Harbolnas?

0
165
harbolnas

Apa Itu Harbolnas?

Harbolnas merupakan singkatan dari Hari Belanja Online Nasional yang jatuh setiap tanggal 12 Desember. Pada tanggal 12 Desember ini, hampir seluruh e-commerce di Indonesia akan memberikan promo dan diskon besar-besaran. Bahkan memberikan potongan hingga 90%.

Hari Belanja Online Nasional ini diadaptasi dari perayaan belanja Black Friday versi online atau dikenal dengan Cyber Monday di beberapa negara, seperti Amerika, Kanada, Inggris, Jerman dan Jepang. Dimana para pelaku retail mengadakan promo dan diskon besar setelah perayaan Thanksgiving.

Harbolnas diadaptasi dari Cyber Monday, perayaan belanja Black Friday versi online.

Black Friday sendiri selalu identik dengan dimulainya musim belanja jelang Natal. Hal ini ditandai dengan berbagai toko yang memberikan diskon dan promo besar-besaran serta membuka toko dengan waktu yang lebih lama pada hari tersebut.

Acara ini disebut Black Friday karena dilakukan pada hari Jumat, dan pada hari tersebut dapat dipastikan bahwa semua toko akan meraup keuntungan besar dan mencatat neraca pembukuan dengan tinta hitam. Setelah bulan-bulan berikutnya kebanyakan mencatat kerugian dengan tinta berwarna merah. Momen ini jugalah yang dimanfaatkan oleh pelaku retail online untuk memperbaiki neraca perdagangan mereka selama satu tahun.

Harbolnas sendiri pertama kali diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2012, yang dikenal dengan aksi 121212, karena diadakan pada tanggal 12, bulan Desember, tahun 2012. Aksi 121212 ini merupakan sebuah inisiatif bersama untuk mendukung pertumbuhan industri e-commerce serta memperkenalkan cara belanja online kepada masyarakat Indonesia pada masa itu. Harbolnas 2012 diikuti oleh 7 e-commerce Indonesia.

Bahkan ada yang memberikan diskon hingga 90% selama satu hari penuh.

Mengingat aksi 121212 yang sukses dengan debut perdananya, maka pada tahun 2013 para pelaku retail online di Indonesia memperkenalkan istilah Hari Belanja Online Nasional yang disingkat menjadi Harbolnas. Pada tanggal 12 Desember inilah semua e-commerce memberikan penawaran terbaik mereka. Bahkan ada yang memberikan diskon hingga 90% selama satu hari penuh. Tahun 2013, perayaan Hari Belanja Online Nasional ini diikuti oleh 22 e-commerce.

Di tahun berikutnya, perayaan hari belanja ini semakin berkembang dengan rangkaian promosi yang beraneka ragam.

Jika di tahun sebelumnya perayaan Harbolnas dilakukan selama 1 hari penuh, di tahun 2014 para pelaku retail online mulai memodifikasi masa promosi mereka. Lama promosi diubah menjadi 3 hari, satu minggu, bahkan hingga satu bulan. Seiring dengan pertumbuhan e-commerce di Indonesia, maka perayaan Harbolnas di tahun 2014 semakin marak. Pada tahun 2014 diikuti oleh 78 e-commerce, dan di tahun 2015 diikuti oleh 140 perusahaan e-commerce Indonesia.

Pada tahun ini, Harbolnas diselenggarakan dengan fokus untuk meningkatkan kualitas pengalaman konsumen dalam berbelanja online. Hari Belanja Online Nasional 2016 akan segera tiba, sudah siapkah Anda untuk menyambut Harbolnas 2016?