13 Cara Mengusir Tikus di Rumah Paling Ampuh

0
816
tikus

Tak hanya menjadi musuh besar para petani, kehadiran tikus juga menjadi pengganggu di rumah. Pasalnya, hewan pengerat ini kerap beseliweran mengotori dan merusak perabotan di rumah. Tidak hanya berantakan, tetapi kotoran tikus juga dapat menjadi bibit penyakit bagi sang pemilik rumah. Untuk itulah, sebaiknya Anda segera mengusir tikus sebelum menjadi sarang penyakit bagi anggota rumah.

Promo 12 12 Ruparupa

Meskipun mengganggu, sebagian dari kita pasti akan merasa jijik dan tidak tega bila harus membunuhnya secara langsung. Oleh karena itu, Anda memerlukan teknik khusus untuk mengusir dan membunuh tikus dari rumah. Sebetulnya, saat ini telah hadir beragam jebakan dan obat kimia yang beredar di pasaran. Namun, terkadang cara tersebut akan meninggalkan bangkai kecil di rumah dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Cara Mengusir Tikus

Tenang saja, Anda dapat mencoba ragam teknik ampuh mengusir dan membunuh tikus di rumah. Mari simak ulasan artikel di bawah ini ya!

1. Kayu Manis

Anda pasti sudah tidak asing dengan kayu manis yang kerap digunakan sebagai penyedap aroma masakan. Aroma pedas yang pekat dari kayu manis akan membuat tikus takut untuk mendekat. Caranya adalah dengan menaburkan bubuk atau beberapa batang kayu manis pada area yang sering dilewati oleh tikus, misalnya pada lemari, meja, laci, dan sebagainya.

2. Cabai rawit

Penyedap rasa pedas ini juga bisa membuat tikus enggan untuk mendekati area rumah. Caranya cukup mudah, Anda dapat menggunakan bubuk cabai rawit ke area yang sering muncul tikus.

Selain itu, Anda juga bisa membuat semprotan bubuk cabai rawit. Cara membuatnya pun mudah, yaitu hanya mencampurkan bubuk cabai, air, deterjen cuci piring, dan satu sendok makan minyak sayur secara bersamaan. Lalu, aduk hingga semua bahan tercampur rata. Bila sudah jadi, semprotkan bubuk cabai rawit pada area luar ruangan yang sering dilalui tikus.

Baca Juga:   5 Karakteristik Anjing Beagle yang Menarik

3. Lada bubuk

Anda bisa menggunakan lada hitam ataupun lada putih sebagai pengusir tikus. Kedua jenis lada tersebut memiliki senyawa piperin yang sangat menyengat dan akan membuat tikus merasa terganggu saat mendekatinya. Caranya dengan menaruh pada bubuk pada tempat yang sering didatangi oleh tikus.

4. Bawang putih dan merah

Bawang terkenal sangat efektif sebagai obat pengusir tikus alami. Soalnya, tikus tidak menyukai aroma bawang yang menyengat dan dianggap sangat menjijikan buat makhluk kecil ini. Anda hanya perlu meletakkan irisan bawang pada tempat persembunyian tikus. Setelah itu, tikus akan segera kabur karena tidak betah untuk berlama-lama di area tersebut.

5. Cuka apel

Jarang diketahui, ternyata tikus sangat tidak suka dengan aroma dari cuka apel, loh. Bau menyengat yang ditimbulkan dari cuka apel akan membuat tikus pusing dan mengganggu indera penciuman mereka saat mencari makan. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 50:50 ke dalam wadah botol semprotan. Kemudian, Anda bisa menyemprotkannya pada area luar maupun dalam rumah.

6. Cengkeh

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan cengkeh. Pasalnya, cengkeh memiliki aroma yang menyengat dan bisa membuat tikus merasa terganggu. Anda bisa menaburkan beberapa butir cengkeh atau mengoleskan minyak esensial oil berbahan dasar cengkeh di area depan pintu.

7. Kulit telur efektif

Siapa sangka sisa makanan yang sering kita buang rupanya juga ampuh untuk membasmi kehadiran tikus di rumah, loh. Caranya pun mudah, yaitu Anda cukup menghancurkan kulit telur hingga menyerupai bubuk. Kemudian, taburkan bubuk kulit telur tersebut pada beberapa area yang sering tikus lalui.

8. Kulit durian

Tidak hanya kulit telur, kulit durian juga sangat ampuh untuk mengusir tikus dari rumah. Selain memiliki sisi kulit yang tajam, kulit durian juga memiliki aroma menyengat, yang bisa merusak indera penciuman tikus. Anda hanya cukup meletakkan potongan kulit durian pada tempat gelap dan area yang menjadi tempat tinggal tikus.

Baca Juga:   Harbolnas?

9. Daun peppermint

Daun peppermint memiliki aroma pedas manis yang menenangkan bagi manusia, tetapi sangat berbahaya bagi tikus. Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba menggunakan minyak esensial peppermint atau ampas teh pepppermint. Selain itu, Anda bisa menanam daun mint pada area sekitar rumah untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah.

10. Paprika merah

Hampir mirip dengan bubuk cabai rawit, rupanya tikus juga takut dengan aroma paprika merah. Cara pengelolaannya juga sama, yakni mencampur bubuk paprika merah dengan air dan menjadikannya sebagai semprotan obat pengusir tikus.

11. Potongan rambut manusia

Meskipun jarang terdengar, tetapi tikus sangat tidak tahan melihat rambut manusia. Ketika melihat helaian rambut manusia, tikus bakal menelannya dan mereka akan langsung mati. Ternyata, ini salah satu cara efektif untuk membunuhnya.

12. Daun salam

Daun salam memiliki bentuk yang hampir mirip dengan daun lainnya. Pasalnya, tikus akan menganggap daun salam sebagai makanan mereka, padahal daun ini akan membunuh tikus setelah beberapa saat memakannya. Anda dapat menggunakan daun salam sebagai perangkap dengan meletakkannya di area yang sering dilalui oleh tikus.

13. Baking soda

Terakhir, Anda dapat menaburkan baking soda pada makanan yang kerap menjadi incaran tikus. Setelah memakannya, tubuh tikus akan mengeluarkan gas dan menggembung sampai mati akibat kandungan soda di dalamnya. Tenang saja, tikus tidak akan langsung mati di tempat, melainkan mereka akan pergi ke ruangan terbuka untuk mencoba membuang gas tersebut terlebih dahulu.

Itu dia 13 cara efektif dalam mengusir dan membunuh tikus dari rumah. Selain menggunakan baham alami, Anda juga dapat mencoba menggunakan obat pembasmi tikus dari Rattropik. Anda bisa dengan mudah mendapatkan obat ini hanya di Ruparupa.com.

obat mengusir tikus
Obat pembasmi tikus yang efektif membunuh hama tikus di area rumah tanpa mengeluarkan bau yang dapat mengganggu kesehatan manusia.