Promo 12.12 Ruparupa

Batu bata merupakan salah satu elemen bahan bangunan paling penting dalam membangun rumah. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata setiap jenis batu bata memiliki fungsi yang berbeda-beda, lho. Jadi, sebelum membangun hunian impian Anda, yuk simak artikel berikut ini terlebih dahulu agar tidak salah pilih jenis batu bata!

1. Batu Bata Merah

batu bata merah
Sumber : wallpaperflare.com

Mungkin hampir semua diantara Anda sudah mengenal jenis yang satu ini. Batu bata ini memang merupakan yang paling umum digunakan untuk membangun rumah. Bata merah sendiri terbuat dari tanah liat khusus yang dicetak lalu dibakar dengan suhu tinggi. 

Bata ini memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan-kelebihan tersebut seperti lebih kokoh, ampuh menahan panas, tidak mudah retak, dapat menahan rembesan air, dan lebih ramah lingkungan mengingat terbuat dari bahan yang bisa didaur ulang.

Namun, tentu bata ini juga memiliki kekurangan. Ukurannya yang kecil membuat Anda harus membutuhkan lebih banyak batu bata merah sehingga memakan biaya yang lebih besar. Selain itu, batu jenis ini juga memerlukan bahan perekat yang lebih banyak. Batu bata merah pun kurang cocok digunakan untuk rumah dua lantai karena memiliki beban yang cukup berat.

2. Batako

batako
Sumber : unsplash.com

Berbeda dari bata merah, jenis yang satu ini terbuat dari campuran pasir kasar dan semen yang dicetak atau dipres. Ukurannya pun lebih besar dari bata merah sehingga pemasangannya dapat lebih mudah dan cepat. Selain itu, kelebihan lain dari batako adalah tidak mudah bocor, kedap air, dan kedap suara karena memiliki kerapatan yang lebih tinggi. Bagi Anda yang ingin memiliki bangunan lebih dari dua lantai, batako sangatlah cocok karena bobotnya lebih ringan.

Tapi, batako pun juga memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya seperti lebih rentan retak, terasa panas karena memiliki sifat menyimpan panas, dan juga kalah kokoh jika dibandingkan dengan bata merah.

3. Batu Bata Hebel

batu bata hebel
Sumber : kaskus.co.id

Bata Hebel atau biasa disebut bata ringan merupakan jenis batu bata yang lebih ringan, sesuai dengan namanya. Jenis bata ini terbuat dari campuran pasir, semen, kimia busa, gypsum, kapur, pasta alumunium, dan air. Proses penyetakannya pun dilakukan di pabrik sehingga bentuk bata ini lebih rapi.

Kelebihan dan kekurangan batu bata ini sebenarnya hampir sama dengan jenis lainnya. Kelebihannya antara lain memiliki ketahanan yang cukup baik, kedap air, tahan terhadap api, kedap suara, lebih mudah dibor atau dipotong sehingga proses instalasi mudah dan juga proses pemasangan lebih cepat.

Namun, kekurangannya yaitu membutuhkan perekat khusus dan tenaga pemasang yang berpengalaman, dan juga lebih sulit dicari. Bata hebel juga biasanya hanya tersedia di toko bangunan besar atau distributor yang menyediakan saja. Harganya pun cenderung lebih mahal, nih Ruppers.

4. Batu Bata Berlubang

batu bata berlubang
Sumber : commons.wikimedia.org

Seperti namanya, bata jenis ini memang memiliki lubang pada bagian tengahnya dan tersedia dalam berbagai bentuk. Yaitu seperti balok, melingkar, dan melintang.

Karena tergolong batu bata ringan, bata jenis ini juga cocok untuk digunakan pada bangunan bertingkat. Tapi untuk memasangnya, Anda membutuhkan sedikit campuran tanah liat, ya.

5. Batu Bata Custom (Purpose Made)

batu bata custom
Sumber : unsplash.com

Bata ini merupakan bata yang dibuat untuk pemakaian khusus. Bentuknya pun beragam tergantung kebutuhan Anda. Pada umumnya, bata jenis ini digunakan untuk membantu pemasangan kusen pintu dan juga jendela.

Umumnya pula, bata custom terbuat dari campuran pasir dan tanah liat. Tapi terdapat juga yang menyampurkan bahan-bahan kimiawi lain untuk tujuan tertentu. Dan, harga batu bata ini pun biasanya jauh lebih mahal karena tidak mudah didapat.

Pelindung Diri saat Membangun Maupun Merenovasi Rumah

Setelah mengetahui berbagai jenis dan fungsi batu bata serta sudah memutuskan untuk membeli yang sesuai, saatnya membangun atau merenovasi hunian impian dimulai! Agar lebih aman, pastikan Anda menggunakan perlengkapan pelindung diri yang sesuai, seperti beberapa produk berikut ini, ya!

1. Helm Keselamatan Kerja

helm keselamatan pelindung kepala

Gunakan helm keselamatan kerja sebagai pelindung kepala Anda dari risiko kecelakaan. Benda ini juga cocok untuk Anda yang bekerja di lingkungan proyek bangunan dan konstruksi.

2. Sarung Tangan Pengaman

sarung tangan pelindung

Untuk melindungi tangan Anda, gunakan sarung tangan pengaman yang ideal. Pelindung tangan ini dapat melindungi tangan secara maksimal dari benda maupun permukaan yang tajam.

3. Rompi Pengaman LED

rompi pengaman LED pelindung tubuh

Jangan lupa juga untuk menggunakan pelindung tubuh seperti rompi pengaman. Rompi jenis ini dilengkapi dengan reflektor kuning dan lengkap dengan lampu LED untuk meningkatkan visibilitas saat bekerja, khususnya bagi Anda yang bekerja pada area konstruksi.

Jika sudah menggunakan peralatan yang aman, membangun dan merenovasi hunian impian pun dapat semakin lancar. Demi lebih mempermudah pekerjaan Anda, segera cek Ruparupa.com untuk mendapatkan berbagai peralatan home improvement lainnya dengan berbagai penawaran menarik!