Jadi Tuan Rumah Bukber? Wajib Siapkan 6 Hal Ini!

0
2177
bukber di rumah

Setelah lama menghadapi pandemi virus korona, kini kamu sudah bisa merasakan buka puasa bersama kembali, termasuk membuat acara bukber di rumah.

Tentunya, bukber di rumah kali ini akan berbeda dari bukber sebelum-sebelumnya. Ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan untuk menciptakan tempat bukber yang nyaman.

Ruparupa Banner

Apa Saja Persiapan Bukber Di Rumah?

Nah, bila kali ini kamu menjadi tuan rumah buat buka bersama, berikut beberapa hal yang wajib kamu siapkan.

1. Pilih Waktu Bukber yang Tepat

Sebelum menjadwalkan bukber, pasti kamu harus menyesuaikan waktu dengan teman dan kerabat kamu yang lain. Apalagi, masing-masing dari mereka pasti punya kesibukan. Jadinya, acara bukber pun terasa lebih menyenangkan.

2. Siapkan Lokasi Untuk Berkumpul

Saat merencanakan bukber dengan kerabat, pasti akan ada pembicaraan tentang “kumpul di mana?” Selain bisa buka puasa bersama di restoran, kamu bisa mengajaknya untuk bukber di rumah.

Mungkin agak merepotkan karena kamu harus merapikan rumah karena harus menyiapkan menu buka puasa, dan lainnya.

Namun, momen kebersamaan bersama kerabat tercinta dijamin akan sebanding dengan persiapan kamu. Tidak ada yang bisa menggantikan hal tersebut, lho!

Hal yang paling penting adalah pastikan kamu memberikan alamat yang jelas dan patokan jalan agar para tamu mudah menemukan rumah kamu. Selain itu, kamu juga perlu meminta izin dari tetangga agar tidak mengganggu kenyamanan mereka.

3. Pertimbangkan Tempat Duduk Untuk Tamu

Untuk mempersiapkan acara bukber di rumah, pastikan kamu mempertimbangkan area tempat duduk para tamu. Tentunya, kamu harus memperkirakan berapa banyak orang yang akan hadir.

Kamu bisa mempersiapkan kursi tamu lipat dan karpet agar para tamu bisa duduk dengan nyaman. Berikut beberapa rekomendasi sofa dan karpet yang bisa kamu beli di ruparupa.

4. Siapkan Menu Buka Puasa dan Peralatan Bukber

Selanjutnya yang perlu kamu siapkan adalah menu buka puasa dan peralatan makan. Pastikan makanan dan minuman yang kamu siapkan untuk semua orang dan bergizi, ya.

Nah, berikut ini beberapa peralatan makan yang perlu kamu siapkan.

Peralatan Untuk Hidangan

Pastikan kamu memiliki peralatan makan untuk mengambil hidangan, seperti berikut ini.

  • Sendok Sup

Masakan sup cocok dijadikan menu buka puasa karena bisa membantu mengembalikan cairan dalam tubuh setelah seharian tidak minum. Pastikan kamu memiliki sendok sup.

sendok sup bukber di rumah
Tasty Sendok Sup Stainless Steel – Biru Navy

Beli di sini

sendok sup
Krischef 6 Cm Sendok Sup

Beli di sini

  • Sendok Sayur

Sendok sayur memiliki bentuk yang mirip sendok makan, tapi ukurannya lebih besar dan lebar. Tentu dengan bentuknya kamu bisa lebih mudah menyendok sayur. Kami juga memiliki rekomendasi jenis sendok sayur seperti di bawah ini.

sendok sayur bukber di rumah
Pedrini Sendok Sayur

Beli di sini

peralatan masak bukber di rumah
Arg Ergo Sendok Sayur Slotted – Hijau

Beli di sini

  • Piring Saji

Ukuran piring saji biasanya lebih besar dari piring makan. Fungsi piring saji adalah untuk menghidangkan makanan. Kamu bisa menggunakan piring saji estetik seperti di bawah ini.

piring saji bukber di rumah
Appetite Set 4 Pcs Mangkuk Dan Piring Saji Glacier

Beli di sini

piring saji bukber
Apettite Set 3 Pcs Piring Saji Flower – Abu-abu

Beli di sini

Alat Makan Pribadi Untuk Masing-masing Tamu

Selain peralatan untuk hidangan yang dipakai bersama di atas, pastikan kamu menyediakan alat makan perorangan yang cukup untuk para tamu.

  • Sendok dan Garpu Makan

Peralatan makan satu ini wajib ada di rumah. Pastikan jumlahnya mencukupi dengan tamu undangan kamu. Tenang, kami juga menyediakan sendok berbahan stainless steel yang berkualitas seperti di bawah ini.

 

  • Piring makan

Setelah sendok dan garpu, siapkan juga piring makan. Kamu bisa menemukan piring yang terbuat dari plastik, tanah liat, melanin, kayu, hingga porselen. Pilih yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu.

Di ruparupa, kamu bisa menemukan banyak macam piring yang bisa mempercantik meja makan kamu saat buka puasa bersama.

perabot untuk buka bersama
Piring Makan 25.4 Cm Swirl – Biru

Beli di sini

Appetite Set 4 Pcs Piring Makan 27.4 Cm – Biru

Beli di sini

5. Buat Permainan Seru

Pasti akan membosankan kalau acara bukber tidak dibarengi dengan permainan seru. Kamu bisa merencanakan ice breaking untuk mencairkan suasana.

Permainan tersebut bisa berupa sambung kata, Simon’s says, tebak gambar, truths and a Lie, dan masih banyak lagi permainan yang bisa mempererat satu sama lain.

6. Pastikan Sirkulasi Udara Bagus 

Ketika bukber nanti, kamu akan kedatangan banyak orang. Oleh karena itu, pastikan sirkulasi udara di ruangan tetap terjaga.

Kamu bisa melakukannya dengan memasang air purifier, yang bisa membantu menghilangkan zat-zat berbahaya yang ada di udara. Selain itu, penjernih udara juga bisa menghilangkan bau tidak sedap.

Berikut rekomendasi air purifier yang bisa kamu gunakan di rumah.

penjernih udara untuk bukber di rumah
Kris Personal Air Purifier 12m2 – Putih

Beli di sini

Itu dia tips menjadi tuan rumah untuk bukber. Jadikan waktu buka puasa bersama lebih menyenangkan dengan ruparupa.

miliki PERLENGKAPAN MAKAN cantik
hemat hingga 50% klik di sini

Situs belanja online satu ini menyediakan perlengkapan rumah tangga dan perabot terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, SELMA, ATARU, Pendopo, dan masih banyak lagi. 

Selamat buka puasa bersama keluarga dan kerabat tercinta.

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.