Jadi Tuan Rumah Bukber? Wajib Siapkan 6 Hal Ini!

0
790
Sumber: Unsplash.com

Pandemi virus korona memang belum berakhir. Namun, kasus yang semakin menurun, membuat kita bisa merasakan buka puasa bersama kembali, termasuk membuat acara bukber di rumah. Asalkan, tetap mematuhi protokol kesehatan, ya.

Tentunya, bukber di rumah kali ini akan berbeda dari bukber sebelum-belumnya. Ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan untuk menciptakan tempat bukber yang aman.

Ruparupa Banner

Apa Saja Persiapan Bukber Di Rumah?

Nah, bila kali ini kamu menjadi tuan rumah buat buka bersama, berikut beberapa hal yang wajib kamu siapkan.

1. Pilih Waktu Bukber yang Tepat

Sebelum menjadwalkan bukber, pasti kamu harus menyesuaikan waktu dengan teman dan kerabat kamu yang lain. Apalagi, masing-masing dari mereka pasti punya kesibukan masing-masing. Jadinya, acara bukber pun terasa lebih menyenangkan.

2. Siapkan Lokasi Untuk Berkumpul

Saat merencanakan bukber dengan kerabat, pasti akan ada pembicaraan tentang “kumpul di mana?” Selain bisa buka puasa bersama di restoran, kamu bisa mengajaknya untuk bukber di rumah.

Mungkin, agak merepotkan karena kamu harus merapikan rumah, menyiapkan menu buka puasa, dan lainnya. Namun, momen kebersamaan bersama kerabat tercinta dijamin akan sebanding dengan persiapan kamu. Tidak ada yang bisa menggantikan hal tersebut.

Hal yang paling penting adalah pastikan kamu memberikan alamat yang jelas dan patokan jalan agar para tamu mudah menemukan rumah kamu. Selain itu, kamu juga perlu meminta izin dari tetangga agar tidak menggangu kenyamanan mereka.

3. Pertimbangkan Tempat Duduk Untuk Tamu

Untuk mempersiapkan acara bukber di rumah, pastikan kamu mempertimbangkan area tempat duduk para tamu. Tentunya, kamu harus memperkirakan berapa banyak orang yang akan hadir.

Baca Juga:   15 Ucapan Hari Raya Idul Fitri untuk Teman dan Keluarga

Kamu bisa mempersiapkan kursi tamu lipat dan karpet agar para tamu bisa duduk dengan nyaman. Berikut beberapa rekomendasi kuris tamu dan karpet yang bisa kamu beli hanya di Ruparupa.com.

Ashley Brise Sofa Sectional Kanan Fabric – Abu-abu

Beli di sini

Karpet 120×170 Cm M8 – Abu-abu

Beli di sini

Karpet 120×170 Cm Twist 543 – Abu-abu

Beli di sini

Paris Sofa Fabric 2.5 Dudukan – Abu-abu

Beli di sini

4. Siapkan Menu Buka Puasa dan Peralatan Bukber

Selanjutnya, yang perlu kamu siapkan adalah menu buka puasa dan peralatan makan. Pastikan makanan dan minuman yang kamu siapkan untuk semua orang dan bergizi, ya.

Nah, berikut ini beberapa peralatan makan yang perlu kamu siapkan.

Peralatan Untuk Hidangan

Pastikan kamu memiliki peralatan makan untuk mengambil hidanga, seperti berikut ini.

  • Sendok Sup

Masakan sup cocok dijadikan menu buka puasa karena bisa membantu mengembalikan cairan dalam tubuh setelah seharian tidak minum. Pastikan kamu memiliki sendok sup,

perabot untuk buka bersama
Kitchen Craft Sendok Sayur Silicone Colorworks – Ungu

Beli di sini

Ataru Sendok Sup Ss 02

Beli di sini

  • Sendok Sayur

Sendok sayur memiliki bentuk yang mirip sendok makan, tapi ukurannya lebih besar dan lebar. Tentu dengan bentuknya kamu bisa lebih mudah menyendok sayur. Kami juga memiliki rekomendasi jenis sendok sayur seperti di bawah ini.

bukber di rumah
Pedrini Sendok Sayur

Beli di sini

peralatan masak bukber di rumah
Arg Ergo Sendok Sayur Slotted – Hijau

Beli di sini

  • Piring Saji

Ukuran piring saji biasanya lebih besar dari piring makan. Fungsi piring saji adalah untuk menghidangkan makanan. Jadi, kamu bisa menggunakan piring saji estetik seperti di bawah ini agar hidangan buka puasa terasa lebih nikmat.

Appetite Set 4 Pcs Mangkuk Dan Piring Saji Glacier – Gold

Beli di sini

Krishome Piring Saji Kaca 4 Pcs

Beli di sini

Alat Makan Pribadi Untuk Masing-masing Tamu

Selain peralatan untuk hidangan yang dipakai bersama di atas, pastikan kamu menyediakan alat makan perorangan yang cukup untuk para tamu.

  • Sendok dan Garpu Makan
Baca Juga:   Waspadai 6 Penyakit ini Saat Bulan Puasa!

Peralatan makan satu ini wajib ada di rumah. PAstikan jumlahnya mencukupi dengan tamu undangan kamu. Tenang, Ruparupa.com juga menyediakan sendok berbahan stainless steel yang berkualitas tinggi seperti di bawah ini.

perabot untuk buka bersama
Gnali Britannia Set Sendok Makan 3 Pcs

Beli di sini

Gnali Maxima Set Sendok Makan 3 Pcs

Beli di sini

  • Piring makan

Setelah sendok dan garpu, siapkan jugaa piring makan. Kamu bisa menemukan piring yang terbuat dari plastik, tanah liat, melanin, kayu, hingga porselen. Pilih yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu.

Di Ruparupa.com, kamu bisa menemukan banyak macam piring yang bisa mempercantik meja makan kamu saat buka puasa bersama.

perabot untuk buka bersama
Piring Makan 25.4 Cm Swirl – Biru

Beli di sini

Appetite Set 4 Pcs Piring Makan 27.4 Cm – Biru

Beli di sini

5. Buat Permainan Seru

Pasti akan membosankan kalau acara bukber tidak dibarengi dengan permainan seru. Kamu bisa merencanakan ice breaking untuk mencairkan suasana.

Permainan tersebut bisa berupa sambung kata, Simon’s says, tebak gambar,  truths and a Lie, dan masih banyak lagi permainan yang bisa mempererat satu sama lain.

6. Pastikan Sirkulasi Udara Bagus 

Ketika bukber nanti, kamu akan kedatangan banyak orang. Oleh karena itu, pastikan sirkulasi udara di ruangan tetap terjaga.

Kamu bisa melakukannya dengan memasang air purifier, yang bisa membantu menghilangkan zat-zat berbahaya yang ada di udara. Selain itu, air purifier juga bisa menghilangkan bau tidak sedap.

Jika kamu sedang mencari air purifier terbaik, berikut kami punya rekomendasinya buat kamu.

Kris Air Purifier Portable – Putih

Beli di sini

Itu dia tips menjadi tuan rumah untuk bukber. Jadikan waktu buka puasa bersama lebih menyenangkan dengan Ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini menyediakan perlengkapan rumah tangga dan perabot terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Selamat buka puasa bersama keluarga dan kerabat tercinta.