#AskRuparupacom: Peralatan Masak Apa Saja Yang Penting Dimiliki?

0
1901
Chef Fero Peralatan Masak Basic

#AskRuparupacom: Peralatan Masak Apa Saja Yang Penting Dimiliki?

Tanya:

Dear Chef Fero,
Saya Ibu dengan 1 orang anak usia 5 bulan yang dalam waktu dekat akan pindah ke rumah sendiri setelah sebelumnya tinggal bersama orang tua.
Saya ingin menanyakan peralatan masak apa saja yang perlu saya miliki saat pindah ke rumah baru? Peralatan masak basic apa yang penting untuk dimiliki?
Terima kasih,
Maya – Jakarta

Jawab:

Halo Ibu Maya,

Ruparupa Banner

Kalau untuk kebutuhan anak, saya sangat menyarankan harus ada alat kukus, karena ketika anak mulai makan MPASI, banyak alat masak bayi yang bisa digantikan dengan metode mengukus. Tentunya dengan catatan, tidak perlu membeli kukusan yang sangat besar, sesuai dengan kebutuhan orangtua dan 1 anak.

Kemudian panci-panci yang bisa saya sarankan adalah, pan frying/ wok pan 1 gagang. Itu sangat berguna untuk menumis sayuran dan menggoreng. Jika Anda memutuskan untuk mengurangi konsumsi minyak untuk gaya hidup sehat, Anda bisa memilih panci antilengket dengan diamond coating atau stone coating. Penggunaan panci antilengket ini memag lebih praktis dan sehat, namun dengan catatan perawatannya harus extra handle, dengan menggunakan sendok masak dari silikon atau kayu agar tidak menggores panci.

Baca Juga:   #RuparupaExpert - Celebrity Chef

Untuk panci rebus, pilih yang berukuran 24 cm atau 28 cm dengan tinggi cukup. Panci ini bisa Anda gunakan untuk memasak soup atau membuat kaldu untuk si Kecil. Anda juga bisa menambahkan sebuah panci satu gagang dengan ukuran lebih kecil berkisar diameter 18-20 cm. Gunakan panci ini untuk emmanaskan soup ukuran individu atau memasak mie. Panci dengan diameter 18-20 cm ini sangat idealis untuk keluarga kecil.

Setelah melengkapi panci untuk memasak, jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan memasak. Peralatan memasak ini disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya saringan penggoreng, sendok sayur, sodet kayu, tong atau jepitan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan materialnya, jika Anda menggunakan wajan antilengket, gunakan peralatan memasak yang terbuat dari kayu atau silikon agar tidak merusak permukaan wajan.

Baca Juga:   #AskRuparupacom: Menu Makanan Anak Usia 1.5 Tahun

Selamat menempati rumah baru!

Chef Fero Masterchef

Chef Fero siap membantu Anda!

Apakah Anda bingung dengan berbagai bentuk dan fungsi peralatan masak? Atau mungkin bingung dengan cara memasak sebuah bahan makanan?

Tanyakan kepada Chef Fero, celebrity chef jebolan MasterChef session pertama!

Lihat Profil Chef Fero Tanya Chef Fero Sekarang