Di tengah menyebarnya virus corona, semua orang dihimbau untuk tinggal di rumah dan melakukan social distancing. Namun bagi Anda yang masih harus bekerja di kantor, jangan khawatir! Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut ini untuk mengantisipasi penularan COVID-19. Ini dia 11 cara yang dapat Anda lakukan untuk cegah corona di area perkantoran!

1. Jangan Lupa untuk Menggunakan Masker!

Gambar masker cegah corona

Penggunaan masker dapat menurunkan risiko penyebaran penyakit. Namun, penggunaan masker ini lebih disarankan bagi orang yang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman. Bagi Anda yang sedang merasa sakit saat hendak pergi ke kantor, Anda dapat memilih masker jenis surgical mask. Masker ini lebih mudah ditemukan dan nyaman dipakai untuk aktivitas sehari-hari.

2. Memeriksa Suhu Tubuh

Gambar infrared thermometer

Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh perkantoran yang masih didatangi oleh karyawan atau client-nya adalah dengan memeriksa suhu tubuh setiap orang yang masuk area kantor. Jika terdapat orang yang memiliki suhu tubuh tergolong tinggi (lebih dari 37,5Β° C), disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter atau beristirahat di rumah. Selain agar tidak menularkan penyakit kepada yang lain, orang dengan suhu tubuh tinggi juga lebih rentan tertular penyakit.

3. Disinfeksi Ruang Kerja

Gambar mesin cold fogging portable

Upaya lain yang dapat dilakukan dalam area kantor adalah melakukan disinfeksi ruangan. Agar memudahkan dalam melakukan disinfeksi ruangan kerja yang cukup besar, kantor Anda dapat menggunakan mesin cold fogging portable untuk hasil yang lebih maksimal. Karena, tindakan pengasapan atau fogging merupakan tindakan pencegahan untuk mengendalikan dan menghilangkan virus dan hama penyebab wabah penyakit. 

4. Mencuci Tangan Dengan Benar dapat Cegah Corona di Area Perkantoran

Gambar sabun cuci tangan

Tangan Anda merupakan salah satu media penularan virus. Untuk itu, Anda perlu menerapkan kebiasaan mencuci tangan secara berkala. Cara mencuci tangannya pun dapat mengikuti anjuran dari WHO (World Health Organization), yaitu selama 20 detik dengan sabun dan air mengalir. Pastikan untuk menggosok seluruh area tangan, mulai dari telapak, kelima jari, pergelangan, hingga punggung tangan.

5. Gunakan Hand Sanitizer sebagai Alternatif

Gambar hand sanitizer

Jika tidak sempat mencuci tangan, Anda dapat menggunakan hand sanitizer sebagai alternatif. Pakailah hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60% agar lebih efektif membunuh bakteri dan virus. Namun, penggunaan hand sanitizer beralkohol ini tidak dianjurkan digunakan secara rutin agar tidak merusak kulit.

6. Membersihkan Perabot Kantor Secara Rutin untuk Cegah Corona di Area Perkantoran Anda

Gambar tisu basah

Virus corona dapat bertahan pada benda mati dalam jangka waktu tertentu. Agar tidak tertular, bersihkan perabot kantor yang biasa Anda gunakan seperti meja, PC, keyboard, mouse, dan lain-lain secara rutin. Tisu basah dengan antiseptik dapat Anda jadikan pilihan supaya lebih praktis dibawa ke kantor. Karena, tisu jenis ini lebih efektif untuk membersihkan permukaan benda.

7. Bawa Bekal Sendiri dari Rumah

Gambar tempat makan

Perkuat daya tahan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Juga, pastikan untuk memakan makanan yang higienis. Jika perlu, Anda dapat membawa bekal sendiri dari rumah untuk memastikan makanan yang Anda makan terbebas dari kontaminasi virus atau bakteri. Anda dapat membeli peralatan makan dan minum yang sesuai dengan kebutuhan mulai sekarang!

8. Hindari Bersalaman!

Gambar orang bersalaman
Sumber : wallpaperflare.com

Kehidupan kantor yang ramai memang memungkinkan Anda untuk bertemu dengan orang baru hampir setiap hari. Tetapi, Anda juga perlu waspada dengan cara penularan virus corona yang dapat menular melalui kontak fisik dengan orang lain. Untuk itu, sebisa mungkin menghindari bersalaman atau segeralah mencuci tangan Anda jika sudah terlanjur.

9. Konsumsi Vitamin untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Gambar buah dan sayur
Sumber : commons.wikimedia.org

Bagi Anda yang harus masuk kantor di tengah penyebaran virus corona, mengonsumsi vitamin tentu merupakan hal yang penting untuk menjaga kekuatan sistem kekebalan tubuh. Dilansir dari cnnindonesia.com, jenis vitamin seperti vitamin C, B6, dan E dapat membantu Anda agar terlindungi dari infeksi virus dan bakteri. Ketiga vitamin ini pun bisa Anda dapatkan dari buah-buahan, sayur, dan kacang-kacangan.

10. Ikuti Etika Bersin atau Batuk yang Benar agar Cegah Corona di Area Perkantoran

Gambar etika batuk yang benar
Sumber : pxfuel.com

Anda yang berada di area kantor sebaiknya mengikuti etika bersin atau batuk yang benar untuk mencegah penularan virus dan bakteri. Caranya adalah dengan menutup mulut menggunakan tisu atau siku ketika bersin dan batuk. Kemudian, buanglah tisu yang Anda gunakan ke tempat sampah yang tertutup. Dan terakhir, jangan lupa untuk mencuci tangan Anda sesegera mungkin menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.

11. Terapkan Hidup Sehat dari Rumah

Gambar treadmill

Hidup sehat dimulai dari diri sendiri. Terapkanlah kehidupan yang sehat di rumah agar memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Contohnya dengan rajin berolahraga, menjaga kebersihan rumah, dan juga mengonsumsi makanan maupun minuman yang bergizi. Lengkapilah rumah Anda dengan berbagai perlindungan ekstra dari virus corona!

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penularan virus corona di area perkantoran. Yang terpenting adalah, janganlah lupa untuk menjaga kesehatan diri sendiri. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here