Berlibur memang merupakan kegiatan yang digemari setiap orang. Bagi orang-orang sibuk, waktu berlibur haruslah digunakan secara eksklusif untuk menyegarkan pikiran dan fisik setelah bekerja. Agar perjalanan liburan bersama orang terkasih lebih berkualitas, biasanya kita akan mempersiapkan beberapa hal penting seperti izin cuti, melengkapi kebutuhan perjalanan dan selama liburan berlangsung, mempersiapkan tempat penginapan, dan mendaftar asuransi perjalanan.

Asuransi untuk perjalanan sifatnya amat penting untuk keperluan darurat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada diri Anda dan supaya perjalanan Anda nyaman serta tidak merasa was-was.

Manfaat memiliki asuransi perjalanan bagi traveler adalah untuk melindungi mereka dari risiko selama perjalanan seperti terhadap hal-hal berikut ini:

1. Perlindungan Diri dari Resiko Kecelakaan

Perlindungan ini meliputi penggantian uang jika terjadi risiko terhadap kematian, kehilangan anggota badan, atau kelumpuhan total akibat kecelakaan yang terjadi selama dalam perjalanan.

2. Perlindungan Ganda untuk Kecelakaan dalam Pesawat Terbang Komersil Terjadwal

Santunan untuk kecelakaan pribadi akan digandakan jika kecelakaan terjadi pada saat berada di dalam pesawat terbang komersil terjadwal.

3. Penggantian Biaya Pengobatan Darurat

Jika Anda sakit selama perjalanan, asuransi perjalanan menawarkan manfaat pengobatan darurat

4. Pemulangan Jenazah Jika Terjadi Risiko Kematian

Asuransi bisa melindungi tertanggung untuk dua alternatif perlindungan meliputi biaya pemulangan jenazah atau biaya kremasi atau penguburan di lokasi tempat kematian terjadi.

5. Perawatan Anak & Kunjungan Duka untuk Satu Orang Kerabat atau Keluarga

Asuransi bisa memberikan penggantian biaya kunjungan duka atau selama perawatan yang diberikan untuk satu orang kerabat atau keluarga, jika tertanggung menjalani perawatan selama perjalanan atau selama dirawat di luar negeri.

6. Evakuasi Medis

Asuransi perjalanan menawarkan fasilitas bantuan 24 jam keadaan darurat di seluruh dunia.

7. Perlindungan Bagasi dan Barang Pribadi

Jika terjadi kerugian yang ditimbulkan akibat kehilangan dan kerusakan bagasi Anda, termasuk barang-barang di dalamnya maupun barang yang Anda pakai selama perjalanan, maka asuransi perjalanan akan memberi ganti rugi jika ada keterlambatan bagasi lebih dari 12 jam.

8. Terkait Keterlambatan Perjalanan

Jika Anda ikut program asuransi perjalanan, salah satu manfaat yang ditawarkan adalah perlindungan terhadap penundaan perjalanan (biasanya keterlambatan transportasi lebih dari 12 jam), penggantian uang muka yang hangus akibat hal-hal yang di luar kekuasaan pemegang polis dan biaya akomodasi.

9. Perlindungan Rumah

Jika terjadi musibah misalnya kebakaran di rumah Anda, selama bepergian, maka asuransi perjalanan akan membayar kerusakan akibat kebakaran atas isi rumah tertanggung yang ditinggal kosong karena perjalanan yang dilakukan.

Nah, setelah mengetahui seberapa penting manfaat asuransi perjalanan, sekarang tinggal bagaimana cara memilih produk perlindungan diri ini.

Berikut tips Memilih Asuransi Perjalanan yang disarankan:

Sumber:Β https://goo.gl/vytdoz

1. Pahami Besarnya Perlindungan yang diberikan

Sebagai nasabah asuransi perjalanan, Anda harus meneliti secara detil hal apa saja yang ditanggung. Seringkali terjadi kondisi tumpang tindih alias dobel proteksi dari beberapa asuransi yang Anda miliki, sedangkan tertanggungnya sama. Jangan sampai membeli premi asuransi yang sama dengan premi yang sudah dimiliki.

2. Ketahui Waktu Perlindungan Asuransi Anda

Idealnya Anda harus memilih asuransi perjalanan sesuai dengan lamanya waktu melakukan perjalanan mengingat Asuransi untuk perjalanan biasanya hanya akan menanggung risiko saat melakukan perjalanan. Jangan sampai Anda rugi kelebihan membayar premi akibat sudah pulang perjalanan tapi premi yang Anda bayarkan ternyata untuk masa asuransi melebihi masa perjalanan.

3. Sadari Seberapa Luas Perlindungannya

Wisata dengan risiko tinggi biasanya tidak bisa diproteksi asuransi perjalanan. Misalnya saja olahraga ekstrem, wisata alam liar, atau ke tempat yang dianggap berbahaya seperti ke daerah konflik. Untuk aktivitas ekstrem biasanya perusahaan asuransi akan menetapkan premi tambahan di luar premi asuransi perjalanan pada umumnya.

Terakhir, keputusan untuk membeli asuransi perjalanan sesuai kebutuhan ada di tangan Anda. Pastikan perjalanan Anda aman & juga nyaman. Selamat mencari!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here