Ini Cara Membersihkan Slow Cooker Agar Tahan Lama

0
2558

Slow cooker merupakan alat dapur elektronik yang digunakan untuk memasak makanan dalam waktu lama. Metode masak ini dapat menjaga serat dan nutrisi makanan agar lebih sehat.

Apalagi, buat kamu yang sibuk dan mempunyai segudang aktivitas, alat satu ini mungkin bisa menjadi penyelamat. Sebab, kamu bisa melakukan banyak aktivitas lain tanpa perlu menunggu makanan hingga matang.

Ruparupa Banner

Dengan berbagai keunggulannya, slow cooker pun menjadi primadona bagi banyak orang. Sayangnya, tidak sedikit dari kita yang suka bingung cara membersihkan dan merawat slow cooker dengan benar.

Padahal, hal ini penting untuk dipahami guna menjaga efisiensi slow cooker dan membuatnya tahan lama.

Lantas, Bagaimana Cara Membersihkan Slow Cooker yang Benar?

Ada dua bagian slow cooker yang perlu dibersihkan, yaitu wadah dan bagian mesin luarnya, seperti berikut ini.

1. Cara Membersihkan Wadah Slow Cooker

Untuk membersihkan wadah slow cooker, rendam wadah tersebut dengan air. Setelah itu, masukkan kembali wadah ke dalam slow cooker dan nyalakan slow cooker dengan temperatur rendah selama 1 jam, seperti dilansir dari goodhousekeeping.com.

Jika noda sudah terangkat, cuci wadah slow cooker dengan air sabun. Gunakanlah sabuk cuci piring yang lembut agar tidak merusak permukaan. Setelah bersih, lap dan keringkan wadah slow cooker.

membersihkan slow cooker
Bersihkan slow cooker dengan sabuk yang lembut untuk mencegah kerusakan.

2. Cara Membersihkan Mesin Slow Cooker

Sebelum membersihkan mesin slow cooker, pastikan slow cooker sudah dalam keadaan mati. Kemudian, kamu bisa mengelap dengan kain setengah basah. Lalu, bersihkan dengan lap kering.

Proses memasak dengan slow cooker juga akan menimbulkan uap. Oleh sebab itu, pastikan kamu menyeka uap air pada bagian atas slow cooker dan tidak ada air yang menggenang.

Baca Juga:   10 Cookware Serbaguna untuk Ramadhan

Bagaimana Cara Merawat Slow Cooker dengan Benar?

Setelah mengetahui cara membersihkan slow cooker, kita juga harus tahu bagaimana cara merawatnya dengan benar agar slow cooker awet dan tidak mudah rusak, seperti berikut ini.

1. Hindari Menggunakan Air Terlalu Banyak

Mengutip dari BBC Good Food, slow cooker biasanya mempunyai tutup yang rapat sehingga air tidak akan menguap keluar. Oleh sebab itu, gunakanlah air secukupnya hingga menutupi daging dan sayuran.

Mengisi air terlalu penuh dapat menyebabkan slow cooker bocor dan makanan tidak matang dengan baik.

2. Letakkan Slow Cooker di Tempat yang Tepat

Tempat terbaik untuk meletakkan alat satu ini adalah di atas komporm seperti yang dilansir dari Kitchn. Sebab, kompor memang dirancang untuk menahan panas, kelembaban, dan tetesan yang mungkin muncul dari proses memasak.

Jika kompor sedang digunakan, kamu bisa meletakkan slow cooker di atas loyang atau talenan kayu, yang mampu menahan panas.

masak dengan slow cooker
Jaga kesehatan dan asupan nutrisi keluarga dengan memasak menggunakan slow cooker.

3. Hindari Perubahan Suhu yang Ekstrim

Biasanya, wadah slow cooker terbuat dari bahan keramik. Nah, untuk menjaganya agar tetap prima, kamu perlu menghindari perubahan suhu yang ekstrim, seperti dikutip dari Dummies.

Selain itu, hindari meletakkan wadah slow cooker yang masih panas di atas permukaan meja dingin karena akan membuatnya cepat retak.

4. Hindari Memasukkan Makanan Terlalu Penuh

Mengutip dari Taste of Home, hindari memasukkan makanan terlalu penuh ke dalam slow cooker. Sebab, hal ini dapat mengurangi efisiensi slow cooker.

Selain itu, jangan terlalu sering membuka tutup slow cooker karena akan membuat proses memasak jadi lebih lama.

5. Cabut Kabel Slow Cooker Setelah Digunakan

Tidak hanya slow cooker, kamu perlu mencabut kabel alat masak elektronik lainnya setelah digunakan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya korsleting listrik. Selain itu, simpan slow cooker di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh anak-anak.

Baca Juga:   4 Cara Memilih Mouse Buat Bekerja Agar Lebih Produktif

Apa Saja Rekomendasi Slow Cooker Terbaik?

Jadi, apakah kamu tertarik untuk menggunakan slow cooker? Bila ya, kami sudah menyiapkan beberapa rekomendasi slow cooker terbaik yang bisa kamu pilih, seperti berikut ini.

1. Kels Slow Cooker

Slow cooker persembahan Kris dapat membantu kamu memasak makanan lebih praktis dan efisien. Slow cooker ini terbuat dari bahan keramik berkualitas tinggi yang mampu menjaga panas makanan lebih lama sehingga nikmat saat disantap.

Hadir dengan kapasitas 3.5 liter membuat kamu bisa memasak banyak makanan lebih mudah, mulai dari sup, bubur, rebusan, hingga makanan bayi.

slow cooker kels
Kels Heli Slow Cooker 3.5 Ltr – Silver
Slow cooker bebas BPA dan kualitas food grade aman bagi kesehatan.

Beli di sini

slow cooker havana kels
Kels 3.5 Ltr Havana Slow Cooker – Hitam
Mampu memaksimalkan nutrisi dan rasa makanan sehingga lebih nikmat dan sehat.

Beli di sini

2. Kris Slow Cooker

Slow cooker Kris terbuat dari bahan stainless steel yang aman bagi makanan. Selain itu, slow cooker persembahan Kris juga mempunyai 3 fitur masak, yakni low, high, dan warm.

Apalagi, tutup kaca pada slow cooker dapat membuat kamu melihat keadaan makanan di dalamnya dengan mudah. Untuk kapasitasnya sendiri, kamu bisa memilih slow cooker ukuran 3.5 liter atau 1.5 liter sesuai kebutuhan, seperti berikut ini.

slow cooker kris
Kris Slow Cooker 3.5 Ltr – Silver
Slow cooker dengan desain elegan dilengkapi tombol pengatur suhu.

Beli di sini

kris slow cooker
Kris Slow Cooker 1.5 Ltr – Silver
Slow cooker ini mampu membuat banyak makanan dan menjaga kandungan gizinya.

Beli di sini

3. Klaz Slow Cooker

Slow cooker dari Klaz dapat digunakan untuk memasak daging, sup, semur, kari, dan hidangan lainnya. Selain itu, slow cooker ini juga hemat energi dan terbuat dari bahan yang ringan sehingga mudah dipindahkan.

Kamu bisa memilih slow cooker Klaz berkapasitas 2 liter atau 1.5 liter, seperti berikut ini.

klaz slow cooker
Klaz Slow Cooker 2 Ltr 175w – Putih
Mampu memasak berbagai jenis makanan dalam waktu lama sehingga lebih praktis.

Beli di sini

slow cooker klaz
Klaz Slow Cooker 1.5 Ltr – Putih
Masak lebih praktis dan efisien dengan menggunakan slow cooker berikut ini.

Beli di sini

Nah, itu dia cara membersihkan dan rekomendasi slow cooker terbaik yang bisa kamu pakai di rumah. Kamu bisa langsung mengunjungi ruparupa.com untuk mendapatkan model slow cooker yang kamu mau.

Temukan berbagai alat dapur serbaguna lainnya dengan klik di sini

Situs belanja satu ini juga menyediakan berbagai peralatan dan perabot rumah tangga berkualitas dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Karena #BerawalDariRumah, kita bisa mulai mengonsumsi makanan sehat.