3 Cara Merawat Karpet Sintetis Agar Tahan Lama

0
672
Karpet sintetis

Ruang keluarga menjadi tempat yang paling menyenangkan untuk berkumpul bersama keluarga. Tidak heran bila ada banyak perabot dan perlengkapan yang nyaman diletakkan di ruang satu ini, mulai dari sofa, bantal, hingga karpet.

Nah, kali ini, kami akan membahas mengenai penggunaan karpet di ruang keluarga. Tidak hanya sebagai pemanis, karpet juga bisa menjadi tempat untuk bersantai. Apalagi, bila kita menggunakan karpet sintetis yang lembut.

Ruparupa Banner

Untuk itulah, perawatan karpet satu ini perlu diperhatikan dengan baik. Bila karpet yang kita gunakan kotor dan berdebu, tentu suasana di dalam ruang keluarga jadi tidak menyenangkan.

Lantas, Bagaimana Cara Merawat Karpet Sintetis?

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk merawat karpet sintetis di rumah.

1. Gunakan Vacuum Cleaner

Mengutip dari The Spruce, karpet sintetis terbagi menjadi beberapa jenis, yakni polyester, nilon, triexta, dan olefin yang sama-sama terbuat dari serat buatan dengan daya tahan cukup tinggi terhadap noda.

Baca Juga:   5 Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk

Cara membersihkannya secara rutin yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Namun, sebelum membersihkan karpet, pastikan kamu memindahkan furnitur yang ada di atasnya. Jadinya, kamu bisa lebih mudah membersihkan karpet.

cara merawat karpet
Bersihkan debu-debu halus yang ada di atas karpet menggunakan vacuum cleaner

2. Bersihkan Dengan Astonish

Astonish merupakan produk pembersih yang bisa digunakan untuk membersihkan furnitur rumah, termasuk noda di karpet sintetis. Cukup semprotkan astonish ke permukaan karpet yang terkena noda, lalu diamkan selama beberapa menit agar menyerap.

Setelah itu, gosok secara perlahan menggunakan spons atau kain microfiber dan lap permukaannya menggunakan kain bersih. Ini dia rekomendasi astonish yang bisa kamu gunakan.

cara merawat karpet
Astonish 1 Ltr Pembersih Noda Karpet Vac Maxx Machine

Beli di sini

3. Jemur Karpet

Sebelum digunakan kembali, tentu karpet harus dipastikan dalam kondisi yang kering.  Soalnya, karpet yang lembab bisa menimbulkan berbagai bakteri dan jamur di atasnya.

Selain bisa menjemur di bawah sinar matahari, kamu juga bisa mengeringkannya di depan kipas angin, seperti pilihan di bawah ini.

Krisbow 40 Cm Kipas Angin Lantai Klasik
Letakkan kipas angin dekat karpet untuk mengeringkan karpet sintetis yang lembab

Rekomendasi Bahan Karpet Sintetis Terbaik

Nah, sekarang kamu sudah mengerti cara merawatnya, bukan? Situs ruparupa.com juga memiliki berbagai pilihan karpet sintetis yang bisa kamu pasang di rumah, lho. Kami punya beberapa rekomendasi karpet sintetis terbaik yang bisa kamu gunakan.

Baca Juga:   6 Rekomendasi Perabot Minimalis Serba Putih Buat di Rumah

1. Karpet Sintetis Nilon

Jenis karpet berbahan dasar nilon memiliki daya pakai yang cukup lama karena bisa ditekuk atau diregangkan dari panjang aslinya tanpa merusak serat. Tidak hanya itu, bahan sintetis nilon bisa menyerap air hingga 5% dari berat aslinya.

Karpet sintetis jenis nilon
Informa 160x230cm Nicky Karpet D4 – Hitam

Beli di sini

Karpet nilon dengan motif berwarna
Karpet 140×200 Cm Neema 01

Beli di sini

2. Karpet Sintetis Polyester

Selain nilon, polyester juga menjadi pilihan terbaik karena bahannya lembut menyerupai beludru. Saat terkena air, bahan polyester juga bisa cepat kering. Jadi, kamu bisa meletakkannya di tempat yang mudah lembab, seperti dekat kamar mandi.

cara merawat karpet
Karpet 120×170 Cm Memory Foam – Abu-abu

Beli di sini

Karpet sintetis bahan polyester lembut
Karpet 70×150 Cm Frosty Faux Fur – Abu-abu

Beli di sini

Selain dua pilihan karpet di atas, kamu juga bisa menemukan karpet lainnya dengan ukuran dan motif beragam hanya melalui ruparupa.com.

Dapatkan berbagai jenis karpet berkualitas tinggi dengan KLIK DI SINI.

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perabot rumah tangga dengan penawaran menarik setiap harinya dari berbagai merek-merek ternama milik Kawan Lama Group seperti, ACE, Informa, Toys Kingdom, Selma, dan masih banyak lagi.