daripada jenis lainnya. Warna hijau gelap pekat pada daunnya, cenderung memberikan kesan misterius.

Tidak hanya itu, jika Anda menyibak bawah daunnya, Anda akan menemukan permukaan merah yang sangat eksotis, seperti gambar di bawah ini.

peperomia columbiana
Sumber : https://www.cowellsgc.co.uk/

7. Rosso

Peperomia rosso memiliki bentuk ramping dan runcing. Tanaman ini masih satu kerabat dengan tumbuhan lada.

Uniknya, pada permuaan atas daun berwarna hijau. Sedangkan bagian bawah daun tanaman rosso berwarna marun. Inilah yang membuat peporomia rosso jadi tanaman hias yang terlihat cantik.

Tenang, perawatan tanaman ini tidak memerlukan wadah yang besar, bahkan bisa tumbuh di pot tanaman kecil, lho.

Anda pun tidak perlu menyiramnya setiap hari. Cukup melakukan penyiraman saat daun tanaman terlihat kering.

peperomia rosso
Sumber : https://worldofsucculents.com/

8. Watermelon

Bentuk corak daun yang menyerupai kulit buah semangka membuat tanaman ini kerap disebut peperomia watermelon.

Umumnya, daun tanaman hias satu ini terlihat seperti perpaduan garis hijau tua dan putih keperakkan.

Tanaman ini cocok untuk berbagai sudut rumah baik indoor maupun outdoor. Namun, Anda harus pastikan tanaman peperomia watermelon tidak terpapar sinar matahari langsung.

peperomia watermelon
Sumber : https://www.myplantwarehouse.com.au/

 

9. Magnoliifolia

Magnoliifolia sangat cocok dengan berbagai kondisi tempat sehingga sangat direkomendasikan untuk para pemula.

Baca Juga:   16 Jenis Kaktus yang Bikin Rumah Jadi Estetik

Bentuk daun peperomia satu ini terlihat seperti oval. Permukaan daunnya seperti tanaman dengan lapisan lilin yang mengkilap dan sangat cantik.

Sealian warna hijau, Anda juga bisa menemukan daun peperomia berwarna kuning dan emas. Tenang, struktur tanaman ini juga cukup kokoh, lho.

Magnoliifolia
Sumber : https;//www.pinterest.com/

10. Caperata

Tanaman hias peperomia caperata merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah perawatannya. Tidak mengherankan jika tanaman satu ini banyak menjadi incaran para pemburu tanaman hias.

Bentuk daunnya yang kecil membentuk hati dengan permukaan yang penuh kerutan, menjadi ciri khas tanaman ini.

Warna daun caperata pun cukup beragam mulai dari hijau, merah, hingga abu-abu keperakan.

Cara merawat tanaman satu ini cukup mudah. Anda hanya perlu menyiramnya 1 kali dalam seminggu dan melakukan pemupukkan 1 kali dalam kurun waktu 3-4 bulan.

caperata
Sumber : https://ornamentalis.com/

Itu dia beberapa jenis peperomia yang bisa jadi pilihan tanaman hias yang cocok untuk dekorasi rumah baik indoor maupun outdoor.

Selain mempercantik, tentunya dengan adanya tanaman hias akan memberikan kesan hidup yang segar pada hunian kesayangan Anda.

Bagi Anda yang ingin mulai memelihara tanaman hias, pastikan Anda memiliki beragam keperluan berkebun, seperti pot tanaman, media tanam, dan alat semprot air.

Nah, Anda bisa menemukan perlengkapan berkebun, keperluan rumah tangga, serta perabot terbaik  hanya di Ruparupa.com.

Situs e-commerce terpercaya yang menyediakan beragam produk dari brand terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Toys Kingdom, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi.

Kami juga punya berbagai rekomendasi perlengkapan untuk merawat tanaman hias, seperti berikut ini.

pot
Kris Garden Pot Tanaman Keramik Barbara Terracota 11 Cm – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

alat semprot
Kris Garden Alat Semprot Tanaman 350 Ml – Hitam – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

pupuk tanaman
Pupuk Tanaman Ga Premium Daun 500 Ml – Temukan hanya di Ruparupa.com

Beli di sini