#AskRuparupacom: Rumah Mungil Jadi Lebih Luas

Tanya:

Hai saya Dian, saya membeli rumah Lt 60, Lb 30 dengan 2Kt dan 1 Km (diantara kamar utama dan kamar anak), 1 ruang tamu include ruang keluarga, 1 dapur. Saya tidak berminat untuk mengubah denahnya. Bagaimana cara make over rumah saya terutama ruang tamu dan dapur agar tampak luas? Misal dari furnitur atau warna cat. Terima kasih.
dian*******@gmail.com

Jawab:

Hai Ibu Dian,

Ada beberapa cara untuk memberi kesan rumah mungil menjadi tampak lebih luas. Hal yang paling mungkin dilakukan adalah penambahan cermin serta penggunaan cat dinding berwarna terang. Selain itu Anda juga dapat mengubah warna seluruh daun pintu menjadi warna putih atau warna terang lainnya. Cermin dan warna putih memiliki andil yang sangat besar dalam memanipulasi ruangan agar tampak lebih luas secara visual.

Saya akan membantu membahas satu persatu untuk ruang keluarga dan dapur. Yang pertama, untuk memberikan kesan ruang keluarga agar tampak lebih luas. Anda dapat menempatkan cermin berukuran besar pada dinding, bisa sebagai hiasan dinding atau sebagai pelapis dinding. Untuk warna cat, gunakan warna terang sehingga dapat memantulkan cahaya, seperti warna putih atau warna pastel.

Berhati-hatilah saat memilih furnitur, selain memilih furnitur dengan warna terang, perhatikan juga bentuk dan siluet yang dihasilkan, jangan terkesan bulky. Pilih furnitur dengan profil tipis, sehingga tidak menghabiskan banyak ruang. Furnitur dengan profil tipis juga dapat memberikan kesan lega pada ruangan. Dapat dicoba dengan furnitur dengan tipe Scandinavian. Jika Anda berencana untuk menambahkan TV pada ruang keluarga, sebaiknya gunakan TV layar datar yang ditempelkan ke dinding menggunakan bracket. Sehingga lebih praktis dan hemat tempat.

Untuk area dapur, gunakan kitchen set dengan bahan finishing berbasis laminate seperti HPL dengan warna terang. Kitchen set dengan finishing glossy juga dapat membantu memantulkan cahaya. Umumnya orang akan menggunakan mozaik pada dinding dapur, namun untuk memberikan kesan lebih luas, Anda dapat menambahkan ermin pada dinding dapur ataupun area back splash, bagian dinding bak cuci piring. Penempatan cermin pada bagian dinding ini selain dapat memanipulasi ruang dapur sehingga memiliki kesan visual yang lebih luas, juga mudah dibersihkan dari cipratan air maupun minyak.

Selain menambahkan cermin, pemilihan furnitur dengan profil tipis serta pemilihan warna terang pada dinding dan furnitur, Anda juga dapat mengubah rumah Anda dengan gaya semi-industrial. Yaitu dengan melepas plafon rumah untuk mendapatkan jarak langit-langit yang lebih tinggi dan tentunya memberi kesan lebih luas. Namun melepas plafon berarti juga harus merapikan berbagai kabel yang menyambungkan listrik ke seluruh rumah.

Demikian saran dari saya, semoga bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi bagi hunian Anda.


Ask The Experts Glenn Hajadi

Glenn siap membantu Anda!

Glenn Hajadi, meraih gelar Master of Architecture di Barcelona Institute of Architecture di Barcelona, Spanyol dan Bachelors Degree di The Ohio State University di Columbus, Ohio, AS. Berpengalaman sebagai arsitek dan desain interior di Amerika, Cina dan Eropa. Di tahun 2009 ia mendirikan Highstreet Studio bersama dengan Rama Budhisurya. Hingga saat ini menjabat sebagai founder sekaligus Arsitek Prinsipal di Highstreet Studio.

Apakah Anda memiliki rencana untuk membangun rumah? Ingin melakukan make over rumah atau kantor Anda? Tanyakan kepada arsitek dan desain interior Glenn Hajadi.

Lihat Profil Glenn Kumpulan artikel Glenn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here