7 Cara Membuat Ruang Kerja di Rumah ala Japandi yang Cozy

0
1172

Konsep Japandi juga sering dijadikan pilihan saat mendesain ruang kerja di rumah. Japandi sendiri merupakan sebuah tema desain ruangan yang menggabungkan 2 konsep interior, yaitu gaya minimalis Jepang dan Scandinavian.

Tren interior kekinian ini menjadi favorit banyak orang karena punya tampilan sederhana, tetapi tetap estetik dan terlihat mewah. Apalagi, bila kita menerapkannya di dalam ruang kerja. Tentu, ruangan akan terlihat lebih rapi yang membuat produktivitas kita meningkat. 

Ruparupa Banner

Namun, Bagaimana Cara Mudah Membuat Ruang Kerja ala Japandi?

Tenang, kali ini, kami punya beberapa tips untuk membuat ruang kerja minimalis di rumah bergaya Japandi dengan mudah. Simak, yuk. 

1. Gunakan perpaduan warna netral pada dinding dan perabot

Gaya interior Japandi terdiri dari konsep Jepang dan Scandinavian. Namun, tahukah kamu kalau ternyata kedua gaya interior ini memiliki unsur yang cukup bertentangan, lho. 

Konsep Jepang cenderung menggunakan warna-warna terang dan alami, dari putih, krem, hingga cokelat kayu muda. Lain halnya dengan konsep Scandinavian yang cenderung memakai warna lebih gelap, seperti hitam dan cokelat tua.

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba menggabungkan dua warna netral yang kontras untuk menerapkan gaya Japandi ini di dalam ruang kerja.  Gunakan cat dinding berwarna putih yang dipadukan dengan meja kerja krem dan kursi hitam, seperti inspirasi berikut ini. 

Baca Juga:   5 Tips Menyatukan Ruang Makan dan Ruang Keluarga

Stonewall Kursi - Hitam menata ruang kerja di rumah ala japandi

2. Berikan sentuhan alam dari perabot ruang kerja

Setelah mengatur perpaduan warna, kamu bisa memilih jenis perabot yang akan kamu beli. Dalam konsep Japandi, pilihan paling ideal jatuh kepada perabot kayu untuk menambah kesan natural dan minimalis.

Kamu bisa menggunakan meja, kursi, hingga rak buku berbahan kayu dengan perpaduan warna natural, seperti coklat muda, krem, putih, dan sebagainya. 

ruang kerja di rumah Eigon Meja Kantor - Cokelat
Eigon Meja Kantor – Cokelat

Beli di sini

Preston Lemari Kabinet Oak 1 Pintu 3 Laci
Preston Lemari Kabinet Oak 1 Pintu 3 Laci

Beli di sini

3.  Gunakan meja dan kursi kerja yang nyaman

Elemen utama yang tidak boleh terlewatkan saat membuat sebuah ruang kerja adalah meja dan kursi kantor. Meski terkenal dengan konsep minimalis, ruang kerja bergaya Japandi juga harus memperhatikan kenyamanan dari furnitur yang digunakan.

Pastikan memilih meja kantor minimalis dengan permukaan datar dan dilengkapi tempat penyimpanan yang cukup banyak. 

ruang kerja di rumah Eigon Meja Kantor - Cokelat

Sedangkan untuk bangku, kamu bisa memakai kursi kantor ergonomis yang punya sandaran dan bantalan empuk. Berikut ini rekomendasi kursi kerja yang bisa kamu beli. 

Stonewall Kursi - Hitam
Stonewall Kursi – Hitam

Beli di sini

ruang kerja di rumah Carina Kursi Kantor Sandaran Tinggi - Cokelat
Carina Kursi Kantor Sandaran Tinggi – Cokelat

Beli di sini

4. Meletakkan tanaman hijau sebagai hiasan

Karena identik dengan konsep back to nature, kamu bisa menambahkan sedikit tanaman hias berwarna hijau di dalam rumah. Letakkan tanaman hijau di sudut ruangan untuk memberikan keseagaran saat sedang beraktivitas. 

ruang kerja di rumah Informa 64x110 Cm Tanaman Buatan Bristlegrass
Informa 64×110 Cm Tanaman Buatan Bristlegrass

Kamu juga bisa menempatkan tanaman hias kecil di atas meja kerja sebagai pemanis, seperti rekomendasi kami berikut ini. Namun, hindari meletakkan terlalu banyak pajangan karena dapat membuat meja jadi berantakan. 

ruang kerja di rumah Arthome 17 Cm Tanaman Artisial Kaktus Dengan Pot
Arthome 17 Cm Tanaman Artisial Kaktus Dengan Pot

Beli di sini

5.  Rapikan perlengkapan kantor dengan tempat penyimpanan

Gaya interior Japandi yang minimalis cenderung mengutamakan kerapian.Untuk itu, hindari meletakka banyak dokumen dan alat tulis di atas meja. Apalagi, meja kerja yang berantakan bisa membuat produktivitas kerja jadi menurun, lho. 

Baca Juga:   7 Jenis Kursi yang Wajib Ada di Rumah

Kamu bisa memakai kotak penyimpanan untuk merapikan semua perlengkapan kerja sesuai kategori. Jadinya, kamu bisa lebih mudah menemukan barang yang dicari. 

ruang kerja di rumah Organizer Meja - Hitam
Organizer Meja – Hitam

Beli di sini

6. Pilih hiasan dinding yang estetik

Agar dinding tidak terlihat kosong, tambahakn hiasan estetik, seperti cermin bulat, lukisan abstarak, dan sebagainya. Namun, pastikan memakai bingkai hiasan kayu untuk menciptakan ruangan yang lebih terlihat menawan.

Nah, kami punya beberapa rekomendasi hiasan dinding cantik untuk kamu.

Cermin Dinding 60 Cm Bundar U28 - Gold
Cermin Dinding 60 Cm Bundar U28 – Gold

Beli di sini

Hiasan Dinding 122.5x82.5x4.5 Cm Kanvas Lukisan Pohon
Hiasan Dinding 122.5×82.5×4.5 Cm Kanvas Lukisan Pohon

Beli di sini

7. Buat mini pantry di sisi ruangan

Banyak orang yang dapat fokus bekerja jika sambil minum kopi atau menyantap sedikit camilan. Apakah kamu salah satunya? Jika ya, itu tandanya kamu perlu memiliki mini pantry di ruang kerja. 

Bila ruang kerja tidak cukup besar, kamu bisa memanfaatkan atas kabinet untuk meletakakn gelas, mesin kopi, stoples camilan, dan microwave. 

Appetite 270 Ml Set 7 Pcs Malon Gelas Kaca Dengan Rak - Hitam
Appetite 270 Ml Set 7 Pcs Malon Gelas Kaca Dengan Rak

Beli di sini

Klaz Mesin High Pressure Coffee Maker Espresso
Klaz Mesin High Pressure Coffee Maker Espresso

Beli di sini

Kels Greyson Microwave 25 Ltr - Hitam
Kels Greyson Microwave 25 Ltr – Hitam

Beli di sini

Delicia 80 Ml Set 2 Pcs Cangkir Double Wall
Delicia 80 Ml Set 2 Pcs Cangkir Double Wall

Beli di sini

Itulah beberapa cara membuat ruang kerja di rumah bergaya Japandi yang nyaman dan bisa membuat kamu betah serta produktif. 

Belanja Perabot Ruang Kerja Minimalis Hemat Hingga 60% di sini

Berbagai furnitur minimalis untuk ruang kerja tersebut bisa kamu temukan hanya di ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menjual berbagai perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Toys Kingdom, Pet Kingdom, Chatime, Eyesoul, Ataru, Selma, dan lain-lain.