8 Jenis Bunga Keladi Beracun dan Bahayanya

0
3669
peace lilly
Sumber : https://www.http://plantscapers.com/

Apakah Anda familiar dengan tanaman bunga keladi? Biasanya, jenis tanaman hias satu ini sering menghiasi pekarangan rumah, loh. Bunga keladi merupakan tanaman yang masuk dalam rantai keluarga talas. Ciri khasnya adalah memiliki daun berbentuk hati.

Walau sebagian jenis tanaman keladi bisa Anda konsumsi, tetapi ada juga jenis bunga keladi beracun, yang membahayakan jika Anda menyentuh dan memakannya.

Ruparupa Banner

Jenis-jenis Bunga Keladi Beracun

Berikut ini beberapa jenis bunga keladi yang mengandung racun dan bahaya yang akan timbul setelah terkena getahnya. Jangan sampai lengah, ya!

1. Dieffenbachia

Bunga keladi beracun dieffenbachia
Sumber : https://bramleyparkhouseplants.co.uk/

Tanaman asli Meksiko ini merupakan tanaman hias yang cukup populer. Tanaman yang dijuluki tanaman ibu mertua ini termasuk tanaman beracun, yang memiliki efek berbahaya.

Jika tertelan getah dari daun dieffenbachia, Anda akan mengalami gejala gatal-gatal, kejang pada bibir, lidah, atau kerongkongan. Namun, tidak perlu khawatir karena gejala ini bisa pulih dengan sendirinya.

Lain halnya jika terkontaminasi terlalu banyak, maka bisa menimbulkan efek berbahaya, seperti rasa panas dan sesak napas, yang dapat berakibat kematian.

Hal ini terjadi karena adanya kandungan kristal kalsium oksalat pada sel tanaman, yang membentuk jarum atau disebut raphides.

tanaman artifisial
Tanaman Artifisial Dieffenbachia Dengan Pot – Temukan hanya di ruparupa.com

Beli di sini

2. Caladium

bunga keladi caladium
Sumber : https://www.southernliving.com/

Caladium atau yang lebih kita kenal sebagai kuping gajah merupakan jenis tanaman keladi yang mengandung racun. Jika Anda menggosokkan tangan pada daun tanaman ini, tangan Anda akan merasakan sensasi terbakar.

Getah tanaman Caladium bisa menimbulkan pembengkakan, mulai dari lidah, bibir, hingga saluran pernapasan. Jangan sampai tertelan karena dapat  menyebabkan sesak napas.

Baca Juga:   7 Media Tanam Hidroponik yang Bikin Subur

3. Philodendron

tanaman keladi Philodendron
Sumber : https://philodendronplants.blogspot.com/

Tanaman hias philodendron termasuk jenis bunga keladi yang mudah perawatannya, bahkan sempat menjadi tanaman populer selama pandemi. Namun, Anda perlu berhati-hati, terutam jika memiliki anak kecil.

Jika tidak sengaja menelan tanaman ini, bisa-bisa menyebabkan mual, diare, muntah, hingga kulit iritasi dengan rasa terbakar.

4. Peace lily

peace lilly
Sumber : https://www.http://plantscapers.com/

Meski memiliki bunga putih yang sangat elegan dan indah, ternyata tanaman peace lily mengandung zat beracun di dalamnya. Walau tidak berbahaya jika disentuh, tetapi akan menyebabkan gejala serius jika tertelan oleh anak-anak dan hewan peliharaan.

Mirip dengan tanaman dumb cane, peace lily juga mengandung kristal kalsium oksalat, yang bisa menyebabkan muntah, iritasi saluran mulut dan tenggorokan, bahkan kesulitan menelan dan bernapas.

Agar tidak tersentuh buah hati atau hewan peliharaan, Anda bisa gunakan pot bunga berkaki tinggi, seperti produk di bawah ini.

pot bunga kaki tinggi
Pot Tanaman Dengan Stand 90.5 Cm – Terracotta – Temukan hanya di ruparupa.com

Beli di sini

5. Keladi mickey mouse

Keladi mickey mouse
Sumber : https://www.teojooguan.com/

Keladi mickey mouse mempunyai nama latin Alocasia Xanthosoma Variegata, yang punya daun berbentuk mirip wajah salah satu karakter kartun, yaitu mickey mouse.

Dengan daun berwarna hijau dengan sedikit corak putih, jenis bunga keladi ini juga mengandung kalsium oksalat yang berbahaya jika tidak sengaja termakan.

Gejala yang akan timbul adalah rasa gatal, serta terbakar di area mulut dan tenggorokkan.

6. English ivy

Hedera
Sumber : https://www.gardenchronicle.com/

Tanaman yang dikenal dengan nama hedera ini termasuk tanaman bunga keladi yang merambat dan cukup populer menghias teras rumah. Jika ditata dengan teratur, tanaman ini akan membentuk pagar tanaman yang cantik.

Baca Juga:   5 Tips Membuat Teras Rumah minimalis

Meski terlihat segar, jangan sampai daun dari tanaman ini tidak sengaja termakan. Bisa-bisa menimbulkan beberapa gejalan, seperti iritasi, gatal, hingga sesak napas.

7. Devil’s ivy

bunga keladi beracun devils ivy
Sumber : https://www.touchwoodflowers.com.au/

Tanaman ini sering dikenal sebutan pothos atau sirih gading. Bila Anda mencari tanaman merambat untuk menghiasi rumah, Anda bisa memakai sirih gading.

Meski kaya akan manfaat untuk membersihkan polutan berbahaya, tetapi zat yang terkandung di tanaman keluarga talas ini tidak kalah berbahaya. Jika termakan, bisa-bisa menimbulkan gatal dan diare.

8. Lidah mertua

bunga keladi beracun lidah mertua
Sumber : https://www.groupon.co.uk/

Tanaman lidah mertua merupakan salah satu jenis tanaman populer yang menghiasi mayoritas pot bunga di sebuah rumah. Selain mudah perawatannya, tanaman ini juga dipercaya dapat membersihkan udara dari zat berbahaya.

Walau memiliki manfaat besar, Anda harus perhatikan buah hati dan hewan peliharaan agar jangan sampai tertelan getah tanaman ini karena bisa menyebabkan diare hingga muntah-muntah.

***

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai jenis bunga keladi beracun yang harus dijauhkan dari buah hati dan hewan kesayangan, ya. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan.

Bagi Anda yang ingin mulai budi daya atau sekedar memelihara tanaman hias di rumah, Anda bisa menemukan berbagai kebutuhan bercocok tanaman, mulai dari alat penyiram, media tanam, hingga pot tanaman hanya di Ruparupa.com.

Situs e-commerce yang menyediakan berbagai kebutuhan untuk bertanam dari rumah dari brand terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE Hardware, Toys Kingdom, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi.

Kami punya juga beberapa rekomendasi produknya berikut ini.

media tanam
Plants On Sunday 1 Kg Refill Media Tanam Signature Mixing Soil – Beli di ruparupa.com

Beli di sini

alat penyiram tanaman
Ace Penyiram Tanaman Plastik 8 Ltr – Beli hanya di ruparupa.com

Beli di sini