#AskRuparupacom: Juicer VS Hand Blender

Tanya:

Dear Chef Fero, saya akan menikah dalam waktu dekat, dan sedang membeli berbagai kebutuhan untuk mengisi rumah yg nanti akan saya tinggali. Nah saya ingin membeli blender, menurut Chef Fero, lebih baik untuk membeli hand blender atau juicer biasa? Lalu untuk alat masak, lebih baik menggunakan wajan teflon atau marble? Karena saya akan tetap bekerja setelah menikah, jadi butuh barang-barang yang praktis dan multifungsi. Terima kasih.
Sandra – Jakarta

Jawab:

Hello Sandra!

Saya sangat senang bisa membantu Anda. Berdasarkan pengalaman saya, masing-masing hand blender VS Juicer biasa ada plus minusnya.

peralatan MPASIHand blender

Kelebihan

Hand blender berukuran kecil sehingga lebih mudah disimpan. Selain itu bagian pisau terbuat dari stainless steel yang aman untuk memblender makanan dalam suhu panas dan dingin, artinya bisa sambil merebus dan menghaluskan soup, misalnya saat Anda membuat mushroom soup, pumpking soup atau any puree soup. Untuk membersihkannya pun mudah, cukup siapkan air panas di gelas tinggi, nyalakan blender hingga bersih, kemudian gunakan sabun cuci piring, bilas hingga bersih dan keringkan.

Kekurangan

Kuantitas yang dihasilkan tidak bisa sebanyak alat juice biasa yang bisa memblender 2-3 liter tergantung, wadah untuk membuat bumbu halus pun dijual terpisah. Selain itu tingkat kehalusan pun sedikit lebih kasar dibandingkan dengan juicer.

juicer vs blenderBlender

Kelebihan

Bisa menghaluskan dalam jumlah banyak sekaligus, tergantung dari ukuran blender. Tidak perlu memegang dan mengarahkan pisau ketika memblender, sehingga hasilnya lebih stabil. Kecepatan yang digunakan untuk memblender juga bervariasi.

Kekurangan

Lebih banyak parts yang harus dicuci. Kemungkinan terjadi kebocoran saat memblender bumbu pada stoples kecil.

Ada satu lagi yang perlu menjadi pertimbangan, if you love being healthy, mungkin Anda juga membutuhkan cold press juicer untuk fruit daily base Anda. Cold press juice menghasilkan juice yang maksimal tanpa menghilangkan kandungan gizi. Apapun jenis juicer ataupun hand blender yang Anda pilih, akan lebih baik jika membeli produk tersebut dari brand ternama, agar kualitasnya lebih terjaga.

marble pan vs teflon Tentang Pan

Saya lebih memilih stone coating pan. Dari pengalaman saya, coating dari stone pan lebih aman, tidak lengket, dan perawatan mudah dengan mencuci menggunakan spons halus. Tapi jika memang ingin menggunakan tefflon base, bisa saya sarankan untuk mencari panci dengan diamond coating pan. Karena diamond coating lebih durable dibandingkan tefflon biasa. Selain itu ada juga green pan, tetapi berdasarkan pengalaman saya, saya lebih memilih diamond coating pan, karena saya bisa memasak telur hanya dengan sedikit sapuan minyak di tissue, sama seperti saat memasak menggunakan stone coating pan.

Selama ini saya memasak makanan anak saya menggunakan stone pan coating. Memang harganya sedikit lebih mahal, tapi jauh lebih aman dibandingkan dengan tefflon biasa, dan Anda juga bisa menggunakannya dalam waktu lebih lama. Selain itu saya juga merekomendasikan alat masak berbahan silikon, karena lebih aman dibanding alat masak material kayu atau plastik antilengket lainnya.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda!

Chef Fero Masterchef

Chef Fero siap membantu Anda!

Apakah Anda bingung dengan berbagai bentuk dan fungsi peralatan masak? Atau mungkin bingung dengan cara memasak sebuah bahan makanan?

Tanyakan kepada Chef Fero, celebrity chef jebolan MasterChef session pertama!

Lihat Profil Chef Fero Tanya Chef Fero Sekarang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here