Promo Anniversay Ruparupa

Sekarang lagi masa musim hujan nih, dan banjir bisa datang menerpa siapa saja. Ayo siaga hadapi banjir! Apa saja sih yang harus kalian tahu dan perhatikan? Yuk lihat 8 tips antisipasi banjir dibawah ini!

Selalu Memantau Informasi Banjir Terbaru

informasi tips banjir
Sumber: pixabay.com

Memantau informasi terbaru tentang banjir adalah suatu hal yang harus Anda lakukan pada saat musim hujan datang. Jika sedang bepergian, berita tentang dimana titik banjir berada bisa membantu Anda untuk menavigasi rute yang akan Anda ambil.

Dengan begini, Anda bisa berantisipasi menghindari titik banjir ataupun mencegah daerah Anda dari arus banjir tersebut. Anda juga bisa membantu menyebarkan informasi yang sudah diperoleh kepada keluarga, teman dan orang sekitar Anda. Supaya semua bisa up-to-date dengan berita terkini.

Letakan Barang Berharga pada Tempat yang Lebih Tinggi

tips antisipasi banjir
Sumber: pixabay.com

Jangan biarkan barang berharga Anda terendam air ataupun terbawa arus banjir. Jika Anda tinggal di apartemen, parkirkan kendaraan Anda di lantai parkiran yang lebih tinggi.

Parkiran basement bisa saja terendam air banjir yang mengalir dari pintu masuk atau pintu keluar parkiran. Dan juga perhatikan barang berharga seperti dokumen-dokumen di brankas Anda. Tempat yang lebih tinggi seperti lemari adalah tempat yang tepat.

Beranjak ke Tempat yang Lebih Tinggi

tips tempat banjir
Sumber: pixabay.com

Jika sudah ada pertanda kalau daerah wilayah Anda akan terkena banjir, bergegaslah untuk beranjak ke tempat yang lebih tinggi. Kalau Anda tidak sempat untuk pergi mengungsi ke tempat yang tidak terkena banjir, naiklah ke lantai atas rumah Anda.

Dengan begini, akan lebih aman dan jangan lupa untuk membawa keperluan penting seperti air minum, makanan dan ponsel Anda. Belilah perahu karet terlebih dahulu untuk mengantisipasi kalau ada banjir di sekitar rumah Anda. Sehingga, Anda bisa segera mengungsi dan berada di area yang aman.

Waspada terhadap Saluran Air

tips saluran banjir
Sumber: pixabay.com

Anda tidak akan bisa melihat saluran air yang terendam saat sedang terjadinya banjir. Akan sangat berbahaya jika ada saluran air yang terbuka. Tetaplah waspada saat berjalan ditengah banjir. Ataupun pada saat mengendarai kendaraan seperti mobil, motor dan juga sepeda.

Anda atau kenderaan Anda bisa saja masuk dan tercemplung ke dalam lobang saluran air tersebut. Anda bisa saja terluka. Maka dari itu, waspadalah terhadap dimana Anda sedang berjalan atau lewat.

Hindari Berjalan di Arus Banjir yang Deras

tips arus banjir
Sumber: pxhere.com

Jika banjir sudah datang menerpa, waspadalah terhadap arus air yang deras. Jangan sampai terbawa arus karena akan sangat membahayakan diri Anda.

Akan ada banyak serpihan yang terbawa arus banjir, seperti batu-batuan, besi, dan barang lainnya yang bisa mengakibatkan cedera. Sebisa mungkin, hindari keluar-keluar saat jalanan sedang banjir.

Cabut Peralatan yang Tersambung dengan Listrik

Sumber: pixabay.com

Salah satu tips antisipasi banjir adalah ketika banjir melanda, barang-barang yang tersambung dengan listrik sebaiknya segera dicabut agar tidak membahayakan Anda. Seperti televisi pada ruang tamu, ataupun ponsel Anda yang sedang dicas.

Jangan Mengemudikan Mobil pada Wilayah Banjir

Sumber: pixabay.com

Jangan mengemudikan mobil pada wilayah banjir. Kalau mobil Anda mogok akan susah untuk diperbaiki. Dan Anda bisa terjebak di dalam mobil bila jalanan sedang macet. Tidak seperti motor yang tetap bisa nyalip.

Siapkan Perlengkapan Darurat

Sumber: pixabay.com

Sebelum terjadinya banjir, Anda bisa mempersiapkan perlengkapan darurat seperti P3K, sabun, radio, senter, dan lainnya. Barang-barang tersebut akan sangat berguna pada saat darurat.

Itulah 8 tips antisipasi banjir. Tetaplah bersiap sedia dan siaga terhadap kemungkinan terjadinya banjir, apalagi pada saat musim hujan.

Nah Ruppers, menyediai dan mempunyai persiapan alat-alat untuk mengantisipasi banjir sangatlah penting. Ini adalah beberapa rekomendasi produknya:

Senter dengan Radio FM

Life Gear Senter Storm Proof With Radio Crank Light

Senter adalah barang yang penting pada saat malam hari ataupun saat listrik padam. Radio jugalah penting untuk bisa mendengar berita-berita ter-update mengenai keadaan banjir.

Kotak P3K

Tactix Kotak P3k 6 Ltr – Merah/Putih

Solusi terbarik untuk Anda berjaga-jaga saat terjadi keadaan darurat adalah menyiapkan kotak P3K untuk menyimpan obat-obatan. Belilah P3K yang mempunyai sekat-sekat kecil untuk menempatkan ragam obat-obatan. Pilihlah kotak yang portabel, sehingga gampang untuk dibawa.

Brankas Tahan Api & Air

Krisbow Brankas Tahan Api & Air 47×48.3×45.7 Cm

Brankas memungkinkan Anda untuk menyimpan barang-barang berharga di rumah dengan lebih aman dan nyaman. Belilah brankas yang tidak hanya dapat bertahan terhadap api namun juga kedap air dalam jangka waktu tertentu.

Apalagi untuk mengantisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan. Dan jangan lupa untuk memilih brankas dengan ukuran ringkas. Akan lebih memungkinkan untuk Anda angkat dan pindahkan pada saat darurat.

Kedua produk tersebut bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!