Spider-Man merupakan karakter fiksi dari Marvel yang dibuat oleh Stan Lee – Pendiri Marvel Comics dan Steve Ditko – co-artist Marvel Comics yang membantu Stan Lee membuat Doctor Strange ini sukses membuat kagum para penggemar tokoh superhero! Bagaimana bisa? Apasih yang membuat orang-orang kagum terhadap tokoh ini?

  • Spider-Man memiliki karakter yang tidak mudah menyerah, selalu bangun kembali jika ia kalah
  • Meskipun memiliki kekuatan yang sangat hebat, ia juga memiliki tanggung jawab yang besar juga
  • Memiliki banyak cerita serta versi seperti yang akan kita bahas di review ini

Spider-Man sendiri sudah sering difilmkan dan diperankan oleh aktor yang berbeda, seperti:

Film Spider-Man : Tobey Maguire

Spider-Man
Tobey Maguire

merupakan aktor Spider-Man pertama yang bermain di trilogy Spider-Man yang dirilis tahun 2000 – 2007. Ketiga film ini di sutradarai oleh Sam Raimi (The Evil Dead, Oz The Great and Powerful, Crawl). Pada awalnya, Sam ingin melanjutkan kembali trilogy Spider-Man, dan sudah membuat skrip filmnya, yang menggunakan Carnage (Sama seperti Venom, tetapi memiliki warna merah dan lebih kuat) sebagai main villain, tetapi ditolak oleh Sony dan pihak Sony ingin membuat film Spider-Man lain dengan aktor yang lain.

Film Spider-Man : Andrew Garfield

Spider-Man
Tobey Maguire

pemeran di sequel The Amazing Spider-Man yang disutradarai oleh Marc Webb (500 Days of Summer), tetapi , kedua film Spider-Man ini tidak sesukses trilogy sebelumnya, mulai dari cerita yang biasa saja, sampai sang aktor yang kurang menjiwai sebagai Peter Parker / Spider-Man. Akan tetapi, banyak banget fans Spider-Man yang suka sama performa Andrew ini, banyak yang bilang kalau dia yang hampir mirip dengan Peter yang ada di komik.

Film Spider-Man : Tom Holland

Spider-Man
Tom Holland

Dan, pada tahun 2015, Disney membeli Hak Cipta Spider-Man yang masih dimiliki Sony, dengan syarat, film Spider-Man yang akan dibuat, harus diproduksi oleh Sony Pictures. Dan pada akhirya, Tom Holland diperankan sebagai Spider-Man di MCU (Marvel Cinematic Universe), dan sudah memerankan Peter Parker / Spider-Man di 5 Film MCU :

  • Captain America : Civil War
  • Spider-Man : Homecoming
  • Avengers : Infinity War
  • Avengers : Endgame
  • Spider-Man : Far From Home

Tom Holland dianggap sebagai pemeran Spider-Man terbaik, dengan memiliki tingkat akurasi dari komik yang sama persis dengan Peter Parker. Cerita yang dibawakan juga sangat original, menceritakan bagaimana Peter harus membuktikkan dirinya pantas menjadi anggota Avengers dan harus menjalani tugasnya sebagai Avengers, demi menggantikan Tony Stark yang sudah mati. (Avengers : Endgame)

Spider-Man : Into The Spiderverse!

Spider-Man

Nah, film Spider-Man yang akan kita bahas kali ini , bukanlah film live-action, tetapi film animasi buatan Sony yang sutradarai oleh Bob Persichetti, Peter Ramsey, dan Rodney Rothman dan di produksi oleh Christopher Miller dan Phil Lord (21-22 Jump Street). setelah dirilis bulan desember tahun lalu, sudah memiliki pendapatan sebesar 375 Juta Dollar secara worldwide (mendunia), melebihi pengeluaran produksi sebesar 90 juta Dollar. Selain memiliki pendapatan yang banyak, film ini juga mendapatkan berbagai awards seperti :

  • 91st Academy Awards, kategori Best Animated Picture
  • 46th Annie Awards
  • 76th Golden Globe Awards

Film ini dimana sih bagusnya? Apa yang membuat film ini sampai menang awards besar sampai 3 kali? Yuk kita bahas!

Plot

Spider-Man
Miles Morales

Menceritakan kisah dari Miles Morales (Shameik Moore), seorang anak remaja biasa yang sangat suka sekali menggambar gratifi bersama dengan pamannya, Aaron Davis. Pada saat mereka sedang melakukan gratifi di ruangan bawah tanah, Miles tergigit laba-laba radioaktif yang datang dari “dunia lain”, hal itu terjadi karena Kingpin, musuh dari Spider-Man yang sedang membuat “Super Collider” untuk mendatangkan keluarganya yang meninggal dari “universe” lain.

Dan, Miles mengetahui bahwa ia bukan merupakan satu-satunya Spider-Man, di film ini kita akan melihat berbagai Spider-Man dari Universe yang berbeda-beda :

Peter B. Parker (Jake Johnson) dari Earth-TRN701, merupakan mentor pengganti Peter Parker di dunia Miles Morales yang mati karena Kingpin.

Peter B Parker

Spider-Gwen / Gwen Stacy (Hailee Steinfeld), dari Earth-65, merupakan teman pertama Miles.

Spider-Gwen

Peni Parker dari Earth-14512 (Kimiko Glenn), menggunakan robot berbasis laba-laba yang juga jadi teman dekatnya

Peni Parker dengan robot laba-laba nya

Spider-Man Noir (Nicholas Cage), berasal dari Universe yang semua nya memiliki tema “noir” atau hitam-putih seperti tv jaman dulu

Spider-Man Noir

Spider-Ham / Peter Porker (John Mulaney) dari Earth-8311, seorang manusia yang digigit oleh “radioactive pig”

Spider-Ham

Dibantu oleh kelima temannya, mereka harus bersama-sama mengalahkan Kingpin serta kembali ke universe mereka masing-masing, karena semakin lama mereka hilang dari universe mereka sendiri, tubuh mereka akan hancur seperti debu.

Animation

Lord & Miller ingin membuat film yang akan membuat para penontonnya merasa mereka sedang berada di dalam dunia komik. Dalam proses pembuatannya, mereka menggunakan warna dan visual yang sama seperti komik di tahun 70an, dan mereka membutuhkan kurang lebih 140an animator, dan pada bulan agustus 2018, mereka sudah mendapatkan 177 animator, kru produksi Sony Picture Imageworks terbesar yang pernah digunakan dalam pembuatan film animasi. Produksi animasi ini selesai di bulan Oktober 2018.

Animasi Visual yang ditawarkan di film ini, memanjakan mata banget! Jadi pas kita nonton, bakal terasa banget vibe comic nya, jadi kamu bisa merasakan gimana jadinya hidup di komik! Dan ini pertama kalinya dalam film animasi loh! Warna dari setiap pixel bener-bener mendetail banget tanpa ada cacat sedikitpun. Apalagi pas scene yang Miles loncat dari gedung tinggi sambil slow-motion, keren banget!

Story

Penulisan script cerita, awalnya difokuskan kepada kisah romance Miles dan Gwen, tetapi akhirnya cerita tersebut tidak jadi digunakan karena tidak sesuai dengan apa yang ingin dibuat di film ini. Skrip ditulis oleh sang produser nya langsung, yaitu Phil Lord dan Rodney Rothman, dan untuk pertama kalinya, Lord tidak dibantu oleh Miller.

Cerita yang dibawakan oleh Lord ini bener-bener original dan straight from the comics! menceritakan bagaimana Miles harus menjalani janjinya yang dibuat kepada Peter sebelum ia mati oleh Kingpin. Mulai dari Miles yang harus belajar menjadi Spider-Man, lalu apa yang harus ia lakukan untuk mengambil tanggung jawab sebagai superhero, dan harus belajar untuk selalu bangun disaat terjatuh, seperti Peter Parker. Dijamin, ngga bakal bosen deh nonton film ini!

Peter Parker di dunia Miles Morales

Cast Lainnya

Selain para Spider-Hero, ada juga beberapa tokoh penting di dalam film ini seperti :

  • Jefferson Davis : Ayah dari Miles Morales, yang diperankan oleh Brian Terry Hendry, pada awalnya ia sangat benci sekali terhadap Spider-Man, dan menggangap bahwa Spider-Man seorang villain
  • Aaron Davis (Prowler) : Diperankan oleh Mahershala Ali Paman dari Miles Morales, yang juga bawahan dari Kingpin. ia selalu mendukung apa yang Miles lakukan, berbeda dari ayahnya
  • Aunt May : Diperankan oleh Lily Tomlin, bibi dari Peter Parker, yang juga membantu dalam proses pembuatan baju Spider-Man Miles Morales
  • Mary Jane Watson : diperankan oleh Zoe Kravitz, “love of my life” Peter Parker
  • Wilson Fisk (Kingpin) : diperankan oleh Liev Schrieber (Ray Donovan, X-men Origins : Wolverine) Pemilik dari Fisk Industries yang juga musuh bebuyutan Spider-Man

Soundtrack

Music di film ini dibawakan oleh beberapa rapper terkenal seperti :

  • Post Malone (Austin Richard Post) : rapper asal Amerika yang terkenal dengan lagu “Psycho” dan “Rockstar”, di film ini, ia membawakan lagu ‘Sunflower
  • Swae Lee (Khalif Malik Ibn Shaman Brown): Rapper asal Amerika, yang membawakan lagu ‘Sunflower” bersama dengan Post Malone
  • Ty Dolla Sign (Tyrone William Griffin Jr) : Rapper asal Amerika, yang membawakan lagu “Scared of the Dark” bersama dengan XXXTentacion (Jahseh Dwayne Ricardo Onfroy) dan Lil Wayne (Dwayne Michael Carter Jr)

Kesimpulan

Film ini sudah tayang di bioskop Indonesia sekitar 9 bulan lalu, yaitu 12 Desember 2018. Dan kenapa saya merekomendasikan menonton yang tayangnya sudah lama sekali?

  • Film ini memberikan moral story yang sangat baik dan cocok untuk kita terapkan dalam kehidupan kita
  • Mendapatkan review yang hampir sempurna di beberapa website movie review ternama seperti :
    • Rotten Tomatoes : 97%
    • IMDb : 8.4 / 10
    • Metacritic : 87%
    • Common Sense Media : 4.4 / 5
  • Satu-satunya film Spider-Man yang menceritakan karakter yang bukan Peter Parker, karena hampir semua film Spider-Man, hanya berfokus kepada Peter, bukan yang lain.
  • Memiliki Visual Effects yang dibuat berbasis komik
  • Original Soundtrack yang sesuai dengan situasi filmnya
  • Banyak sekali easter egg (Hint tersembunyi yang berhubungan dengan film, serial atau komik).

Satu lagi untuk penggemar Spider-Man! ruparupa juga memiliki aksesoris yang keren, dan lucu! Apalagi untuk anak-anak, seperti :

  • Tas Sekolah
  • Tempat makan
  • Botol minum
  • Notebook
  • Tas selempang
  • Hiasan Dinding

Film ini sudah bisa ditonton di website streaming film seperti Netflix dan DVD / Blu-ray! Cek filmnya, and be amazed about how great this movie is!

“That’s all it is, Miles. A Leap Of Faith”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here