Millennials, yuk belajar satu pengetahuan home improvements baru hari ini, yaitu tentang jenis-jenis tripleks dan bagaimana cara membeli tripleks sendiri. Eits, jangan underestimate si material tripleks ini dulu sebagai bahan bangunan yang tipis dan tidak berkualitas. Kami yakin pasti masih banyak yang kurang paham tripleks itu ternyata ada bermacam-macam ketebalannya. Sehingga penggunaannya juga bisa untuk berbagai barang yang kamu perlu bagi rumah atau apartemen pertamamu. Dan pastinya dengan beralih ke tripleks dapat menghemat biaya jauh dari yang kamu perkirakan sebelumnya. Penasaran?

Tripleks

(BAHASA INGGRIS: PLYWOOD), ADALAH PAPAN KAYU PABRIKAN YANG BERASAL DARI LAPISAN (PLY) KAYU (WOOD) YANG DIREKATKAN MENGGUNAKAN LEM, RESIN, ATAU MELAMIN.

Di pabrik, pembuatan tripleks tidak begitu rumit prosesnya. Lembaran kayu tipis direkatkan dengan arah serat kayu bersilangan 90 derajat. Oleh karena proses pembuatan yang terbilang cukup mudah, papan tripleks memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingan panel kayu utuh.

Promo hari ini

Dalam kehidupan sehari-hari, tripleks sangat diminati oleh pengrajin sebab fleksibel dan mudah dibentuk sesuai kebutuhan. Tak heran material tripleks menjadi salah satu primadona dalam pembangunan atau renovasi rumah hingga pembuatan furnitur.

1. Grade Tripleks

Tripleks diberikan ranking berdasarkan kualitas permukaannya. Grade tripleks ini adalah salah satu faktor penting yang harus kamu perhatikan sebelum membeli, agar cocok dengan perabot yang akan kamu buat. Ada empat grade yang berlaku global, diantaranya:

Grade A

Cirinya permukaan sangat halus, sehingga membuatnya sempurna untuk ditambahkan cat warna pilihan. Tips menggunakan tripleks grade A: perhatikan arah seratnya. Jika terdapat kerusakan pada perabot bermaterial tripleks grade A, harus dilakukan perbaikan searah dengan serat tersebut.

Grade B

Cirinya permukaan lebih keras dan padat. Nah, pada tripleks grade B, jika terdapat kerusakan, kamu bisa menambalnya dengan kayu jenis lain atau bahan sintetis. Konsultasikan dengan ahlinya untuk jenis kayu atau bahan sintetis apa yang cocok.

Grade C

Ciri umumnya adalah adanya perubahan warna dan pengamplasan yang kurang sempurna. Terkadang juga terdapat sedikit retakan searah paralel dengan serat lapisan kayu yang dipakai. Apabila menjatuhkan pilihan pada tripleks grade C, jangan lupa untuk memastikan bahwa retakan tidak akan mempengaruhi kekuatan papan saat digunakan.

Grade D

Kualitas tripleks terendah ini biasanya hanya direkomendasikan oleh toko untuk kebutuhan panel bagian dalam eksterior, atau bahkan hanya untuk interior saja. Kamu tidak bisa berkreasi dengan tripleks kualitas grade D. karena memiliki lubang yang lebib besar dibanding tripleks grade C.

2. Jenis-Jenis Tripleks di Indonesia

Particle block

Jenis-jenis tripleks
Sumber: Google

Particle block terbuat dari serpihan kayu yang dijadikan papan. Karena bahan pembuatnya itulah particle block sangat rentan terhadap air dan kelembapan tinggi. Namun menariknya, particle board ternyata cocok untuk membuat kotak set speaker. Nama lain particle board adalah low density fiberboard.

MDF (Medium Density Fiberboard)

Jenis-jenis tripleks
Sumber: Google

MDF terbuat dari serat kayu lunak dicampur dengan serat kayu keras dan direkatkan menggunakan lem dengan mesin bertekanan tinggi. Jenis tripleks ini lebih tahan air daripada particle block (dalam jumlah paparan yang terbatas). MDF banyak dimanfaatkan sebagai material furnitur pelengkap, seperti meja kopi, kabinet, hingga meja untuk booth pameran.

Multipleks

Jenis-jenis tripleks
Sumber: Google

Multipleks terbuat dari kulit kayu berlapis-lapis. Pori-porinya cukup kecil sehingga tergolong tahan air. Material multipleks ini tahan lama dan bisa awet dengan perawatan yang baik.

Melaminto

Jenis-jenis tripleks
Sumber: Google

Melaminto adalah jenis tripleks yang telah dilapisi oleh melanin dan poliester, untuk menghasilkan permukaan yang licin, mulus, dan rapi. Melaminto banyak dipakai untuk furnitur yang memperlihatkan keindahan desain dan warna, seperti kitchen set, tempat pisau, konstruksi booth, dll. Tak heran, nama lain melaminto disebut decorative plywood.

Blockboard

Sumber: Google

Blockboard adalah tiga lapisan kayu berbeda yang memiliki serat berbeda-beda pula, dipres menjadi satu. Kamu dapat langsung mengenali blockboard dari penampang samping yang seperti sandwich. Itu karena lapisan luar yang selalu lebih tipis dibanding lapisan tengahnya. Lapisan luar blockboard terbuat dari kayu meranti, sedangkan lapisan dalam terbuat dari kayu akasia yang secara umum lebih kuat dan padat. Blockboard baik digunakan untuk material interior maupun eksterior.

Teakblock

Sumber: Google

Lain lagi dengan teakblock. jenis tripleks paling unggul diantara yang lain. Teakblock terbuat dari lapisan kayu jati. Tahu dong kalau kayu jati merupakan salah satu kayu terkuat dan antirayap? Nah, sama dengan teakblock yang merupakan turunan dari kayu jati utuh. Teakblock sangat diunggulkan untuk lantai kayu, karena tahan terhadap kondisi. Soal harga, mudah ditebak, lebih mahal dibanding jenis tripleks lainnya.

3. Jenis-Jenis Tripleks di Luar Negeri

Jika suatu saat memiliki kesempatan tinggal di luar negeri dan harus membangun garasi, membuat furnitur, hingga perabot sendiri, kamu dapat menggunakan panduan berikut ini untuk menentukan jenis-jenis tripleks mana yang paling cocok. Yup, istilah tripleks di luar negeri disebut juga plywood. Plywood atau kayu lapis di luar negeri memiliki pengertian yang lebih luas. Sehingga jenis-jenis tripleks dan peruntukannya pun digolongkan sendiri-sendiri.

Softwood plywood

Adalah jenis plywood paling umum dan paling terjangkau harganya, yang banyak dijual di toko-toko home improvements. Seperti namanya, softwood plywood terdiri dari lapisan kayu yang berkriteria halus. Biasanya adalah kayu pohon cemara dan kayu pohon berdaun jarum (konifer). Khusus untuk area Amerika, ukuran softwood plywood standar adalah 4′ x 8′ sheets atau 5′ x 5′ sheets.

Softwood plywood awalnya dibuat untuk industri konstruksi. Alasannya, karena jenis ini memiliki ketahanan yang prima, namun permukaannya tidak bagus. Seiring dengan waktu, softwood plywood juga digunakan untuk materal pembuat kotak mesin yang akan diekspor. Atau jika digunakan untuk pembangunan rumah DIY, softwood plywood diaplikasikan sebagai lapisan atap, dinding, dan instalasi lantai rumah.

Hardwood Plywood

Hardwood plywood dibuat menggunakan lembaran kayu ash, oak, red oak, birch, maple, dan mahogany. Tipikal penampang hardwood plywood mudah dikenali, karena permukaannya grade A dan sisi lainnya grade B. Hardwood plywood sangat umum digunakan dalam pembuatan furnitur dan kabinet. Sehingga ada beberapa toko bangunan yang mengategorikan lagi hardwood plywood ini ke dalam kegunaannya masing-masing.

Cabinet grade plywood

Cabinet grade plywood hanya menggunakan plywood dari kayu ash dan birch.

Lumbar core plywood

Walau tidak begitu populer dan sudah jarang ditemukan, tidak ada salahnya sedikit berkenalan dengan salah satu kategori dari hardwood plywood ini. Lumbar core plywood terbuat dari tiga lembaran kayu basswood yang tipikalnya padat. Lumbar core plywood tidak disarankan untuk pembuatan furnitur karena strukturnya tidak begitu kuat.

Marine Plywood

Marine plywood di desain khusus untuk konstruksi kapal atau bangunan yang memerlukan ketahanan terhadap kelembapan. Marine plywood dibuat sedemikian rupa agar tidak memiliki lubang, untuk menangkal air yang suka terperangkap diantara lapisan pembentuk plywood. Banyak toko menyebut marine plywood memiliki kualitas water boiled proof (WBP). Istilah WBP sendiri merujuk kepada tes yang dilakukan kepada plywood jenis ini sebelum dipasarkan. Dimana plywood direndam dalam air mendidih dan di cek apakah laminasinya tergradasi. Marine plywood biasanya dijual dengan harga diatas rata-rata, bisa tiga kali lipat lebih mahal.

Aircraft Plywood

Aircraft plywood atau airplane plywood terbuat dari lapisan tipis kayu mahogany, birch, walnut, dan cemara douglas. Aircraft plywood diakui sebagai jenis plywood terkuat yang pernah diciptakan manusia. Dan menyangkut kegunaannya yang memang diperuntukan untuk pesawat, maka aircraft plywood hadir dalam ukuran lembar yang lebih besar dari plywood pada umumnya, namun ketipisannya hanya berkisar antara 1,2 – 5 mm saja. Aircraft plywood jamak digunakan untuk konstruksi pesawat era Perang Dunia II.

Overlaid Plywood & Phenolic Plywood

Overlaid plywood digunakan terutama dalam pembuatan beton, sedangkan phenolic plywood digunakan dalam pembangunan struktur yang menggunakan beton tersebut. Kedua plywood ini dibuat dengan menggunakan resin sebagai perekatnya. Khusus phenolic plywood, terbagi menjadi dua berdasarkan hasil finishing yang diinginkan.

Phenolic high density overlaid (HDO), dengan hasil finishing mengilap seperti baja

Phenolic medium density overlaid (MDO), dengan hasil finishing matte

Oriented Strandboard (OSB)

Oriented strandboard sebagai material yang tidak diunggulkan, namun merupakan alternatif untuk softwood plywood. Kegunaannya sama, yaitu sebagai lapisan atap, dinding, dan instalasi lantai rumah. Bedanya adalah dari bahan pembuatnya, yaitu dari keping atau serpihan kayu. Yang mengejutkan, satu lembar OSB, jika dikomparasi, akan sama dengan lima atau tujuh lembar softwood plywood. Serta rata-rata sudah tersedia untuk ukuran besar 24 feet. Bila menggunakan OSB dalam pembangunan rumah, harap berhati-hati karena OSB mudah rusak dengan hanya terkena palu saja.

Fiberboard Family: Low, Medium, dan High Density Fiberboard

Bila di Indonesia hanya mengenal dua jenis fiberboard, di luar negeri ada satu jenis tambahan lagi yang dinamakan High Density Fiberboard (HDF). HDF dibuat melalui pencampuran serat kayu keras yang melalui serangkaian proses pengepresan lebih kuat, sehingga menghasilkan papan yang lebih kuat, padat, namun juga lebih fleksibel juga daripada LDF dan MDF.

Karena keunggulannya tersebut, HDF (Khususnya yang non-perforated) digunakan secara luas untuk membuat lintasan skateboard. Dan untuk menunjang pekerjaan tersebut, HDF hanya tersedia dalam lembar tipis 1/8″ dan 1/4″. Nama lain HDF adalah Tempered Hardboard atau Masonite Tempered Hardboard.

High Number Layer Plywood

Kemudian ada juga plywood yang dibuat menggunakan lapisan yang lebih banyak dibanding Softwood atau Hardwood standar pada umumnya. Jenis seperti ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal di toko-toko. Sebagai balasannya, plywood ini menawarkan tepian yang lebih atraktif untuk pembuatan kabinet dan furnitur. High number plywood biasanya termasuk:

Baltic Birch

Baltic Birch sering disebut pula sebagai Russian Brch. Sesuai dengan namanya, plywood ini memang diimpor dari Rusia. Karakteristik unik dari Baltic Birch adalah jumlah lapis kayu yang membentuknya, yaitu 9 dan 13 lembar. 9 lembar untuk Baltic Birch berukuran tebal 1/2″ dan 13 lembar untuk Baltic Birch berukuran tebal 3/4″. Baltic Birch merupakan salah satu yang termahal di kelas plywood.

ApplePly

ApplePly terbuat dari campuran lapisan kayu alder dan birch. Walau kedua kayu ini bersifat low density hardwood, namun minim lubang. Sehingga dengan laminasi tinggi akan menghasilkan tepian yang bagus. ApplyPly tersedia juga dalam panjang hingga 10′.

New Plywood

Jenis New Plywood sebenarnya adalah pengembangan terkini dari plywood standar. Ada dua plywood yang digolongkan ke dalam jenis-jenis tripleks terbaru ini, diantaranya Foam Board dan Bending Plywood. Sangat menarik loh ternyata.

Foam Board

Foam Board adalah material komposit, terdiri dari polyurethane yang diperkuat dengan fiberglass sebagai inti board, dan lapisan kayu sebagai bagian muka dan belakang plywood. Kayu yang digunakan dapat berupa Lauan Plywood atau MDF. Foam Board diproduksi dengan keunggulan-keunggulan yang sangat diidamkan:

– Kekuatan setara Softwood Plywood
– Ringan
– Resisten terhadap kelapukan (Karena tentu saja, terbuat dari material non-organik)
– Bersifat kedap suara, yang tidak ditemukan dalam plywood jenis lainnya
– Mudah diaplikasikan dengan menggunakan perekat, bukan paku dan palu

Bending Plywood

Seperti namanya, Bending Plywood memang khusus diperuntukkan bagi furnitur atau struktur melengkung. Biasanya hadir dalam ukuran yang relatif tipis: 1/8″, 1/4″, dan 3/8″. Dan bisa melengkung hingga radius 12 inci. Bending Plywood populer dalam pekerjaan arsitektur.

Lalu apa menariknya si material tripleks ini? Bisa dimanfaatkan menjadi apa saja jenis-jenis tripleks dalam hubungannya dengan kita, para millenials? Kalau begitu, kamu harus baca artikel lanjutan 10 Panduan Membeli Tripleks Sendiri Bag. 2 yang membahas tentang hal menarik Tripleks Fun Fact. Kuy!

Promo sepeda