10 Inspirasi Kanopi Minimalis Keren 2020

0
33642

Penggunaan kanopi minimalis di Indonesia seperti sudah menjadi pelengkap wajib bagi tiap landed house masa kini. Walau terkadang lahan carport hanya dapat menampung untuk satu mobil sedangkan kebutuhan untuk dua atau tiga mobil, hal tersebut seakan tak menjadi persoalan. Kanopi minimalis tetap bisa terpajang dan mempermanis penampilan. Bagaimana di rumah Anda sendiri?

Di luar negeri, kanopi minimalis pelengkap carport jarang digunakan. Selain karena lahan perumahan lebih sedikit dan mahal, hal ini juga didukung dengan fasilitas gedung parkir umum yang marak di beberapa negara. Singapura, Thailand, Hong Kong, Sidney, adalah contoh negara-negara yang memiliki fasilitas parkir bersama. Dengan adanya gedung parkir, pemilik rumah tak khawatir kendaraanya tak terlindungi. Solusi instan ini keuntungannya menggiurkan. Seperti memiliki garasi yang lebih baik melindungi kendaraan.

Ruparupa Banner

Jadi, garasi atau carport, mana yang lebih baik?

Sebenarnya memilih menggunakan garasi atau carport semua sesuai kebutuhan tempat tinggal Anda. Bila sedang membangun rumah sendiri, ada baiknya Anda mengonsultasikan hal ini kepada arsitek kepercayaan. Untuk lebih mempermudah Anda mempertimbangkan pilih yang mana, berikut sebagian pro dan kontra penggunaan garasi dan carport:

Garasi

– Menawarkan keamanan pada aset Anda, karena berpintu, bertembok, dan dapat dipasangkan kunci
– Plus tempat penyimpanan ekstra untuk beberapa barang, bahkan keperluan hobi Anda
– Ketika dibutuhkan dapat menjadi ruangan tambahan untuk pesta ulang tahun anak, event garage sale pribadi, dan lain sebagainya
– Sayangnya membutuhkan lebih banyak biaya untuk pembangunannya, karena merupakan satu kesatuan dengan bangunan rumah

Carport

– Menawarkan perlindungan kendaraan dari panas matahari, cipratan lumpur dari hujan, tahi burung yang bersifat asam, dll, sehingga cat mobil lebih awet (Walaupun tidak maksimal)
– Ruang tambahan hanya untuk kegiatan bersifat outdoor, seperti olahraga ringan, dll
– Biaya pembuatan lebih hemat, karena hanya tinggal menambahkan fitur kanopi minimalis pada lahan parkir
– Tema desain kanopi minimalis pelengkap carport sekarang sangat menarik dan beranekaragam

Tema Industrial

Memilih tema industrial pada hunian minimalis adalah pilihan yang tepat. Bawa gaya ini sedari carport, untuk menciptakan kesinambungan dengan interior yang di pakai. Pengaplikasiannya bisa menggunakan kerangka besi yang di cat warna hitam atau krom. Lengkapi juga dengan atap kaca yang menawan.

Baca Juga:   5 Cara Memastikan Rumah Aman Saat Liburan

Kanopi minimalis

Tema Kayu yang tak Lekang Waktu

Material kayu cukup elegan untuk menjadi pilihan kanopi. Aneka pilihan kayu balok, lumbersering, hingga kayu daur ulang bisa menjadi beberapa opsi jika ingin mengadopsi tema ini. Pun Anda akan dengan mudah menemukan pergola kayu yang bisa Anda beli utuh, jika lebih suka membelinya dari pengrajin kayu.

Tema Modern

Kanopi tema modern bisa menggunakan kain sebagai atapnya. Biasanya tipe yang dipilih adalah kain yang waterproof, seperti membrane, kanvas, katun, polyester. Kain membrane warnanya tidak cepat pudar dan tahan terhadap zat yang bersifat asam. Kain kanvas lebih baik untuk mencegah sinar matahari menmbus hingga ke area carport. Sedangkan kain katun dan polyester memiliki durabilitas yang tinggi.

Tema Melayang

Aplikasikan kanopi tema melayang dengan rangka baja ringan. Bisa digantungkan menggunakan kabel baja pada fasad rumah, atau dibuat berpenyangga seperti foto berikut. Terlihat super stylish ya?!

Tema Versatile

Jadikan lahan minim yang dimiliki hunian minimalis sebagai tempat menuangkan kreativitas dan ide cerdas Anda. Kanopi dengan tema serbaguna misalnya. Area bawah sebagai carport, sedangkan atapnya bisa Anda fungsikan sebagai balkon. Jangan lupa konsultasikan pembangunan dak ini dengan arsitek Anda untuk pembuatannya.

Kanopi minimalis

Tema Sustainability

Saat membangun carport dengan kanopi, pastikan juga Anda memperhatikan keseimbangan lingkungan. Tak heran jika saat ini banyak arsitek merekomendasikan penggunaan atap kanopi go green yang dapat di daur ulang. Atap go green merupakan inovasi mutakhir terkini yang dibuat dari material plastik baja nonasbestos. Umumnya di pasaran hanya disebut atap go green dengan penampang bergelombang.

Tertarik menggunakan atap ini untuk kanopi Anda? Ini dia kelebihan-kelebihannya:

– Kekuatan superior, dapat menahan beban lebih dari 100 Kg
– Berat material ringan
– UV protection, menciptakan suhu area bawah 30% lebih sejuk
– 100% bebas karat dan korosi
– Lebih sehat bagi penghuni, karena bebas asbestos

Baca Juga:   Tips Ubah Koleksi Minuman Botol Jadi Dekorasi Ruangan

Patut menjadi perhatian, atap go green tidak tersedia dalam warna transparan. Anda jadi harus pintar-pintar menyesuaikan warna atap go green dengan keseluruhan tema carport yang dipilih. Kombinasikan pula dengan rangka kanopi yang tidak biasa, agar keseluruhan tampilan tetap terkesan modern. Contoh terbaik, membuat statement seperti desain ini.

Tema Hijau nan Asri

Untuk menambah kesejukan, mengapa tidak sekalian memasang tanaman hias merambat di atas atap kanopi Anda? Jadikan area ini sebagai satu kesatuan dengan taman kecil di halaman rumah. Voila, front yard nampak indah memesona seketika. Beberapa tanaman hias merambat yang bisa Anda pilih untuk melengkapi kanopi minimalis masa kini, diantaranya:

– Mawar menjalar
– Wisteria
– Anggur
– Honeysuckle
– Melati bintang
– Boston ivy
– Butterfly pea atau bunga telang
– Begonia
– Bunga terompet

Tema Futuristik

Tertarik dengan segala sesuatu yang berbau futuristik? Mengapa tidak mengimplementasikan saja pada desain kanopi minimalis Anda. Model geometrik dari kanopi yang menyambung pada atap sangat unik.

Tema Open Garage

Pada dasarnya, ini adalah garasi tanpa pintu. Material utama ruang semi terbuka ini juga adalah beton, seperti karakteristik yang terdapat pada garasi umumnya. Dengan desain terbuka dan mengekspos jalur kendaraan yang dibiarkan sebebas mungkin, kanopi minimalis tipe open garage sangat menarik untuk Anda yang memiliki hunian minimalis di perumahan.

Tema Smart Home

Semakin menjamurnya smart home dan IoT, semakin banyak pula bermunculannya kanopi minimalis yang bertema teknologi pintar. Salah satu yang berhasil dikembangkan adalah kanopi solar. Kanopi solar menggunakan atap panel perpaduan teknik elektrik dan mekanik yang dapat menghasilkan energi dari sinar matahari. Canggih! Berniat menggunakan kanopi minimalis tema smart home? Panel solar ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Kanopi minimalis