12 Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Anjing

0
25376

Memiliki hewan peliharaan memang menyenangkan karena dapat memperbaiki suasana hati. Salah satunya adalah memelihara anjing. Selain bisa diajak bermain, hewan peliharaan satu ini juga dapat menjadi pengawal rumah yang handal. Namun, Anda perlu memperhatikan kondisi kesehatannya, seperti menghindari kehadiran kutu anjing yang kerap mengintai peliharaan Anda.

Kutu bisa menjadi momok kecil yang berimplikasi besar bila tidak diatasi sesegera mungkin. Parasit penghisap darah ini dapat menyebabkan infeksi bakteri yang memicu rasa gatal pada tubuh anjing. Bila tidak segera diatasi, reaksi ini akan mengarah pada infeksi kulit yang serius hingga kematian. Lantas, apa saja langkah awal yang perlu dilakukan untuk membasmi hama kecil ini? Simak penjelasan artikel di bawah ini.

Ruparupa Banner

12 Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Anjing

Membasmi kutu anjing memang bukan perkara yang mudah. Anda membutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk membersihkan hama ini hingga hilang total. Sebagai langkah pengobatan pertama, Anda dapat mencoba tips di bawah ini:

1. Pahami siklus kutu 

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memahami siklus kutu terlebih dahulu. Apalagi, perawatan pada kutu berbeda-beda setiap jenisnya. Perlu Anda ketahui, satu ekor kutu betina dapat menghasilkan 5-7 telur per hari. Setelah 2 sampai  3 minggu, telur tersebut akan menetas menjadi larva kutu dan bisa mulai makan hingga 2 minggu pada lingkungan yang lembab. Selanjutnya, pada suhu yang lembab, larva tersebut akan membangun kepompong yang berpotensi berkembang biak setiap harinya.

2. Menggunakan sampo antikutu

Anda membutuhkan sampo khusus untuk membasmi kutu yang hinggap di tubuh anjing. Setelah membilas sampo dengan air hangat, biasanya kutu akan segera mati dan berjatuhan dari tubuh anjing. Namun, Anda tetap membutuhkan kombinasi produk perawatan kutu lainnya karena efek sampo akan cepat hilang setelah beberapa hari penggunaan.

sampo kutu anjing
Sampo antikutu yang cocok untuk digunakan pada semua jenis anjing. Memiliki kandungan efek anti-bakteri dan anti-inflamasi ringan serta dapat mempertahankan kelembapan kulit.

Anda bisa mencoba memilih sampo dengan kandungan minyak organik, yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat infeksi dan mengurangi alergen dari bahan kimia keras pada sampo biasanya. Umumnya, minyak organik juga dapat membuat bulu anjing tampak lembut dan mengkilap.

Baca Juga:   5 Lampu Aquarium Mini yang Dekoratif dan Fungsional

3. Gunakan sisir khusus kutu

Berbeda dengan sisir biasanya, Anda membutuhkan sisir khusus kutu berbentuk kecil dengan jarak gigi sisir yang rapat. Pastikan Anda rutin menyisir bulu anjing untuk membantu mengurangi telur dan kotoran kutu yang melekat pada tubuh Anjing. Utamakan pada area leher dan ekor anjing karena bagian tersebut merupakan area yang paling rentan dihinggapi kutu.

sisir kutu anjing
Sisir kutu anjing pawise memiliki tekstur gigi rapat yang efektif membantu mengangkat debu, kotoran, dan kutu.

4. Obat kutu

Saat ini telah hadir beragam obat kutu anjing yang beredar di pasaran. Pemberian cairan ini memiliki efektivitas yang cukup baik dalam membasmi dan mencegah hama timbul kembali. Selain itu, Anda dapat aplikasikan obat dengan mudah tanpa harus meraciknya terlebih dahulu.

obat semprot kutu anjing
Lindungi hewan peliharaan Anda dari serangan kutu membandel. Produk ini dapat Anda gunakan dengan aman pada furnitur, tempat tidur, karpet, lantai, dan tirai, baik di dalam maupun di luar ruangan. Dapatkan cairan antikutu berkualitas hanya di Ruparupa.com

5. Air garam

Bahan alami yang dapat Anda temukan dengan mudah dan termasuk bumbu masak di dapur ini juga sangat ampuh untuk menghilangkan kutu anjing. Cara memanfaatkannya adalah dengan membuat air rendaman dari larutan garam dan air hangat. Teknik sederhana ini juga dapat membantu memberantas telur kutu pada anjing, loh.

6. Batasi frekuensi keluar ruangan

Selama proses pemulihan, Anda perlu mengurangi frekuensi anjing keluar rumah untuk sementara waktu. Hindari anjing dari rerumputan yang tinggi karena wilayah tersebut paling sering ditemukan serangga kecil. Selain itu, Anda harus jauhi interaksi dengan anjing asing agar teman bermainnya bebas dari kutu dan mencegah timbulnya infeksi baru pada anjing peliharaan Anda.

7. Minyak esensial

Salah satu cara ampuh untuk menghilangkan kutu anjing adalah dengan menggunakan minyak esensial. Pasalnya, beberapa sampo kutu juga menggunakan kandungan minyak esensial seperti tea tree, peppermint, rosemary, eucalyptus, dan citronella sebagai bahan utama pengusir kutu.

Cara penggunaannya adalah dengan mengencerkan beberapa 10 tetes minyak esensial ke dalam air 300ml, kemudian semprotkan secara bertahap pada tubuh anjing peliharaan. Anda wajib menghindari menyemprot area wajah agar tidak terhirup ataupun tertelan oleh anjing.

8. Minyak kelapa

Minyak kelapa memang sudah terkenal akan khasiat pengobatannya pada manusia. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dapat membantu melawan virus, antijamur, antibakteri, dan juga antiinflamasi.

Baca Juga:   15 Bumbu Lapis Daging Sapi Empuk & Nikmat

Namun, ternyata minyak kelapa juga dapat membantu mengatasi masalah kutu pada anjing, serta bisa memberikan kelembapan pada tubuh dan bulu anjing agar tampak berkilau. Anda hanya perlu mengolesi minyak kelapa secara langsung pada bulu anjing.

9. Cuka apel dan garam

Anda dapat menggunakan campuran cuka apel dan garam sebagai obat kutu alami. Cuka apel memiliki kandungan yang sangat baik untuk menyeimbangkan tingkat pH anjing. Semprotkan larutan secara langsung ke tubuh anjing dan hindari area mata.

10. Lemon

Buah lemon memiliki kandungan asam yang terbukti ampuh sebagai obat semprot kutu. Cara pengolahannya adalah dengan mengiris buah lemon lalu rebus hingga mendidih. Setelah larutan mendingin, segera semprotkan pada anjing peliharaan Anda.

Pastikan Anda selalu menghindari area wajah anjing. Meskipun dari bahan alami, kandungan obat semprot tetap akan membahayakan mata anjing.

11. Jaga kebersihan kandang

Tidak hanya pada tubuh anjing, Anda juga perlu memastikan tempat tidur dan mainan anjing yang selalu higienis. Selain itu, Anda bisa mencoba mulai membuat penjadwalan waktu cuci kandang agar selalu bersih dan tidak lembab.

12. Bersihkan rumah secara rutin

Selain kandang anjing, Anda perlu memperhatikan kondisi rumah agar selalu terjaga bersih. Faktanya, kutu tidak hanya menyerang hewan peliharaan, tetapi juga bisa berpindah pada manusia dan menimbulkan masalah kesehatan.

Selama masa anjing terkena infeksi, pastikan Anda mencuci peralatan dengan menggunakan air panas, seperti karpet, selimut, sprei, keset kamar mandi, dan area lainnya yang paling disukai anjing.

Selanjutnya, Anda bisa menghubungi jasa fogger pembasmi kutu untuk membersihkan kutu di area rumah agar tidak menular pada manusia. Terakhir, pastikan Anda membersihkan jok mobil, jika sering dinaiki oleh anjing.

Tips di atas hanya berlaku untuk reaksi infeksi ringan, seperti gatal, bekas gigitan kemerahan, dan sedikit bentol. Jika kutu anjing tidak kunjung membaik dalam kurun waktu 1 minggu, maka sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter hewan untuk mendapatkan penanganan khusus.