Hidup sehat adalah satu-satunya solusi saat ini untuk menangkal serangan COVID-19. Menurut WHO, hal pertama yang dapat kita lakukan adalah sesering mungkin mencuci tangan selama 20-30 detik. Lebih lanjut, mengutip saran dr. Joyce Bratanata, Sp. PD, KPTI – Dokter Spesialis Penyakit Dalam di MRCCC Siloam Hospital Semanggi, setidaknya ada tiga hal yang dapat Anda lakukan untuk menunjang hidup sehat pada saat tanggap darurat seperti saat ini. Olahraga untuk menjaga stamina, istirahat cukup, dan makan makanan yang sehat dan bergizi agar imunitas terjaga.

1. Hidup Sehat, Cuci Tangan

Cuci tangan terlihat mudah. Semua pasti melakukannya setidaknya beberapa kali dalam sehari. Apakah Anda termasuk yang sering mencuci tangan juga? Yuk biasakan mencuci tangan setelah melakukan kegiatan harian di tempat yang banyak dihuni oleh kuman dan bakteri:
– Setelah menggunakan toilet atau bahkan sekedar membantu anak dan orangtua menggunakan toilet
– Sebelum dan setelah mengganti popok bayi
– Sebelum dan sesudah makan
– Setelah membuang sampah
– Setelah menyentuh hewan peliharaan
– Ketika tangan terlihat kotor

Terlebih lagi dalam upaya mencegah COVID-19, jangan lupa tambahkan rutin cuci tangan pada saat-saat berikut:
– Setelah bersin, membuang ingus, dan batuk
– Sebelum dan saat merawat orang sakit
– Mengendarai kendaraan umum
– Mengunjungi area umum, pasar, atau tempat ibadah
– Menyentuh barang-barang di tempat umum, termasuk uang kertas

Patut Anda ingat, cuci tangan dengan air hangat atau dingin sama-sama efektif membunuh virus, asalkan Anda menggunakan sabun selama 20-30 detik.

2. Hidup Sehat, Social Media Distancing

Hidup Sehat

Sedikit-banyak, pemberitaan mengenai virus corona dan dampaknya terhadap kehidupan manusia memberikan teror dan stress tersendiri bagi psikologis kita. Mulai dari obat yang masih dalam tahap uji coba, jumlah pasien yang terus bertambah (Belum lagi jika diketahui cluster berada dekat dengan tempat tinggal kita), beberapa pusat perbelanjaan yang sudah tutup, dan masih banyak lagi. Awas! Stress berkepanjangan menjadi penyebab menurunnya kekebalan tubuh. Pada tahap akut, malah membuat seseorang mudah terserang penyakit.

Ayo mulai hidup sehat dengan kelola stress demi tetap semangat berjuang melawan COVID-19. Banyak yang sudah membuktikan bahwa social media distancing sangat bermanfaat untuk membuat pikiran lebih rileks dan menghindari ketakutan yang berlebihan.

Virus ini menyerang hati dan jiwa, sebelum pernapasan dan paru-paru. Gue merasa baikan setelah social media distancing hari kedua di RS. Sosmed itu ICU raksasa. Runtuh mental semua orang kalua digempur berita COVID-19. Drop Imunitas.
-Bima Arya – Wali Kota Bogor-

Saya mengimbau masyarakat dan media di luar, untuk tidak menyebarkan informasi yang tidak akurat. Itu sangat mengganggu psikis. Apalagi terhadap pasien di rumah sakit, seperti yang saya rasakan. Selama masa isolasi satu minggu pertama, hampir setiap hari menangis.
-Pasien 01 COVID-19 di Indonesia-

Oh iya remember, share positive news ya.. I think all of us udah terima berita yang nakut-nakutin about COVID-19. So let’s try to share more good and positive news.
-Teresa Wibowo – CEO Ruparupa-

3. Hidup Sehat, Olahraga

Melakukan olahraga rutin juga sama dengan melatih tubuh untuk merespons stress lebih baik. Tak dipungkiri, banyak manfaat yang akan didapatkan tubuh saat Anda mengalihkan stress psikologis dengan berolahraga:

– Mengurangi ketegangan

Sebagai pengalih terhadap pikiran-pikiran negatif dan ketakuan berlebih

– Meningkatkan hormon bahagia

Membuat suasana hati lebih bahagia dan merupakan obat ampuh atasi depresi

– Membantu lebih fokus

Endorfin yang diproduksi selama berolahraga akan mendorong pertumbuhan sel-sel otak baru yang dapat membantu memerangi stress

– Menambah kepercayaan diri

Olahraga membakar kalori memberikan Anda rasa percaya diri, selangkah lebh maju menuju bentuk tubuh ideal

– Mendapatkan kualitas tidur baik

Kesulitan untuk mendapatkan tidur nyenyak adalah tanda awal seseorang mengalami stress. Olahraga dapat menjadi penolong pada saat-saat seperti ini

– Menjaga stamina

Melatih tubuh setiap hari melalui olahraga akan berdampak pada timbulnya pertahanan yang kuat terhadap penyakit.

Nah bagi Anda yang belum sempat meneruskan resolusi rutin olahraga sejak awal tahun, yuk lanjutkan lagi. Contek beberapa ide olahraga dalam ruang yang disarankan situs Bola.com berikut:

Yoga

Jogging

Zumba

Skipping

Kardio

4. Hidup Sehat, Istirahat Cukup

Dengan istirahat yang cukup selama +/- delapan jam setiap malam, sel-sel yang ada pada tubuh seseorang akan diperbarui. Bahkan sebuah penelitian sederhana dari Snoring & Sleep Disorder Clinic Indonesia, menghasilkan temuan orang yang cukup tidur memiliki daya tahan tubuh 20x lebih tinggi*, dibandingkan orang yang kurang tidur. Walau WFH, sebaiknya jangan kerja terlalu berlebihan, tambah dr. Joyce Bratanata. Saran yang cukup mudah bukan, mengingat sebagian besar aktivitas kita saat ini dilakukan dari rumah.

5. Hidup Sehat, Makan Makanan Sehat & Bergizi

Menjaga imunitas tubuh selama pandemi virus corona adalah suatu hal yang penting. Jangan lupa makan makanan sehat dan bergizi. Jika suka, Anda bisa memilih jus buah atau sayur sebagai pilihannya. Segar dan kaya vitamin, inilah campuran buah atau sayur yang bisa Anda coba dalam rangka menjaga imunitas tadi:

– Apel, wortel, dan jeruk

Tinggi vitamin A, asam folat, dan mineral

– Jeruk dan anggur

Tinggi vitamin C dan bersifat antioksidan. Khasiatnya adalah mendorong penyembuhan luka dan memerangi penyakit

– Stroberi dan manga

Tinggi vitamin E, yang berfungsi meningkatkan imunitas pada orang dewasa

– Kale, tomat, dan seledri

Kaya vitamin dan mineral penting, penunjang antiinflamasi, plus melepaskan efek menenangkan bagi tubuh

– Bit, wortel, jahe, dan kunyit

Berkhasiat mengurangi gejala peradangan yang menyertai influenza, pilek, hingga sakit badan