Indonesia saat ini sedang siaga menghadapi ancaman virus corona. Harian Kompas, 29 Januari 2020 menyebutkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menerbitkan panduan kesiapsiagaan menghadapi ancaman pandemi. Panduan yang diadopsi dari WHO tersebut, salah satunya menganjurkan penggunaan masker pernapasan sebagai cara pencegahan tertular virus. Masker dapat digunakan saat beraktivitas sehari-hari terutama saat batuk atau pilek.

Ada banyak masker pernapasan yang beredar bebas di apotek maupun toko alat kesehatan. Biasanya yang paling sering ditemui adalah masker dua warna. Namun ternyata ada beberapa jenis masker lain yang bisa Anda manfaatkan untuk berkendara hingga bekerja dalam situasi gawat seperti sekarang. Masker motor, masker N95, hingga masker anak masing-masing pilihan hadir dengan keunggulan berbeda.

Masker Pernapasan Dua Warna

Masker PernapasanMasker dua warna sering disebut juga masker bedah. Hal ini dikarenakan masker dua warna banyak digunakan oleh dokter dan tenaga medis. Menurut Seto Wing Hong dari WHO, berdasarkan banyak riset yang mereka lakukan, masker jenis ini sudah mumpuni untuk mencegah seseorang tertular virus. Namun tentunya dengan cara penggunaan yang tepat dan benar sesuai yang disarankan.

1. Pakailah bagian yang berwarna di bagian depan sebagai lapisan anti air dan bagian putih di bagian hidung hingga mulut sebagai penyerap cairan pernapasan
2. Saat akan digunakan, pegang bagian pinggir yang lebih tebal dan berkawat, kemudian rekatkan ke hidung Anda. Menyelaraskan bagian pinggir dengan bentuk hidung dapat dilakukan dengan cara memencet hidung menggunakan bagian pinggir tersebut
3. Pasang kedua tali karet pada telinga kanan dan kiri
4. Tarik bagian bawah pinggir sisi lain hingga menutupi mulut sebatas dagu
5. Jangan menggunakan masker dua warna dengan hidung terbuka
6. Hindari pula menarik masker ke daerah bawah dagu untuk berbicara misalnya
7. Hal ini dikarenakan masker dua warna yang telah digunakan sudah menyerap bakteri-bakteri yang mungkin berbahaya bagi kesehatan
8. Dan sebaiknya masker dua warna hanya untuk sekali penggunaan
9. Buanglah masker dua warna bekas pakai dengan cara memegang bagian lapisan anti air kemudian melipatnya dua bagian ke arah dalam, sehingga yang terlihat adalah lapisan anti air seutuhnya
10. Segera cuci tangan dengan sabun setelah membuang masker bekas pakai

Masker jenis ini hadir dengan harga yang cukup terjangkau. Di Ruparupa, Anda bisa mendapatkan 7 Pcs masker dua warna dari Iris dengan harga Rp 59.900. Anda bisa memanfaatkan fasilitas STOPS (Store Pickup Service) untuk membeli pesanan dan mendapatkan produk empat jam setelah transaksi diselesaikan.

Masker Pernapasan Anak

Sama seperti masker dua warna, masker anak pun memiliki lapisan anti air dan penyerap cairan di bagian dalam. Pembedanya ada pada ukuran masker yang lebih kecil dan tali kuping yang lebih pendek. Dimensi masker anak adalah 13,5 x 8 x 1 cm. Masker anak memiliki fungsi filtrasi hingga 99% untuk kotoran, debu, dan alergen. Cara penggunaan masker anak sama dengan masker dua warna pada dewasa.

Masker Motor & Anti Polusi

Masker untuk berkendara motor biasanya memiliki kemampuan menyerap CO2 dan partikel mikro. Masker motor dari Nexcare yang tersedia di Ruparupa misalnya, menyebutkan bahwa dapat menangkal polusi 3x lebih efektif dengan 3M filter carbon active technology yang terdapat di masker tersebut. Masker motor Nexcare terbuat dari bahan yang dapat dicuci. Namun begitu, pencucian sebaiknya dibatasi hanya 3x. Bungkus masker motor juga dilengkapi dengan perekat serbaguna untuk memudahkan penyimpanan.

Varian lainnya memiliki model lebih panjang hingga menutupi leher. Masker dari Maskr ini dilengkapi dengan karbon aktif yang berfungsi menyerap partikel mikro, partikel asap, gas beracun, uap kimia, hingga bakteri. Karbon aktif dari Maskr di klaim dapat memberikan proteksi selama enam bulan pemakaian. Dengan harga Rp 39.900, masker anti polusi dari Maskr adalah pilihan yang tepat untuk penggunaan jangka waktu lama.

Masker N95

Masker PernapasanNah, jenis masker lain yang dapat digunakan untuk menangkal virus berbahaya adalah N95. Sesuai namanya, N95 berarti dapat menyaring partikel besar atau kecil hingga 95%. Masker N95 lazim digunakan bagi yang langsung berhadapan dengan zat berbahaya, salah satunya asap kebakaran hutan. Saat ini, masker N95 juga banyak direkomendasikan bagi Anda yang ingin perlindungan maksimal dari virus corona. Masker ini membuat area hidung hingga dagu tertutup rapat.

Perhatian khusus untuk penggunaan masker N95 sebaiknya tidak digunakan oleh penderita asma. Hal ini dikarenakan masker bekerja dengan membatasi aliran udara yang mengalir. Sangat mungkin penggunanya akan merasakan sedikit sulit bernapas.

Baca Juga :Β Bersama Cegah Virus Corona Mengepidemi Indonesia

Anjuran penggunaan sebaiknya diikuti, untuk mendapatkan hasil yang efektif. Dihimbau juga agar Anda membeli sesuai jumlah yang diperlukan. Membeli masker pernapasan dapat dilakukan secara online di Ruparupa 24/7. Semoga ancaman wabah akibat virus corona ini segera berakhir.

3 KOMENTAR

  1. Dear Rupa2;
    slmt sore;
    Mohon kiranya dapat dibantu apakah masih terjual masker anti virus untuk anak2, umur 2 sd 10th.
    Sy mau beli bbrp buah.
    Trm ksh atas perhatian dan responsenya.
    Santo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here