#AskRuparupacom: Slow Cooker VS Panci Konvensional

Tanya:

Dear Chef, Saya Anna dari Bali, mau tanya, untuk membuat beberapa masakan yang membutuhkan waktu masak lama, lebih baik menggunakan panci biasa di atas api atau slow cooker? Saya tertarik mau beli slow cooker, tapi masih belum yakin dengan fungsinya. Bisa dijelaskan fungsi dan kegunaan slow cooker dan masakan apa saja yang bisa dimasak menggunakan slow cooker?
Terima kasih.

Jawab:

Hai Anna,

slow cooker vs panci konvensionalTentang slow cooker, ini sangat tergantung pada berapa lama waktu memasak Anda. Untuk praktisnya, saya bisa menyarankan untuk memasak menggunakan slow cooker. Mengapa? Karena temperatur sudah tersedia dalam fitur setting temperatur, tidak menghilangkan kadar air terlalu banyak, dan dapat mengekstrak kaldu dan tekstur daging jadi lebih baik dengan panas yang konstan.

Dan satu hal yang tidak perlu dikhawatirkan, yaitu kemungkinan wajan atau panci gosong. Kemungkinan ini sangat besar terjadi karena kita lupa bahwa kita sedang memasak dalam waktu lama. Tentunya kita tidak menginginkan hal-hal tersebut terjadi bukan?

slow cooker vs panci konvensionalNamun jika Anda termasuk bisa menjaga untuk memasak di dalam panci, tidak jadi masalah. Atau bisa juga menggunakan teknik masak bain marie atau di Indonesia sering kita dengar “tim”. Teknik ini menggunakan uap panas dari air mendidih untuk memasak makanan berkuah. Perlu diketahui direct heat dan steam heat akan memberikan hasil yang berbeda. Kita harus benar-benar paham penggunaan api besar dan kecil yang digunakan saat memasak dengan teknik ini.

Saya harap jawaban ini dapat memberikan gambaran bagi Anda. Tapi jika Anda memiliki anak kecil di rumah, mungkin lebih baik untuk memiliki slow cooker, dengan berbagai kemudahan yang diberikan untuk memasak berbagai makanan untuk si Kecil.

Selamat mencoba!

Chef Fero Masterchef

Chef Fero siap membantu Anda!

Apakah Anda bingung dengan berbagai bentuk dan fungsi peralatan masak? Atau mungkin bingung dengan cara memasak sebuah bahan makanan?

Tanyakan kepada Chef Fero, celebrity chef jebolan MasterChef session pertama!

Lihat Profil Chef Fero Tanya Chef Fero Sekarang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here