Alat Masak Wajib untuk Pemula

0
406
alat masak bagi pemula

Tidak semua orang lahir dengan keahlian memasak. Bahkan chef ternama sekalipun pernah melewati tahap pemula. Untuk menjadi seorang yang ahli memasak, tentunya melewati proses belajar masak untuk pemula yang panjang hingga akhirnya mahir dan terampil di dapur.

Apakah Anda salah satu dari sekian banyak orang yang sedang mencoba aneka resep dari buku belajar masak untuk pemula dan mulai sering turun ke dapur? Masih menemukan kebingungan dan kesulitan dalam memilih dan menggunakan peralatan masak?

Ketahuilah bahwa sebenarnya tak semua peralatan masak harus dibeli sekaligus.

Jangan khawatir, kami punya beberapa kategori alat masak untuk pemula yang wajib hadir di dapur Anda. Alat-alat masak ini akan membantu cara masak untuk pemula seperti Anda sehingga Anda bisa menghasilkan hidangan nikmat dari resep masakan untuk pemula dengan mudah.

1. Wajan

Masakan untuk pemula seperti tumisan dan gorengan biasanya mudah diolah dan tidak membutuhkan wadah yang banyak. Wajan adalah wadah masak yang paling Anda butuhkan untuk mengolah masakan yang tidak berkuah banyak, serbaguna untuk menumis dan menggoreng.

2. Spatula

Spatula mempunyai manfaat yang berguna untuk mengaduk, membalik dan mengangkat masakan saat proses pengolahan. Ada empat jenis bahan spatula yang sering digunakan dalam memasak seperti kayu, stainless steel, plastik dan silicone. Sebaiknya Anda sesuaikan jenis spatula dengan jenis wajan yang akan Anda gunakan.

3. Panci

Panci sebagai alat masak untuk pemula wajib dimiliki paling tidak dalam dua ukuran. Panci ukuran kecil untuk membuat aneka saus (biasa disebut saucepan) dan panci ukuran besar untuk merebus air dalam jumlah banyak, membuat sop dan merebus pasta. Ada baiknya memilih panci yang memiliki alas untuk mengukus sehingga multifungsi.

4. Pisau

Salah satu ketrampilan yang harus dilatih dalam proses belajar masak untuk pemula adalah ketrampilan memotong dan mengiris atau knife skill. Bagi pemula, disarankan untuk membeli pisau serbaguna yang mampu memotong berbagai jenis sayuran, daging dan bumbu dapur. Pilih pisau yang yang tajam dengan gagang yang kuat dan ergonomis.

5. Talenan

Sahabat setia yang tak bisa dipisahkan dari pisau adalah talenan. Talenan adalah wadah yang digunakan untuk mengiris, memotong dan mencincang bahan makanan. Setidaknya Anda harus memiliki dua jenis talenan yang dibedakan untuk sayur dan untuk daging, agar keduanya tidak saling terkontaminasi.

6. Gelas atau sendok ukur

Salah satu hal yang dipelajari ketika proses belajar masak untuk pemula adalah mengukur jumlah bahan masakan. Semakin tinggi “jam terbangnya”, semakin mahir Anda mengira-ngira jumlah takaran. Tetapi ketika masih awam, mengukur bahan masakan memerlukan alat bantu. Gelas ukur dan sendok ukur adalah alat masak untuk pemula yang wajib dimiliki.

Kini Anda sudah mengetahui bahwa untuk memulai belajar masak untuk pemula tidak membutuhkan alat masak yang banyak. Tapi perlu Anda ketahui bahwa resep agar Anda bisa menjadi ahli dalam hal masak-memasak adalah jangan pernah berhenti belajar masak untuk pemula. Jika Anda rajin dan konsisten, tanpa disadari Anda sudah tak lagi menjadi pemula tetapi menjadi ahli di dapur.

Temukan peralatan masak untuk pemula yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selamat belajar memasak!