8 Inspirasi Desain Apartemen Studio | Nyaman dan Aesthetic!

0
2287
Desain apartemen studio
Inspirasi desain apartemen studio aesthetic (Source: istockphoto.com)

Mau desain apartemen studio supaya makin aesthetic? Cari inspirasinya di sini!

Saat ini, apartemen tipe studio sering menjadi pilihan karena memiliki banyak kelebihan. Misalnya, harganya lebih terjangkau, nggak memerlukan banyak furnitur, praktis dan strategis, mudah dibersihkan, hingga minim biaya perbaikan berkat ukurannya.

Ruparupa Banner

Berhubung ukuran apartemen studio biasanya nggak terlalu besar, butuh trik dan konsep yang cocok supaya apartemen nggak terasa sempit, nih. Desainnya juga perlu dipikirkan matang-matang supaya nggak membosankan.

Nah, kalau kamu ada rencana mendekorasi atau desain ulang apartemen studio, cari tahu beberapa inspirasinya dari Ruparupa dan Rukita di bawah ini, yuk!

8 Inspirasi Desain Apartemen Studio, Bikin Makin Nyaman dan Aesthetic!

Dari desain apartemen bergaya Korea, industrial, sampai merancang apartemen tipe loft, berikut beberapa ide desain apartemen studio yang bisa kamu coba.

1. Desain Apartemen Studio Korean Style

Desain apartemen studio
Desain apartemen studio Korean style (Source: istockphoto.com)

Siapa yang suka menonton drama Korea? Kalau diperhatikan, desain interior rumah dan kamar ala Korea menarik banget, bukan? Kamu juga bisa, lho, menyulap apartemen mungil kamu jadi bergaya Korea.

Biasanya, Korean style ini menggunakan warna-warna yang kalem dan nggak ngejreng seperti warna pastel, krem, beige, putih, cokelat, atau abu-abu muda. Selain itu, pilih juga beberapa furnitur yang terbuat dari bahan kayu. Sebaiknya jangan memilih warna yang mencolok atau motif yang terlalu ramai.

Kamu juga bisa memilih kasur dengan tempat tidur yang nggak terlalu tinggi, nih. Atau bahkan sering kali kasur di kamar ala Korea nggak menggunakan rangka tempat tidur. Selain itu, pilih juga seprai dengan motif yang Korea banget, misalnya kotak-kotak atau gingham.

2. Dominasi Interior dengan Warna Monokrom

Desain apartemen studio
Desain apartemen studio monokrom (Source: istockphoto.com)

Kalau lebih suka desain apartemen yang lebih simpel, kamu bisa memilih warna monokrom untuk mendominasi ruangan. Misalnya, dengan memilih warna-warna seperti putih, hitam, dan abu-abu.

Baca Juga:   Tips Desain Apartemen ala Korea yang Unik

Nah, kalau mau ruangan jadi terlihat lebih mewah, kamu bisa menambahkan aksen kayu, baik pada lantai, dinding, atau furnitur, sehingga tampilan apartemen nggak terlalu monoton.

3. Desain Apartemen Tipe Studio Nuansa Earth Tone

Desain apartemen studio
Desain apartemen studio nuansa earth tone (Source: istockphoto.com)

Kalau kamu anak ‘bumi’ banget, studio bernuansa earth tone cocok, nih. Biasanya, desain interior ini didominasi oleh kayu. Selain itu, kamu juga bisa memilih warna-warna alam, seperti cokelat atau hijau.

Nah, supaya lebih terasa nuansa alamnya, kamu juga bisa menambahkan tanaman indoor, nih. Selain apartemen terasa lebih asri dan segar, tampilan ruangan juga menjadi lebih cantik, lho.

4. Konsep Clean dan Modern

Desain apartemen studio
Desain apartemen studio berkonsep clean dan modern (Source: istockphoto.com)

Desain berkonsep clean dan modern ini bisa bikin apartemen kamu terasa lapang, bersih, dan minimalis. Kamu bisa memilih warna furnitur dan interior serbaputih atau dikombinasikan dengan warna-warna netral.

Furnitur yang dipilih juga sebaiknya yang sederhana dan nggak memiliki aksen ramai. Sebaiknya jangan menyimpan banyak barang supaya ruangan terlihat lebih bersih dan lapang. 

5. Desain Apartemen Studio Bergaya Industrial

Desain apartemen studio
Desain apartemen studio bergaya industrial (Source: istockphoto.com)

Mau apartemen studio yang lebih unik? Kamu bisa mencoba konsep bergaya industrial. Warna dinding yang bisa dipilih misalnya abu-abu atau hitam. 

Nah, supaya lebih berkesan industrial, kamu bisa menambahkan tampilan kayu atau batu bata di dinding. Kalau nggak mau ribet, kamu juga bisa memilih wallpaper motif kayu dan batu bata saja.

Jangan lupa untuk menyesuaikan furniturnya juga, nih. Pilihlah furnitur dengan warna dan motif yang bisa menonjolkan kesan industrialnya. Misalnya, sofa berwarna abu-abu, hitam, atau oranye.

6. Manfaatkan Partisi untuk Mendesain Apartemen

Apartemen minimalis
Desain apartemen studio dengan partisi (Source: istockphoto.com)

Mau menambah ruangan di apartemen studio kamu? Nggak perlu repot, kamu bisa menggunakan partisi, lho. Dengan begitu, ruangan bisa disekat antara area tidur, ruang tamu, atau dapur. Apartemen kamu jadi seakan memiliki beberapa ruangan, deh.

Baca Juga:   15 Konsep Ruang Tamu Modern Minimalis

Supaya lebih hemat ruang, kamu bisa menggunakan partisi yang bermanfaat, misalnya rak buku, kabinet dapur, atau gantungan baju.

7. Desain Apartemen Studio Tipe Loft

Apartemen minimalis
Apartemen studio tipe loft (Source: istockphoto.com)

Untuk makin memanfaatkan ruang, kamu bisa mendesain apartemen studio dengan mezzanine atau setengah lantai atas, sehingga kamar kamu jadi seakan punya dua lantai, deh.

Biasanya, lantai atas digunakan untuk area tidur, sementara lantai bawah dimanfaatkan untuk ruang tamu, dapur, kamar mandi, atau ruang bersantai.

8. Desain Apartemen Mewah

Apartemen minimalis
Apartemen studio mewah (Source: istockphoto.com)

Jika mau lebih ekstra dan punya budget lebih, kamu bisa memilih desain apartemen mewah. Nah, biasanya konsep ini didominasi oleh warna-warna gold. Jangan lupa juga pilih furnitur dengan aksen mewah untuk menambah kesan luxury. Mau makin glamor? Kamu juga bisa memasang lampu gantung atau chandelier di apartemenmu, lho.

Itu dia beberapa desain apartemen studio yang bisa jadi inspirasi untuk kamu. Walaupun kecil dan mungil, apartemen studio tetap bisa disulap menjadi nyaman dan aesthetic, kan? Jadi, desain apartemen yang mana favorit kamu? Share di kolom komentar, yuk!

Cari kost yang nyaman dan estetik sekarang gampang. Tinggal buka aplikasi atau kunjungi website Rukita, perusahaan proptech penyedia hunian sewa jangka panjang tepercaya dan antiribet. Tersebar di berbagai kota di Indonesia, tinggal di Rukita dijamin nyaman banget. Atau mau cari sewa apartemen bulanan? Di Rukita semua lengkap!

Jangan lupa unduh aplikasi Rukita via Google Play Store atau App Store, bisa juga langsung hubungi Nikita (customer service Rukita) di +62 811-1546-477, atau kunjungi www.rukita.co.

Follow juga akun Instagram Rukita di @rukita_indo, Twitter di @rukita_id, dan TikTok di @rukita_id untuk berbagai info terkini serta promo menarik!