8 Cara Menghilangkan Kutu Beras secara Alami

0
573
cara menghilangkan kutu beras
Sumber : indiatoday.in

Bingung karena melihat tempat penyimpanan beras Anda tiba-tiba ada kutu? Jangan khawatir, Ruppers! Ada banyak sekali cara yang ampuh untuk menghilangkan kutu beras. Anda dapat melakukannya dengan mudah dan hanya memanfaatkan bahan-bahan alami, loh.

Cara Muda Hilangkan Kutu Beras

Daripada penasaran, simak 8 cara menghilangkan kutu beras secara alami dan ampuh berikut ini.

1. Jemur di bawah cahaya matahari

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjemur beras yang terkena kutu di bawah cahaya matahari. Kutu beras tidak menyukai suhu yang panas sehingga mereka akan berusaha menghindar dari paparan cahaya matahari dalam waktu yang lama. Letakkan beras pada wadah terbuka. Lalu, jemurlah di bawah cahaya matahari selama beberapa jam untuk mengusir kutu beras. 

2. Tutup beras dengan kain basah

Kutu beras tidak menyukai tempat yang lembab dan basah sehingga cara ini efektif untuk menghilangkan kutu pada beras. Tutuplah tempat penyimpanan beras Anda dengan kain yang sudah Anda basahi selama kurang lebih 30 menit atau sampai semua kutu menempel pada kain. 

3. Gunakan kotak korek api

Walaupun terdengar aneh, ternyata kotak korek api dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kutu beras yang efektif. Pada kotak korek api biasanya akan ada belerang, yang aromanya tidak disukai oleh kutu beras. Letakkan satu kotak korek api di sekitar beras Anda untuk membiarkan kutu keluar sendirinya dari tempat beras.

4. Manfaatkan daun jeruk nipis

Daun jeruk nipis juga memiliki aroma yang sangat menyengat dan tidak disukai oleh kutu beras. Anda dapat memanfaatkan daun jeruk nipis ini untuk menghilangkan kutu pada beras di rumah. Letakkan daun jeruk nipis pada tempat penyimpanan beras dan tunggulah beberapa jam hingga kutu pergi sendirinya.

5. Meletakkan kayu manis di dalam tempat beras

Kayu manis memiliki aroma khas yang mampu membantu menghilangkan kutu beras. Anda cukup mengambil beberapa kulit kayu manis dan masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras. Biarkan beberapa jam hingga kutu keluar dari tempat beras.

6. Masukkan cabai merah kering ke tempat beras

Jika Anda memiliki cabai merah kering di rumah, manfaatkan saja untuk mengusir kutu beras. Cukup masukkan beberapa cabai pada bagian dalam tempat penyimpanan beras. Biarkan semalaman dan kutu akan keluar sendirinya dari tempat beras.

7. Gunakan daun salam

Anda juga dapat menggunakan daun salam yang memiliki aroma kuat karena kutu beras sangat tidak menyukainya. Gunakan daun salam untuk menghilangkan kutu beras dengan cara memasukkan beberapa helai daun salam kering ke dalam tempat beras. 

8. Meletakkan potongan bawang putih di sekitar beras

Seperti yang Anda ketahui, bawang putih memiliki bau yang sangat menyengat, dan kutu beras pun tidak menyukainya. Anda dapat meletakkan beberapa potongan bawang putih segar di sekitar beras dan biarkan baunya menguap. Bukan hanya menghilangkan kutu beras, Anda juga dapat mengusir berbagai serangga lainnya, seperti laba-laba, kaki seribu, dan lipan.

***

Baca Juga:   Jenis Obat Cina Covid Lianhua Qingwen yang Diizinkan BPOM

Itu dia 8 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengusir kutu beras secara alami dan tentunya sangat ampuh. Jadinya, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kutu beras karena Anda dapat mengatasinya dengan mudah! 

Yuk, simak beberapa rekomendasi produk dari Ruparupa.com berikut ini agar Anda dapat menyimpan beras dengan tepat.

Krischef 5 Ltr Tempat Beras
Krischef 5 Ltr Tempat Beras beli di Ruparupa.com.
Krischef hadir dengan tempat penyimpanan beras bekualitas yang mampu menampung hingga 5 liter beras, dengan jendela di bagian atas tutup untuk memudahkan Anda mengambil beras.

Beli di sini

Krischef Tempat Beras 30 Kg
Krischef Tempat Beras 30 Kg beli di Ruparupa.com.
Wadah ini memiliki kapasitas sebesar 30 kg. Anda juga dapat langsung menakar beras sesuai kebutuhan karena wadah ini dilengkapi dengan 3 jenis takaran yaitu 100 g, 150 g, dan 250 g.

Beli di sini

Eko Tempat Beras 10 Kg
Eko Tempat Beras 10 Kg beli di Ruparupa.com.
Menyimpan stok beras lebih praktis dengan menggunakan Dispenser Beras dari Eko. Selain untuk menyimpan persediaan beras, alat ini juga dapat melindungi beras dari kutu kutu beras.

Beli di sini